Pengaruh Citra Merek Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Dan Kepuasan Pengunjung Serta Dampaknya Pada Minat Kunjung Ulang (Survei pada Pengunjung Taman Rekreasi Selecta Kota Batu yang termasuk dalam Kategori Generasi Millennial)

Isnaini, Putri Rizkiah (2017) Pengaruh Citra Merek Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Dan Kepuasan Pengunjung Serta Dampaknya Pada Minat Kunjung Ulang (Survei pada Pengunjung Taman Rekreasi Selecta Kota Batu yang termasuk dalam Kategori Generasi Millennial). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh antara: (1) Citra merek destinasi terhadap keputusan berkunjung generasi millennial; (2) Citra merek destinasi terhadap kepuasan pengunjung generasi millennial; (3) Keputusan berkunjung generasi millennial terhadap kepuasan pengunjung generasi millennial; (4) Citra merek destinasi terhadap minat kunjung ulang generasi millennial; (5) Keputusan berkunjung generasi millennial terhadap minat kunjung ulang generasi millennial; dan (6) Kepuasan pengunjung generasi millennial terhadap minat kunjung ulang generasi millennial. Penelitian ini akan menciptakan hasil analisa mengenai pengaruh dari citra merek destinasi terhadap minat berkunjung ulang pada generasi millennial dengan melibatkan keputusan berkunjung dan kepuasan pengunjung generasi millennial sebagai variabel antara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 120 pengunjung Taman Rekreasi Selecta Kota Batu yang tergolong dalam kategori generasi millennial. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis) Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara variabel citra merek destinasi terhadap keputusan berkunjung generasi millennial, adanya pengaruh yang signifikan antara citra merek destinasi terhadap kepuasan pengunjung generasi millennial, adanya pengaruh yang signifikan antara keputusan berkunjung generasi millennial terhadap kepuasan yang mereka rasakan, adanya pengaruh yang signifikan antara citra merek destinasi terhadap minat kunjung ulang generasi millennial yang dimediasi oleh keputusan berkunjung generasi millennial dan adanya pengaruh yang signifikan antara citra merek destinasi terhadap minat kunjung ulang generasi millennial yang dimediasi oleh kepuasan pengunjung generasi millennial. Sehingga dalam usaha meningkatkan minat kunjung ulang sebaiknya pengelola Taman Rekreasi Selecta memelihara dan meningkatkan citra merek destinasi yang positif untuk meningkatkan keputusan berkunjung generasi millennial yang pada akhirnya dapat menciptakan kepuasan pengunjung generasi millennial dimana angka konstribusi variabel kepuasan pengunjung generasi millennial cukup besar dalam memediasi pengaruh antara citra merek destinasi terhadap minat kunjung ulang.

English Abstract

This study aims examined the influence among others: (1) Destination brand image toward millennial generation’s decision to visit; (2) Destination brand image toward millennial generation’s satisfaction of visit; (3) Millennial generation’s decision to visit toward millennial generation’s satisfaction of visit; (4) Destination brand image toward millennial generation's interest to revisit; (5) Millennial generation’s decision to visit toward millennial generation's interest to revisit; and (6) Millennial generation’s satisfaction of visit toward generation's interest to revisit. This research will created an analysis result of the destination brand image's influence towards the millennial generation's interest of revisit by involving the decision to visit and satisfaction visitor of millennial generation that applicable as intermediate variable. The research applied for this study is explanatory research with quantitative approach. Samples were taken as many as 120 visitors of recreational park of selecta which belong to the category of millennial generation. The data used in the research were obtained through the distribution of questionnaires. Data analysis used in this study are descriptive analysis and path analysis. The result of path analysis showed that destination brand image significantly influence millennial generation's decision to visit, destination brand image significantly influence the millennial generation's satisfaction of visit, millennial generation's decision to visit significantly influence the millennial generation's satisfaction of visit, destination brand image significantly influence the millennial generation's interest to revisit mediated by millennial generation's decision to visit, and destination brand image significantly influence the millennial generation's interest to revisit mediated by millennial generation's satisfaction of visit. According to that result, then recreational park of selecta should to maintained and enhanced a positive destination brand image to improve the millennial generation’s decision to visit that can ultimately created their satisfaction which is millennial generation’s satisfaction of visit have a considerable contribution to helped the destination brand image in influencing the millennial generation’s interest to revisit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1290/051801707
Uncontrolled Keywords: Citra Merek Destinasi, Keputusan Berkunjung, Kepuasan Pengunjung, Generasi Millennial
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 27 Mar 2018 02:51
Last Modified: 26 Oct 2021 04:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8993
[thumbnail of SKRIPSI PUTRI RIZKIAH I. (FIA UB-135030200111069).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI PUTRI RIZKIAH I. (FIA UB-135030200111069).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item