Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. (Survei pada pelanggan PT. Cahaya Sakti Multi Intraco Balikpapan)

LiraEmilya (2009) Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. (Survei pada pelanggan PT. Cahaya Sakti Multi Intraco Balikpapan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemasaran merupakan ujung dari kegiatan bisnis yang dilakukan oleh perusahaan, untuk itu perusahaan mampu menciptakan pelanggan dan memenangkan persaingan pasar. Salah satu upaya yang harus di lakukan perusahaan adalah dengan mengelola, mengembangkan, memperkuat, dan meningkatkan kualitas merek sehingga dapat memberikan keuntungan yang kompetitif yang berkelanjutan. Strategi yang dapat di gunakan adalah dengan mengelola merek secara terkoordinasi dan diperkokoh dengan ekuitas merek yang kuat sehingga merek memberikan nilai tambah yang diberikan oleh produk baik pada perusahaan maupun pada keputusan pembelian yang berkelanjutan dan dapat memuaskan pelanggan hingga menjadi pelanggan yang loyal. Pentingnya masing-masing peran ekuitas dan keputusan pembelian, memotivasi penelitian ini untuk menguji seberapa besar pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan dari PT. Cahaya Sakti Multi Intraco Balikpapan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research . Penelitian ini dilakukan terhadap 84 orang pelanggan mebel Olympic pada PT. Cahaya Sakti Multi Intraco Balikpapan. Teknik pengambilan sampel adalah Simple Random Samplingi . Analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa : a) variabel kesadaran merek (X1) berpengaruh signifikan dengan arah hubungan yang positif terhadap variabel keputusan pembelian (Z), b) variabel kesan kualitas (X2) berpengaruh signifikan dengan arah hubungan yang positif terhadap variabel keputusan pembelian (Z), c). variabel asosiasi merek (X3) berpengaruh tidak signifikan dengan arah hubungan yang positif terhadap variabel keputusan pembelian (Z), d) variabel asset hak (X4) berpengaruh tidak signifikan dengan arah hubungan yang positif terhadap variabel keputusan pembelian (Z),e) variabel keputusan pembelian (Z) berpengaruh signifikan dengan arah hubungan yang positif terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y), f) variabel kesadaran merek (X1) berpengaruh tidak signifikan dengan arah hubungan yang positif terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y), g) variabel kesan kualitas (X2) berpengaruh tidak signifikan dengan arah hubungan yang positif terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y), h) variabel asosiasi merek (X3) berpengaruh signifikan dengan arah hubungan yang positif terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y), i) variabel aset hak (X4) berpengaruh tidak signifikan dengan arah hubungan yang positif terhadap variabel loyalitas (Y), j) variabel kesadaran merek (X1) melalui keputusan pembelian (Z) berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y), k) variabel kesan kualitas (X2) melalui keputusan pembelian (Z) berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y), l) variabel asosiasi merek (X3) melalui keputusan pembelian (Z) berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y), m) variabel aset hak (X4) melalui keputusan pembelian (Z) berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa ekuitas merek mempengaruhi keputusan pembelian konsumen hingga menjadi pelanggan yang loyal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/419/050903588
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Dec 2009 10:27
Last Modified: 24 Oct 2021 04:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114284
[thumbnail of 1.4_KATA_PENGANTAR_ku.pdf]
Preview
Text
1.4_KATA_PENGANTAR_ku.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1.2_PERNYATAAN_ORISINALITAS_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
1.2_PERNYATAAN_ORISINALITAS_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1.5_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
1.5_DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1.3_RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
1.3_RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1.7_DAFTAR_TABEL.pdf]
Preview
Text
1.7_DAFTAR_TABEL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1.6_DAFTAR_GAMBAR.pdf]
Preview
Text
1.6_DAFTAR_GAMBAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1.8_DAFTAR_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
1.8_DAFTAR_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2_BAB_I.pdf]
Preview
Text
2_BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4_BAB_III.pdf]
Preview
Text
4_BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3_BAB_II.pdf]
Preview
Text
3_BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1_COVER_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
1_COVER_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5_BAB_IV.pdf]
Preview
Text
5_BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6_BAB_V.pdf]
Preview
Text
6_BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8_LAMPIRAN_KUISIONER.pdf]
Preview
Text
8_LAMPIRAN_KUISIONER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7_DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item