Strategi Nation Branding United Kingdom Dalam Melakukan The Great Britain Campaign Periode Tahun 2012- 2015

Kurniawan, Mahardika Chilmi (2017) Strategi Nation Branding United Kingdom Dalam Melakukan The Great Britain Campaign Periode Tahun 2012- 2015. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

The Great Britain Campaign merupakan salah satu upaya dari negara United Kingdom untuk bersaing pada aktifitas nation branding yang marak dilakukan berbagai negara di dunia. Kampanye tersebut ditujukan untuk melakukan diferensiasi dan memperkuat identitas negara terhadap negara lain, agar United Kingdom dapat menarik investasi, wisatawan, pelajar dan bisnis ke dalam negara. Dalam mencapai tujuan dari nation branding, dibutuhkan strategi untuk merumuskan arah dari pemerintah UK dalam menarik perhatian publik pada brand yang telah diciptakan (baik dalam bentuk kampanye). Penelitian ini menggunakan konsep strategi yang dirumuskan oleh Keith Dinnie melalui metode deskriptif kualitatif dalam 6 variabel strategi dan 1 variabel evaluasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa UK telah mengimplementasikan 4 variabel; adevertising, sebagai variabel yang dominan dalam penelitian ini dimana memperlihatkan usaha promosi dengan berbagai instrumen (media sosial, website, aplikasi smartphone, media digital dan print/ outdoor), Pemanfaatan teknologi dalam variabel Citizen Relations Management (CRM) untuk menyediakan komunikasi dua arah antara pemerintah UK-publik, duta brand yang digunakan untuk menyebarkan brand value, dan variabel strategi penamaan brand sebagai bentuk dari advokasi ideologi partai di UK. 2 Variabel lain; mobilisasi diaspora dan haria nasional tidak dapat terimplementasi karena tidak memenuhi indikator mobilisasi dan manfaat eksternal hari nasional. Sementara Variabel evaluasi Nation-Brand Tracking Studies digunakan untuk mengetahui peringkat nation brand dari 3 lembaga indeks brand sebagai evaluasi terhadap The Great Britain Campaign.

English Abstract

The Great Britain Campaign is one of the efforts of United Kingdom to compete on nation branding as widespreadly activity whichis conducted by several countries in the world. The campaign aims to differentiate and strengthen the country's identity against other countries, so that United Kingdom can attract investment, tourists, students and business into the country. In achieving the goals of nation branding, various strategies are needed to set the goals by the UK government in drawing public attention to the brand that has been created (in the form of campaigns). This research uses strategy concept which is formulated by Keith Dinnie through qualitative descriptive method in 6 strategy variable and 1 evaluation variable. The results of this study show that the UK has implemented 4 variables; advertising, as the dominant variable in this research which shows the promotion effort with various instruments (social media, website, smartphone application, digital media and print / outdoor), Utilization of technology in Citizen Relations Management (CRM) variable to provide two-ways communication between UK government - the public, brand ambassadors used to spread brand value, and variable brand naming strategies as a form of party ideological advocacy in the UK. 2 Other variables; mobilization of diaspora and national day can not be implemented because they do not fulfill the mobilization indicator and advantage of external national day. While the evaluation variables Nation-Brand Tracking Studies used to determine the ranking of brand nation of 3 brand index agencies as an evaluation of The Great Britain Campaign.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/1185/051801384
Uncontrolled Keywords: Strategi, Nation Branding, The Great Britain Campaign.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Feb 2018 06:28
Last Modified: 04 Nov 2020 06:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8778
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item