Pengaruh Country Of Origin Terhadap Citra Merek Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei online pada Pengguna Smartphone Samsung di daerah Jakarta)

Fadhiilah, Faris Nuur (2018) Pengaruh Country Of Origin Terhadap Citra Merek Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei online pada Pengguna Smartphone Samsung di daerah Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasar global yang jauh lebih rumit daripada pasar domestik memerlukan tambahan strategi yang lebih kompleks agar perusahaan tersebut dapat diterima dan berhasil di pasar. Saat ini organisasi modern sangat bergantung pada pemasaran, oleh karena itu strategi pemasaran yang efektif dapat sangat membantu perusahaan untuk mengembangkan bisnis mereka. Perusahaan global seringkali memanfaatkan persepsi konsumen di pasar global terhadap kekuatan ‘negara asal’ atau yang lebih dikenal dengan istilah Country of Origin (COO) untuk memperkuat citra merek. Diharapkan pengaruh country of origin yang baik dapat membentuk citra merek dalam benak mereka dan akan mendorong proses keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengaruh Country of Origin Terhadap Citra Merek dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Penelitian ini dilakukan di Kota Jakarta. Tipe penelitian ini adalah eksplanatori. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode survei melalui pembagian kuisioner kepada responden. Populasi dalam penelitian ini adalah orang-orang yang melakukan keputusan pembelian terhadap smartphone merek Samsung, berumur 17 tahun keatas, dan berdomisili di kota Jakarta. Penelitian ini mengunakan teknik penarikan sampel purposive sampling, dengan total sampel 116 orang responden. Alat uji yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji statistik analisis jalur. Uji hipotesis membuktikan bahwa variabel Country of Origin terbukti berpengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel Citra Merek dengan nilai t hitung sebesar 3,020 dengan angka probabilitas yang dinyatakan sebesar 0,003. Hasil indirect effect adalah sebesar 0,183 dan angka tersebut menunjukkan bahwa variabel Citra Merek berperan dalam hubungan antar variabel Country of Origin dan Keputusan Pembelian. Penelitian ini kemudian memberikan saran kepada Perusahaan Samsung untuk menaikkan value yang ada pada smartphone merek Samsung dengan fokus pada membangun reputasi perusahaan yang baik, membangun sebuah brand yang sangat terkenal dan memperhatikan persebaran gerai-gerai resmi yang ada. Karena dalam penelitian ini, konsumen memikirkan antara lain ketiga hal tersebut ketika memutuskan membeli suatu produk dalam hal ini adalah smartphone.

English Abstract

Global markets are much more complicated than domestic markets require additional more complex strategy so that these companies can be accepted and successfully in the market. Nowadays modern organizations really focus on marketing, therefore the effective marketing strategy can be very helpful to companies to develop their business. Global companies often use the perception of consumers in the global marketplace against the power of the the Country of Origin (COO) to reinforce the brand image. It is expected the influence of country of origin can establish brand image in their minds and will encourage the process of purchasing decisions. The purpose of this study is to find out how the influence of Country of Origin against the brand image and its impact on the purchasing decision. This research was conducted in the city of Jakarta. This type of research is explanatory research. Data collection method used is survey method through the distribution of questionnaires to respondents. The population in this study are the people who do the buying decision against smartphone brands Samsung, was 17 years old and above, and is domiciled in Jakarta. This research uses purposive sampling technique with total sample 116 respondents. The hypothesis test used is path analysis. The hypothesis test proved that the variable of Country of Origin proved to have direct and significant effect on the brand image with the t value 3,020 with the probability value which was stated as 0.003. The result of indirect effect is 0.183 and this number indicates that the variable of the Brand Image plays a role in the relationship between the variable of Country of Origin and Purchasing Decision. This research then gives advice to The company Samsung to raise the value of the smartphone Samsung brand with a focus on building a good reputation of the company, raise a popular brand and pay attention to the distribution outlets of official outlets. Because in this study, consumers think of, among others, the third such matters when deciding on buying a product in this case is a smartphone.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1330/051802780
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 03 Apr 2018 03:49
Last Modified: 26 Oct 2021 06:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9090
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (722kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (631kB) | Preview
[thumbnail of 8. LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (483kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item