Rizki, Muhammad Afif and Isma Adila, S.I.Kom., M.A (2017) Perbedaan Kepuasan Penggunaan Fitur Stories pada Media Sosial Instagram dan Snapchat di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Instagram Stories merupakan fitur terbaru dari media sosial Instagram. Fitur serupa dimiliki media sosial Snapchat, yaitu Snapchat Stories yang sudah lebih dahulu muncul sebelum fitur baru Instagram tersebut. Pengguna Instagram Stories sampai Agustus 2017 mengalami kenaikan jumlah hingga 250 juta pengguna., sedangkan Snapchat hanya memiliki 166 juta pengguna. Semenjak kemunculan Instagram Stories, Snapchat mengalami penurunan saham. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan serta perbandingan kepuasan antara fitur Instagram Stories dan Snapchat Stories. Perbandingan tersebut dianalisis menggunakan teori Uses and Gratification 2.0 dari jurnal milik Sundar dan Limperos (2013) dan mengukur kepuasan menggunakan Gratification Sought dan Gratification Obtained. Adapun jenis penelitian ini merupakan kuantitatif komparatif. Metode survei digunakan untuk mendapatkan data dengan sampel mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya yang pernah menggunakan Instagram dan Snapchat (n=272). Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan paired t-test. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya merasa interaksi terhadap fitur Instagram Stories merupakan hal yang paling memuaskan ketika menggunakan fitur tersebut. Sedangkan untuk presentasi visual yang diberikan fitur ini dirasa kurang dapat memuaskan. Kemudian ketika menggunakan fitur Snapchat Stories, mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya merasa bahwa fitur ini paling memuaskan pada kesenangan dalam menjelajahi informasi, dan paling tidak memuaskan ketika pengguna menjadi peyampai pesan. Perbandingan kepuasan menunjukan bahwa Instagram Stories lebih memuaskan dibanding Snapchat Stories.
English Abstract
Instagram Stories is the latest feature of Instagram. Similar features owned by Snapchat, “Snapchat Stories” that had appeared before the new Instagram feature. Instagram Stories users until August 2017 had an increase of up to 250 million users, while Snapchat had only 166 million users. Since the appearance of Instagram Stories, Snapchat has experienced a drop in stocks. This study aims to see the difference and comparison of gratification between Instagram Stories and Snapchat Stories. The comparison was analyzed using Uses and Gratification 2.0 by Sundar and Limperos (2013) and measured gratification using Gratification Sought and Gratification Obtained. The type of this study is quantitative comparative. The survey method was used to obtain data with the sample of FISIP Universitas Brawijaya students who used Instagram and Snapchat (n = 272). Hypothesis in this study was tested by paired t-test. The result of this research stated that FISIP Universitas Brawijaya students feel that the interaction of Instagram Stories feature is the most satisfying when using the feature. As for the visual presentation given this feature is considered less satisfactory. Then when using the Snapchat Stories feature, FISIP Universitas Brawijaya students feel that this feature is most satisfying on the pleasure in exploring the information, and at least satisfying when the user becomes professional gatekeeper. Comparison of gratification shows that Instagram Stories is more satisfying than Snapchat Stories.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2017/1140/051800558 |
Uncontrolled Keywords: | perbedaan kepuasan, penggunaan media sosial, media sosial, instagram, snapchat, uses and gratification 2.0, gratification sought, gratification obtained, difference of gratification, use of social media, social media, instagram, snapchat, uses and gratification 2.0, gratification sought, gratification obtained |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.231 Digital media |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 02 Feb 2018 08:50 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 04:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8716 |
![]() |
Text
MUHAMMAD AFIF RIZKI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |