Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran (Studi Pada Kuliner Kafe Kota Malang)

Jayaningrum, Erni (2017) Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran (Studi Pada Kuliner Kafe Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan: (1) pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing: (2) pengaruh Inovasi terhadap Keunggulan Bersaing: (3) pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing: (4) pengaruh Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran: (5) pengaruh Inovasi terhadap Kinerja Pemasaran: (6) pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran: (7) pengaruh Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dimana penelitian dilakukan pada kuliner kafe Kota Malang. Variabel yang digunakan terdiri dari: Orientasi Pasar (X1), Inovasi (X2), Orientasi Kewirausahaan (X3). Dependent variable dari penelitian ini adalah Keunggulan Bersaing (Z) dan Kinerja Pemasaran (Y). Seluruh variabel yanga diukur dengan menggunakan skala Likert. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 41 orang responden yaitu pemilik dan pengelola kuliner kafe Kota Malang yang terdaftar pada Badan Pelayanan Pajak Daerah kota Malang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer didapat dari hasil penyebaran kuesioner, sedangkan data sekunder didapat dari Lembaga yang terkait dengan topik dan penelitian ini. Pengujian instrument dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. vii Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabel Orientasi Pasar berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing: (2) Variabel Inovasi berpengaruh signifikan terhadap Keunggulan Bersaing: (3) Variabel Orientasi Kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap Keunggulan Bersaing: (4) Variabel Orientasi Pasar berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pemasaran: (5) Variabel Inovasi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pemasaran: (6) Variabel Orientasi Kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pemasaran: (7) Variabel Keunggulan Bersaing berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pemasaran. Pemilik dan pengelola kafe harus memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan pelanggan, merespon tindakan pesaing sehingga aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan dapat mendukung kinerja dalam memaksimalkan potensi yang dimiliki. Sehingga kinerja pemasaran perusahaan dapat mengalami peningkatan. Mengintegrasikan strategi pada karyawan untuk menghadapi pesaing sehingga aktivitas yang dilakukan perusahaan dapat mendukung kemampuan dalam mencapai tujuan yang ditetapkan oleh perusahaan. Melakukan inovasi berkelanjutan agar dapat mencapai keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran yang unggul.

English Abstract

This research aims to determine and explain: (1) the impact of market orientation on competitive advantage: (2) the impact of Innovation on Competitive Advantage: (3) the impact of Orientation of Entrepreneurship on Competitive Advantage: (4) the impact of Market Orientation on Marketing Performance: (5) the impact of Innovation on Marketing Performance: (6) the impact Entrepreneurship Orientation on Marketing Performance: (7) the impact Competitive Advantage on Marketing Performance.. This study was held on culinary cafe Malang City. Using explanatory research with quantitative approach. The variable are (X1) Market Orientation, Innovation (X2), Entrepreneurship Orientation (X3). Dependent variable of this research is Competitive Advantage (Z) and Marketing Performance (Y). The whole variables are measured using Likert Scale. The amount of samples that have been used in this study are 41 respendents is owner and manager owner and manager of culinary cafe in Malang city. The data that used in this study was primary data and secondary data. Primary data obtained from the questionnaire distribution, while secondary data obtained from the Institute related to this topic and research. Instrument test was using validity test and reliability test. Orientation of Market, Innovation and Orientation of Entrepreneurship both directly and indirectly affect the competitive advantage and marketing performance. Owners and managers business must have attention about what the customer needs, responding to the actions of competitors so that activities undertaken by the company can support efforts in maximizing the potential so the company's performance can be improved, and integrate strategies to employees to face the company's competitors so that the activities of the company ix can support the ability to maximize the achievement of objectives set by the company, doing business location development so as to provide support in production and marketing activities can support the ability of the company to competitive advantage. Owners and managers business should pay attention to what the customer needs, respond to the actions of competitors so that activities undertaken by the company can support the performance in maximizing its potential. So that the company's marketing performance can increase. Integrate strategy on employees to face the competitors so that the activities undertaken company can support the ability to achieve goals set by the company. Continuous innovation to achieve competitive advantage and superior marketing performance

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1190/051800099
Uncontrolled Keywords: Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 29 Jan 2018 02:44
Last Modified: 26 Oct 2021 01:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8503
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (489kB) | Preview
[thumbnail of Bagian Depan.pdf]
Preview
Text
Bagian Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (749kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (421kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (543kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran 5.pdf]
Preview
Text
Lampiran 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran 8.pdf]
Preview
Text
Lampiran 8.pdf

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran 2.pdf]
Preview
Text
Lampiran 2.pdf

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran 7.pdf]
Preview
Text
Lampiran 7.pdf

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran 6.pdf]
Preview
Text
Lampiran 6.pdf

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran 1.pdf]
Preview
Text
Lampiran 1.pdf

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran 3.pdf]
Preview
Text
Lampiran 3.pdf

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran 4.pdf] Text
Lampiran 4.pdf

Download (97kB)

Actions (login required)

View Item View Item