Analisis Anteseden Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Konsumen (Studi Kasus Pada Warung Makan Di Wilayah Ketawanggede, Malang)

Kristianto, Hizkia Wima Anugerah (2017) Analisis Anteseden Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Konsumen (Studi Kasus Pada Warung Makan Di Wilayah Ketawanggede, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ketawanggede merupakan salah satu daerah yang dikelilingi oleh beberapa universitas. Lokasi yang strategis tersebut menjadi potensi dalam mendirikan berbagai usaha dengan mahasiswa sebagai target pasar, salah satunya usaha warung makan. Banyaknya jumlah usaha warung makan yang terdapat pada daerah Ketawanggede membuat persaingan semakin ketat. Hal tersebut menyebabkan adanya kesenjangan karena terdapat warung makan yang sepi pembeli dan ramai pembeli. Adanya kesenjangan membuat pelaku usaha harus menyusun strategi, khususnya dalam kualitas pelayanan, kualitas produk, harga, dan suasana tempat sebagai anteseden. Strategi tersebut disusun agar konsumen merasa puas dan tertarik untuk melakukan pembelian ulang pada warung makan. Kualitas pelayanan merupakan tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi kepuasan konsumen. Kualitas produk adalah suatu nilai dari produk atau jasa, dimana nilai produk atau jasa sesuai dengan apa yang diharapkan atau melebihi apa yang diharapkan sehingga produk atau jasa tersebut dapat memenuhi kebutuhan pemakainya. harga merupakan jumlah uang yang dibebankan untuk produk atau jasa, atau jumlah dari semua nilai yang diberikan oleh pelanggan untuk mendapatkan sebuah manfaat dengan memiliki atau menggunakan sebuah produk atau jasa. Atmosfer toko yang tepat akan menghadirkan nuansa, suasana, dan estetika yang menarik bagi konsumen sehingga akan mempengaruhi perilaku konsumen. Citra warung makan adalah kepribadian sebuah toko. Kepribadian atau image warung menggambarkan apa yang dilihat dan dirasakan oleh konsumen terhadap warung makan tertentu. vi Penelitian ini dilakukan di beberapa warung makan yang berada pada daerah Ketawanggede yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2017. Responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang merupakan mahasiswa dan telah melakukan pembelian pada suatu warung makan minimal 2. Jumlah responden yang diambil pada penelitian ini yaitu sebanyak 180 responden yang diambil kali yang diambil secara acak di warung makan di daerah Ketawanggede. Dalam penelitian diambil 5 warung makan ramai, 5 warung makan sedang, dan 5 warung makan sepi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada konsumen. Untuk menganalisa data digunakan software SPSS 23.0 dan warpPLS 6.0. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dan positif diantara hubungan kualitas pelayanan, kualitas produk, harga, suasana tempat terhadap kepuasan konsumen dan kepuasan konsumen terhadap pembelian ulang konsumen. Selain hal tersebut dalam penelitian ini juga disimpulkan bahwa citra warung dapat memoderasi secara signifikan dan positif terhadap hubungan antara kepuasan konsumen dan pembelian ulang.

English Abstract

Ketawanggede is one of the areas that is surrounded by several universities. Strategic location is a potential in establishing various businesses with students as a target market, one of which is a food stall. Many food stalls in Ketawanggede area makes the competition tighter. It causes a gap because there are food stalls with quiet and crowd buyers. The existence of the gap makes the businessman must develop strategies, especially in the service quality, product quality, price, and atmosphere of the place. The strategy is arranged to make consumers feel satisfied and interested in repurchase at food stalls. Quality of service is in the excellence expected level and control of the excellence level to meet customer satisfaction. The quality of the product is a value of the product or service, where the value of the product or service is in accordance with what is expected or exceed expectation so that the product or service can meet the consumer needs. The price is the amount of money charged for the product or service, or the sum of all value which is provided by the consumer to obtain a benefit by owning or using product or service. The exact store atmosphere will bring an interesting feel, atmosphere, and aesthetics for consumers that affect in consumer behavior. The image of a food stall is the personality of a shop. The stall personality or image describes what consumers see and feel toward certain food stalls. This research was held in some food stalls located in Ketawanggede area which was carried out in August 2017. Respondents used in this research were students and have made a purchase at a food stall at least 2 times. The number of respondents taken in this research was 180 respondents who taken randomly at food stalls in Ketawanggede. This research viii was taken in 15 food stalls with different consumer amount level, 5 at crowded food stalls, 5 at the medium level of crowded, and 5 at quiet consumer food stalls. Data collection was done by distributing questionnaires to consumers.To analyze the data used software SPSS 23.0 and warpPLS 6.0. The result of the research showed that there was a significant and positive influence on the relationship of service quality, product quality, price, place atmosphere to customer satisfaction and consumer satisfaction to repurchase consumer. Beside that, this research also concluded that the image of the food stall can moderate significantly and positively to the relationship between customer satisfaction and repurchase.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2017/680/051712038
Uncontrolled Keywords: Citra, Kepuasan Konsumen, Pembelian Ulang, Warung Makan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 15 Jan 2018 03:52
Last Modified: 07 Dec 2020 06:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8022
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item