Ramdhani, Alfathir Zufrino (2018) Kualitas Pelayanan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Di Kabupaten Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian dilakukan berdasarkan Kualitas Pelayanan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Berdasarkan permasalahan kependudukan yang terjadi, pemerintah berusaha memperoleh data tentang kependudukan di Indonesia yang akurat untuk membuat pemetaan yang tepat, guna menanggulangi masalah kependudukan di tingkat nasional maupun lokal. Dimana administrasi kependudukan juga sangat berpengaruh pada pembangunan suatu daerah. Dengan banyaknya permasalahan tentang masalah kependudukan akhirnya pemerintah membuat kebijakan baru untuk menanggulangi masalah administrasi kependudukan yaitu Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Kabupaten Gresik adalah salah satu daerah yang menerapkan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Permasalahan yang dihadapi Kabupaten Gresik adalah Kualitas Pelayanan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Ditinjau dari permasalahan yang dihadapi maka teori yang sesuai adalah kualitas pelayanan menurut Tjiptono dalam Hardiansyah (2011:148). Selain itu juga menurut Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang standar pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh meliputi: (1) informan, (2) peristiwa, dan (3) dokumen. Analisis permasalahan pada penelitian ini berdasarkan model interaktif (Miles, Huberman, dan Saldana, 2014:14) yang meliputi: (1) kondensasi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Permasalahan yang dihadapi oleh Kabupaten Gresik adalah Kualitas Pelayanan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan. Kualitas Pelayanan suatu instansi ditentukan melalui beberapa aspek yaitu prosedur pelayanan, ketepatan waktu, kejelasan biaya, kompetensi petugas, dan sarana prasarana. Kualitas Pelayanan Sistem Informasi Administrasi di Kabupaten Gresik bisa dikatakan cukup baik, tetapi msih ada beberapa sektor yang harus diperbaiki, yaitu di sektor ketepatan waktu, kompetensi petugas, dan sarana prasarana karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gresik kepada masyarakat. Peniliti memberikan saran berupa pengembangan di sektor sarana prasarana, karena hal ini berpengaruh pada kualitas pelayanan, kenyamanan, dan kepuasan yang didapat oleh masyarakat ketika menggunakan layanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gresik.
English Abstract
The research was conducted based on Service Quality of Information System of Population Administration (SIAK). Based on the population's problem happens, the goverment instructions trying to obtain data on the population in Indonesia accurate to make a proper mapping, in order to address the problem of population in the national and local level. Where the population administration is also very influential on the development of an area. With so many problems on population problems, the government finally made a new policy to overcome the problem of population administration, namely Information System of Population Administration (SIAK). Gresik is one of the areas that apply the Information System of Population Administration (SIAK). The problem faced by Gresik is Service Quality of Information System of Population Administration (SIAK). Judging from the problems encountered, the appropriate theory is the quality of service according to Tjiptono in Hardiansyah (2011:148). It also according to Decree of the Minister of Administrative Reform of State Tour No. 63 of 2003 on public service standards. This research uses descriptive qualitative approach. The sources of data obtained include: (1) informants, (2) events, and (3) documents. Problem analysis in this study based on interactive model (Miles, Huberman, and Saldana, 2014: 14) which includes: (1) condensing data, (2) data presentation, and (3) drawing conclusions. The problem faced by Gresik is Service Quality of Information System of Population Administration. Service Quality of an agency is determined through several aspects, namely service procedures, timeliness, cost clarity, officer competence, and infrastructure facilities. Quality of Administration Information System Services in Gresik can be said to be good, but there are some sectors that must be improved, namely in the sector of timeliness, competence of officers, and infrastructure facilities because it is very influential on the quality of services provided by the Department of Population and Civil Registry Gresik to the community. Researcher give suggestions in the form of development in infrastructure sector, because this affects the quality of service, comfort, and satisfaction obtained by the community when using the service of population administration in the Department of Population and Civil Registry of Gresik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/29/051801553 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) |
Subjects: | 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 23 Apr 2018 01:53 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 05:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9701 |
Preview |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |