Ketidakefektifan Klaim Pembayaran Asuransi Oleh Tertanggung Asuransi Serta Kepuasan Pembayarannya (Studi Di Asuransi Bumiputera Kota Malang)

Rachmawati, Triana Ningsih (2018) Ketidakefektifan Klaim Pembayaran Asuransi Oleh Tertanggung Asuransi Serta Kepuasan Pembayarannya (Studi Di Asuransi Bumiputera Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Klaim asuransi ialah suatu permintaan yang sangat resmi ditujuan kepada perusahaan asuransi yang terkait, hal tersebut dilakukan untuk meminta pembayaran atau meminta imbalan yang sesuai dengan ketentuan polis asuransinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis ketidakefektifan dalam klaim pembayaran asuransi oleh tertanggung asuransi pada Asuransi Bumiputera Malang, serta untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan ketidakefektifan klaim pembayaran asuransi oleh tertanggung asuransi pada Asuransi Bumiputera. Penelitian ini menggunakan penelitian empiris. Hasil dari penelitian ini adalah Terdapat kemungkinan terjadinya suatu masalah atau kendala-kendala yang harus diselesaikan oleh Asuransi Jiwa Bumiputera yang merupakan kendala terjadinya kemungkinan kerugian. Kendala disini dapat diartikan suatu ketidak pastian atau kemungkinan menimbulkan kerugian secara materi. Asuransi Bumiputera Malang memiliki alasan apa saja hal-hal yang menyebabkan ketidakefektifan dalam pelayanan yang harus dihadapi dan dicarikan solusi adalah kendala yang dapat diukur dengan uang, kendala yang sama dan cukup banyak dijamin oleh pihak asuran, kendala kendala dari sumber individu, kendala yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak terduga sebelumnya, insurable tertanggung memiliki kepentingan atas obyek pertanggungan, dan kendala yang tidak bertentangan dengan hukum.

English Abstract

Insurance claim is an official request addressed to an insurance company, in which payment and bonus as stated in insurance policy are proposed by the insured. This research aims to investigate and analyze the ineffectiveness of insurance payment claim by the insured in Bumiputra Insurance Company Malang, and to find out and analyze factors causing the ineffectiveness of insurance payment claim proposed by the insured in Bumiputra Insurance Company. Empirical method was employed in this research, while the approach used was socio-juridical. The data obtained in the research was analyzed by using qualitative-descriptive approach in which discussion was presented by giving vivid picture systematically related to the data taken. The data was then analyzed by applying legal analysis according to interview and survey to help to resolve any legal issues in the research. The research result implies that there is likelihood that some issues or obstacles occur, which has to be tackled by Bumiputra Insurance Company, and they may lead to loss. The obstacles can mean uncertainty or any likelihood of material loss. Bumiputra Insurance Company in Malang has several reasons regarding what triggers ineffectiveness of services that have to be given solution. The present obstacles can be anything in terms of material, obstacles that are abundant and guaranteed by the company, obstacles that come from individuals, obstacles that are sudden and unexpected, the insured have interest related to an object insured, and obstacles that are not against the law.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/346.086/RAC/k/2018/041802680
Uncontrolled Keywords: INSURANCE CLAIMS, INSURANCE LAW, AJB BUMIPUTERA 1912, INSURANCE COMPANIES
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law > 346.08 Banks and insurance > 346.086 Insurance
Divisions: S2/S3 > Magister Kenotariatan, Fakultas Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 07 May 2018 03:42
Last Modified: 22 Oct 2021 00:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10282
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (752kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of lembar pengesahan.pdf]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of pernyataan orisinalitas.pdf]
Preview
Text
pernyataan orisinalitas.pdf

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of SUMMARRY.pdf]
Preview
Text
SUMMARRY.pdf

Download (85kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item