Fadillah, Khalis (2016) Using “Make-A-Match” as a Reading Technique to Improve Students’ Descriptive Text Comprehension. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pemahaman membaca adalah proses membangun makna melalui keterlibatan pembaca dengan bacaannya. Namun, ada masalah yang dihadapi oleh siswa dan guru dalam proses belajar mengajar membaca teks bahasa Inggris. Salah satunya adalah membaca dan memahami teks deskriptif yang dihadapi oleh siswa kelas 8 SMPN 10 Malang. Salah satu cara untuk memecahkan masalah ini adalah melalui "Make-A-Match" teknik. "Make-A-Match" adalah teknik membaca yang menggunakan kartu untuk membantu siswa memahami teks deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan "Make-AMatch" teknik dalam meningkatkan pemahaman teks deskriptif siswa. Melalui Penelitian Tindakan Kelas, teknik ini diterapkan untuk 24 siswa. Dalam penelitian ini, tes, lembar observasi, catatan lapangan, dan pedoman wawancara digunakan sebagai instrumen penelitian. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan didasarkan pada nilai standar minimal bahasa Inggris di SMP Negeri 10 Malang yaitu 70 dan 60% dari siswa (14 dari 24 siswa) di kelas harus mencapai kriteria keberhasilan. Penelitian ini dilakukan dalam 1 siklus terdiri dari 3 pertemuan. Pada pertemuan pertama, peneliti menerapkan "Make-A-Match" teknik dalam kelompok, di pertemuan kedua "Make-A-Match" teknik diterapkan secara individual, dan dalam pertemuan terakhir peneliti melakukan post-test. Berdasarkan skor post-test, ditemukan bahwa kriteria keberhasilan dicapai sejak 92% siswa (22 dari 24 siswa) kelas 8 B mencapai nilai standar minimal bahasa Inggris di SMP Negeri 10 Malang. Hasil catatan lapangan dan checklist pengamatan juga menunjukkan bahwa ada perbedaan dalam cara penggunaan "Make-A-Match" sebagai teknik membaca mereka dalam kelompok dan individual. Selain itu, hasil wawancara dari para siswa dan guru menunjukkan bahwa "Make-A-Match" teknik ini mampu membuat aktivitas kelas menjadi menyenangkan dan membantu siswa memahami teks deskriptif. Karena keberhasilannya, penelitian ini berhenti hanya pada satu siklus sejak kriteria keberhasilan telah dicapai. Beberapa saran yang disediakan untuk guru bahasa Inggris yang akan menggunakan "Make-A-Match" teknik untuk menerapkan teknik ini dalam pelajaran membaca lainnya dan memberikan topik teks deskriptif lebih dari satu untuk menghindari siswa dalam menyalin pekerjaan teman-teman mereka. Peneliti selanjutnya juga disarankan untuk dapat memberikan siklus penelitian yang terdiri tiga atau empat pertemuan untuk menjamin hasil yang valid dan meminimalkan masalah pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/13/051601148 |
Subjects: | 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.3 Methods of instruction and study |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Indah Nurul Afifah |
Date Deposited: | 03 Mar 2016 10:40 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 01:30 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101987 |
Preview |
Text
CHAPTER_I_.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
CHAPTER_II.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
pembukaan.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
references_.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
CHAPTER_V_.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
CHAPTER_IV_.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
CHAPTER_III_.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |