Synathra, Victor (2018) Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Dampaknya Pada Loyalitas Nasabah (Survei Pada Nasabah Tabungan Bank Central Asia Kantor Kas Sawojajar Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variabel Relationship Marketing terhadap Kepuasan Nasabah dan dampaknya pada Loyalitas Nasabah pada nasabah tabungan Bank Central Asia Kantor Kas Sawojajar Kota Malang. Latar belakang dari dilakukan penelitian ini adalah melihat betapa besar persaingan dalam dunia perbankan sehingga setiap bank harus mampu untuk menciptakan strategi untuk memberikan kepuasan dan untuk membuat nasabah menjadi loyal terhadap bank tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing antara bank yang lain, oleh karena itu peneliti ingin mengetahui pengaruh strategi relationship marketing terhadap kepuasan nasabah dan dampaknya pada loyalitas nasabah bank tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research atau penelitian penjelasan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner pada 116 responden yaitu nasabah tabungan Bank Central Asia Kantor Kas Sawojajar Kota Malang yang berusia minimal 20 tahun, memiliki buku tabungan Bank Central Asia, dan telah menjadi nasabah Bank Central Asia minimal 2 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Relationship Marketing (X) terhadap Kepuasan Nasabah (Z) memiliki nilai koefisien beta sebesar 65,7% dan probabilitas sebesar 0,000 (<0,05) . Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Kepuasan Nasabah (Z) terhadap variabel Loyalitas Nasabah (Y) yang memiliki nilai koefisien beta sebesar 37,8% dan probabilitas sebesar 0,000 (<0,05). Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Relationship Marketing (X) terhadap variabel Loyalitas Nasabah (Y) yang memiliki nilai koefisien beta sebesar 41,4% dan nilai probabilitas 0,000 (<0,05).
English Abstract
The purpose of doing this research is to find out the effect of Relationship Marketing Variable toward Customer satisfaction and the impact to Customers Loyalty at Customer’s Saving of Bank Central Asia Cash Office Sawojajar Malang. The background from doing this research is to see how big the competition in banking world so every bank must be able to create a strategy to give satisfaction and make customers become loyal to the that bank as an effort for compete with other banks, because of that researchers want to find out the effect Relationship Marketing toward Customer Satisfaction and the impact to Customer Loyalty from that bank. This research use explanatory research and quantitative approach. Data collection was done with spreading a questionnaires to 116 respondents from customer’s saving of Bank Central Asia Cash Office Sawojajar Malang with minimum age is 20 years old and has been the customer for at least 2 years. The technique sampling is use purposive sampling. Data analysis that used is descriptive and path analysis. Based of this research showing there is a significant effect between Relationship Marketing (X) to Customer Satisfaction (Z) has a beta coefficient value of 65,% and probability value 0,000 (<0,05). There is a significant effect between Customer Satisfaction (Z) to Customer Loyalty (Y) has a beta coefficient value of 37,8% and probability value 0,000 (<0,05). There is a significant effect between Relationship Marketing (X) to Customer Loyalty (Y) has a beta coefficient value of 41,4% and probability value 0,000 (<0,05).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/15/051801539 |
Uncontrolled Keywords: | Relationship Marketing, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 20 Apr 2018 03:25 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 04:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9665 |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (39kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (52kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (366kB) | Preview |
Preview |
Text
Lampiran.pdf Download (465kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (232kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (394kB) | Preview |
Preview |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (35kB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |