Pengaruh Store Atmosphere Dan Reference Group Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Djati Lounge Malang)

Akbar, Muhammad Zulrahman (2018) Pengaruh Store Atmosphere Dan Reference Group Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Djati Lounge Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh store atmosphere dan reference group terhadap keputusan pembelian pada konsumen Djati Lounge Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah non probability sampling jenis purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala model Likert yang mengukur variabel independen (store atmosphere dan reference group) dan variabel dependen (keputusan pembelian). Sampel yang digunakan berjumlah 100 responden yang pernah melakukan keputusan pembelian di Djati Lounge dengan minimal nominal transaksi sebesar Rp15.000. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa store atmosphere dan reference group berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Pada uji t diperoleh hasil store atmosphere (X1) dan reference group (X2) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Variabel store atmosphere dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Pada penelitian ini diketahui koefisien determinasi (adjusted R 2 ) sebesar 0,566 yang artinya bahwa 56,6% variabel Keputusan Pembelian akan dipengaruhi oleh variabel independen, yaitu store atmosphere dan reference grup. Sedangkan sisanya 43,4% variabel keputusan pembelian akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

English Abstract

The objective of this research is to examine the influence of store atmosphere and reference group on the purchasing decision of Djati Lounge customers in Malang. Using non-probability sampling technique, 100 customers who have made transactions with the minimum amount of IDR 15.000 in Djati Lounge are selected as the sample. The data of this study are collected through Likert scale questionnaires. The result of this research shows that store atmosphere and reference group have a significant effect on purchasing decision. The result of the t-test indicates that store atmosphere (X1) and reference group (X2) partially have a significant effect on purchasing decision. The value of coefficient of determination (adjusted R squared) is 0.566, which means that 56,6% of the purchasing decision is influenced by the independent variables. The remaining 43,4% is influenced by other variables not included in this research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/14/051801762
Uncontrolled Keywords: Store Atmosphere, Reference Group, Keputusan Pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 25 Apr 2018 06:51
Last Modified: 03 Nov 2021 02:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9878
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (556kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (537kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (128kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item