Rachmaningrum, Ayu Putri (2017) Pengaruh Online Video Review Terhadap Minat Beli Subscriber Abel Cantika. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Elaboration Likelihood Model adalah salah satu dari model dalam tradisi sosiopsikologis yang berusaha menjelaskan berbagai perbedaan individu dalam memproses suatu informasi. Teori ini mengatur proses-proses persuasi melalui dua rute yakni rute sentral dan rute periferal (Petty, Barden, & Wheeler, 2009). Online video review adalah hasil evaluasi yang telah dilakukan dan dirasakan oleh seseorang yang disampaikan dalam bentuk gambar dan suara dengan bentuk online. Penelitian ini menggunakan Elaboration Likelihood Model untuk menjelaskan pengaruh kualitas argumen, kuantitas argumen, kredibilitas, daya tarik, dan kekuatan pada komunikator online video review yaitu Abel Cantika terhadap minat pembelian penonton atau subscriber-nya. Peneitian ini menggunakan metode kuantitatif dari paradigma positivistik. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori dengan teknik pengumpulan data survei. Sampel sebanyak 100 orang diambil dari penonton atau subscriber Abel Cantika. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil analisis mendapatkan bahwa kelima faktor kualitas argumen, kuantitas argumen, kredibilitas, daya tarik, dan kekuatan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa lima variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan memengaruhi variabel dependen minat pembelian. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel kualitas argumen, kuantitas argumen, kredibilitas, daya tarik, dan kekuatan berpengaruh signifikan secara bersamaan dalam minat pembelian. Angka Adjusted R Square sebesar 0.559 menunjukan bahwa 55,9% minat pembelian dipengaruhi oleh kelima variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 44,1% dijelaskan oleh variabel lain diluar kelima variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
English Abstract
Elaboration Likelihood Model is one of the model in sosiopsychology tradition which try to explain individual differences in processing informations. This theory sets persuasion process via two routes, central route and peripheral route (Petty, Barden, & Wheeler, 2009). Online video review is a result that has been done and felt by someone who delivered in the pictures and sound with the form as online. This research uses Elaboration Likelihood Model to explain the effect of argument quality, argument quantity, credibility, attractiveness, and power on online review communicator such as Abel Cantika toward viewer or subscriber purchase intention. This research uses quantitative method from positivist paradigm. This is an explanatory research using survey method to collect data. Total of 100 participants is Abel Cantika’s viewer or subscriber. Data analysis techniques used were linear regression analysis that serves to prove the research hypothesis. Results of the analysis found that five factors, argument quality, argument quantity, credibility, attractiveness, and power has a positive and significant influence on purchase intention. Hypothesis testing using t test showed that five independent variables found to significantly affect purchase intention as dependent variables. Then through the F test showed that the variable argument quality, argument quantity, credibility, attractiveness, and power has a significant jointly in purchase intention. Figures adjusted R square of 0.559 indicates that 55.9 percent of the variations of customer loyalty can be explained by five independent variables used in the regression equation. While the rest of 44.1 percent is explained by another variables used within this research.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2017/1180/051801379 |
Uncontrolled Keywords: | Elaboration Likelihood Model, Online Video Review, Kualitas Argumen, Kuantitas Argumen, Kredibilitas, Daya Tarik, Kekuatan, Minat Pembelian |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.231 Digital media |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 07 Feb 2018 02:42 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:16 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8759 |
![]() |
Text
AYU PUTRI RACHMANINGRUM.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |