Analisis Dampak Pelatihan Kompetensi Hospitality Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada Hasanah Guest House Malang)

Aulia, Dian Rahma (2018) Analisis Dampak Pelatihan Kompetensi Hospitality Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada Hasanah Guest House Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan pembangunan hotel di kota Malang meningkat selama enam tahun terakhir baik di hotel berbintang maupun hotel non bintang. Hasanah Guest House adalah cabang bisnis dari PT. Turen Indah yang bergerak di bidang akomodasi yang berada di kota Malang. Pelatihan kompetensi menjadi salah satu proses pengembangan karyawan untuk memperbaiki kinerja karyawan untuk kelangsungan hidup perusahaan. Penelitian ini memakai suatu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan diperoleh dari kunci informans, observasi, dokumen serta dokumentasi. Analisis data menggunakan empat tahap yaitu pengumpulandata, reduksi data, penyajian data dan penarikan suatu kesimpulan. Hasil analisis penelitian ditemukan bahwa karyawan yang bekerja di Hasanah Guest House sebagian besar tidak menguasai kompetensi di bidang perhotelan pada awal bekerja karena sebagian karyawan tidak memiliki latar pendidikan di bidang perhotelan. Karyawan memerima pelatihan karyawan baru selama tiga bulan untuk mempelajari Standar Prosedur Operasional yang diterapkan. On the job training, berupa rotasi, namun Hasanah Guest House belum memaksimalkan metode on the job training. Karyawan yang telah menjalani pelatihan telah memperbaiki kinerjanya, tapi masih kurang teliti dalam menyelesaikan pekerjaan dan hal tersebut dibantu dengan kerja sama antar shift. Kinerja yang diniliai dari tingkat huniannya, karyawan pada Hasanah Buring dan Hasanah Soekarno Hatta telah baik, sedangkan pada Hasanah Sawojajar dan Hasanah De’Sapphire masih perlu ditingkatkan.

English Abstract

Hotel development in Malang city has been grown in the six years including a star hotel or even non star hotel. Hasanah Guest House is one of the PT. Turen Indah business branch which grown in hospitality industry in Malang city. Competence training can be one of the process to improve employee that can be better performance to keep company grow. This research uses descriptive qualitative method. The technique of data retrieval from key informant, observe, document and documentation. Data analysis use four stage: data collect, data reduction, data display and conclusion. The result show that majority Hasanah Guest House employee doesn’t understand about hospitality competence at the first time work, because doesn’t have hospitality study background. New employee received training for three months to learn Procedure Operational Standart from on the job training such as employee rotation but Hasanah Guest House still not yet maximize off the job training method. Employee whose got training has been improved their work. Employee still missing when doing job but aid by other employee at the same shift to cover job lack. Perform marked by room occupancy marked good at Hasanah Buring and Hasanah Soekarno Hatta, but still need employee perform improvement in Hasanah Sawojajar and Hasanah De’Sapphire.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/146/051803229
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Pelatihan, Kinerja, dan Hospitality
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) > 658.31 Elements of personnel management > 658.312 Conditions of employment, performance rating, utilization of personnel > 658.312 4 Education and training
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 07 May 2018 03:21
Last Modified: 26 Oct 2021 04:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10278
[thumbnail of 8. LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (328kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item