Pengaruh Servicescape, Customer Predisposition, And Destination Attractiveness On People Intention To Revisit Jatim Park 2 Kota Batu

Putra, Yogie Dwi Prastita (2017) Pengaruh Servicescape, Customer Predisposition, And Destination Attractiveness On People Intention To Revisit Jatim Park 2 Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Produk-produk pariwisata yang banyak dipertimbangkan konsumen pada saat memutuskan untuk berwisata adalah keputusan memilih destination yakni daya tarik dari tempat tujuan wisata yang akan dikunjungi. Unsur lainnya yang menjadi pertimbangan adalah servicescape tempat tujuan wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari servicescape, customer predisposition dan destination attractiveness terhadap minat wisatawan untuk berkunjung kembali pada obyek wisata Jatim Park 2 Kota Batu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung taman wisata Jatim Park 2 Kota Batu dan jumlah sampel penelitian ini diambil sebanyak 120 orang agar aspek generalisasinya lebih besar. Pengujian signifkansi variabel menggunakan uji t dan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat diuji menggunakan uji F.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial servicescape (X1) berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali (Y).Selain itu secara parsial customer predisposition (X2) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat berkunjung kembali (Y). Dan secara parsial juga destination attractiveness (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap minat berkunjung kembali (Y). Dari hasil uji Fdapat diketahui ada pengaruh simultan yang signifikan dari variable servicescape, customer predisposition dan destination attractiveness terhadap minat berkunjung kembali.Nilai R2 sebesar 0,619 menunjukkan bahwa minat berkunjung kembali dipengaruhi sebesar 61,9% oleh servicescape, customer ii predisposition dan destination attractiveness sedangkan sisanya sebesar 38,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar ketiga variabel yang diteliti.Variabel yang paling dominan adalah variable servicescape yaitu sebesar 51,9% dibandingkan dengan variabel yang lainnya yaitu variable customer predisposition 2,8%, dan destination attractiveness sebesar 29,8%.Ada baiknya pengelola tempat wisata lebih mengoptimalkan destination attractiveness, utamanya daya tarik budaya karena dari ketiga faktor yang ada, daya tarik budaya mendapat nilai paling kecil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/811/051801834
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Fisik, Kecenderungan Pengunjung, Daya Tarik Wisata, Minat Berkunjung Kembali
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 02 Apr 2018 01:52
Last Modified: 03 Nov 2021 02:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9062
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of cover_yogie.pdf] Text
cover_yogie.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf] Text
BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of daftar isi-yogi.pdf] Text
daftar isi-yogi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[thumbnail of abstrak-YOGI.pdf] Text
abstrak-YOGI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)

Actions (login required)

View Item View Item