Leoma, Rhesa Andromeda (2018) Identifikasi Strategi dan Analisis Segmentasi Pasar Pada Radio Kencana Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PT Total Prima Sukses (Radio Kencana Malang) merupakan salah satu radio di Kota Malang dengan sasaran pendengar usia 20-40 tahun. Radio Kencana Malang berada pada frekuensi FM 91,9 dengan tagline “radio musik terpilih”. Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, pendengar aktif dari Radio Kencana Malang semakin berkurang sehingga berpengaruh pada pendapatan. Pendengar aktif menjadi tolak ukur jumlah pendengar radio yang berpengaruh terhadap ketertarikan pemasang iklan dan harga dari iklan pada Radio Kencana Malang. Oleh karena itu perlu adanya penelitian untuk mengetahui karakteristik konsumen berdasarkan segmentasi pasar dan strategi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan dari konsumen Radio Kencana Malang. Pada penelitian ini dilakukan analisis segmentasi pasar mengunakan metode cluster. Segmentasi pasar terbagi menjadi 5 (lima) cluster berdasarkan waktu responden mendengarkan radio setiap harinya. Cluster A merupakan responden yang mendengarkan radio pukul 06.00-10.00 WIB, cluster B merupakan responden yang mendengarkan radio pukul 10.00-15.00 WIB, cluster C merupakan responden yang mendengarkan radio pukul 15.00-19.00 WIB, cluster D merupakan responden yang mendengarkan radio pukul 19.00- 24.00 WIB, cluster E merupakan responden yang mendengarkan radio pukul 24.00-06.00 WIB. Selanjutnya dilakukan identifikasi strategi pemasaran yang tepat untuk Radio Kencana Malang berdasarkan kesenjangan antara penilaian responden terhadap kinerja Radio Kencana Malang dan harapan dari responden menggunakan analisis GAP. Penelitian menunjukkan bahwa setiap cluster pada segmentasi pasar mempunyai karakteristiknya masing-masing berdasarkan usia, pekerjaan, pendidikan dan karakteristik lainnya yang berhubungan dengan perilaku konsumen sehingga dapat diketahui kebutuhan konsumen berdasarkan segmentasi pasar. Berdasarkan analisis GAP, dapat diketahui 4 (empat) atribut yang menjadi prioritas untuk dilakukan perbaikan yaitu lagu yang disediakan kurang update, kualitas suara yang kurang baik, konsumen tidak selalu merasa terhibur ketika mendengarkan Radio Kencana Malang dan branding dari Radio Kencana Malang yang masih belum kuat. setelah itu dilakukan identifikasi strategi pemasaran yang tepat berdasarkan hasil dari analisis GAP
English Abstract
PT Total Prima Sukses (Radio Kencana Malang) is one of active radio in Malang City who is targeting listener at age 20-40 years old. The frequency of Radio Kencana Malang is on FM 91,9 with tagline “radio musik terpilih”. As time goes by, technology continue to improve every single time especially technology who can entertain people. The improvement of technology affected the number of active listener of Radio Kencana Malang who has been decreasing year by year. The decrease of active listener also impact the income of Radio Kencana Malang because the price of advertising depends on the number of active listener. Therefore, research is needed to know the listener’s needs and the suitable strategic to resolve the problem of Radio Kencana Malang. In this study, the market segmentation analysis is done by cluster method. Market segmentation divided by 5 clusters based on time of listener to listening the radio. Cluster A contain listener who listening radio between 06.00-10.00 WIB. Cluster B contain listener who listening radio between 10.00-15.00 WIB. Cluster C contain listener who listening radio between 15.00-19.00 WIB. Cluster D contain listener who listening radio between 19.00-24.00 WIB. Cluster E contain listener who listening radio between 24.00- 06.00 WIB. After that, the study continue by identifying the suitable strategy of Radio Kencana Malang using GAP analysis. The study shows that every cluster on market segmentation have their own characteristics by age, job, education and other characteristics who also relevant with listener behaviour. GAP analysis shows that music update, sound quality, entertaining quality and strong branding attributes need to be fixed immediately. After knowing the 4 top priority attributes who need to be fixed, the study continue by identifying the suitable strategy from the result of GAP analysis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2018/31/051800682 |
Uncontrolled Keywords: | Analisis GAP, Identifikasi Strategi, Metode Cluster, Radio, Segmentasi Pasar, |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 26 Mar 2018 06:24 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 06:16 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8950 |
Preview |
Text
Rhesa.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |