LiraEmilya (2009) Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. (Survei pada pelanggan PT. Cahaya Sakti Multi Intraco Balikpapan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pemasaran merupakan ujung dari kegiatan bisnis yang dilakukan oleh perusahaan, untuk itu perusahaan mampu menciptakan pelanggan dan memenangkan persaingan pasar. Salah satu upaya yang harus di lakukan perusahaan adalah dengan mengelola, mengembangkan, memperkuat, dan meningkatkan kualitas merek sehingga dapat memberikan keuntungan yang kompetitif yang berkelanjutan. Strategi yang dapat di gunakan adalah dengan mengelola merek secara terkoordinasi dan diperkokoh dengan ekuitas merek yang kuat sehingga merek memberikan nilai tambah yang diberikan oleh produk baik pada perusahaan maupun pada keputusan pembelian yang berkelanjutan dan dapat memuaskan pelanggan hingga menjadi pelanggan yang loyal. Pentingnya masing-masing peran ekuitas dan keputusan pembelian, memotivasi penelitian ini untuk menguji seberapa besar pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan dari PT. Cahaya Sakti Multi Intraco Balikpapan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research . Penelitian ini dilakukan terhadap 84 orang pelanggan mebel Olympic pada PT. Cahaya Sakti Multi Intraco Balikpapan. Teknik pengambilan sampel adalah Simple Random Samplingi . Analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa : a) variabel kesadaran merek (X1) berpengaruh signifikan dengan arah hubungan yang positif terhadap variabel keputusan pembelian (Z), b) variabel kesan kualitas (X2) berpengaruh signifikan dengan arah hubungan yang positif terhadap variabel keputusan pembelian (Z), c). variabel asosiasi merek (X3) berpengaruh tidak signifikan dengan arah hubungan yang positif terhadap variabel keputusan pembelian (Z), d) variabel asset hak (X4) berpengaruh tidak signifikan dengan arah hubungan yang positif terhadap variabel keputusan pembelian (Z),e) variabel keputusan pembelian (Z) berpengaruh signifikan dengan arah hubungan yang positif terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y), f) variabel kesadaran merek (X1) berpengaruh tidak signifikan dengan arah hubungan yang positif terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y), g) variabel kesan kualitas (X2) berpengaruh tidak signifikan dengan arah hubungan yang positif terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y), h) variabel asosiasi merek (X3) berpengaruh signifikan dengan arah hubungan yang positif terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y), i) variabel aset hak (X4) berpengaruh tidak signifikan dengan arah hubungan yang positif terhadap variabel loyalitas (Y), j) variabel kesadaran merek (X1) melalui keputusan pembelian (Z) berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y), k) variabel kesan kualitas (X2) melalui keputusan pembelian (Z) berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y), l) variabel asosiasi merek (X3) melalui keputusan pembelian (Z) berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y), m) variabel aset hak (X4) melalui keputusan pembelian (Z) berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa ekuitas merek mempengaruhi keputusan pembelian konsumen hingga menjadi pelanggan yang loyal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2009/419/050903588 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 30 Dec 2009 10:27 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 04:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114284 |
Preview |
Text
1.4_KATA_PENGANTAR_ku.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
1.2_PERNYATAAN_ORISINALITAS_SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
1.5_DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
1.3_RINGKASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
1.7_DAFTAR_TABEL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
1.6_DAFTAR_GAMBAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
1.8_DAFTAR_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
2_BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
4_BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
3_BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
1_COVER_SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
5_BAB_IV.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
6_BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
8_LAMPIRAN_KUISIONER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
7_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |