Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Olahan Ikan Di Rumah Makan “Cak Per” Jalan Soekarno-Hatta No. 07, Jatimulyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang Propinsi Jawa Timur

Rosikhoh, Wardatul Millatir (2017) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Olahan Ikan Di Rumah Makan “Cak Per” Jalan Soekarno-Hatta No. 07, Jatimulyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang Propinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara maritim dengan luas wilayah perairan tiga kali luas dari seluruh wilayah daratannya. Dengan demikian maka potensi perikanan di Indonesia sangat melimpah, maka dapat dikembangkan dalam usaha, khususnya pengolahan perikanan. Seiring dengan perkembangan zaman maka bisnis kuliner merupakan salah satu cabang bisnis yang sedang berkembang dalam bidang makanan, khususnya dipusat perkotaan. Salah satunya terletak pada Kota Malang, karena pada kota ini di anggap tempat yang sangat strategis dan memiliki jumlah penduduk yang cukup banyak yang meliputi banyaknya pelajar dan gaya hidup masyarakatnya yang praktis, semakin banyak jumlah penduduk kemungkinan untuk mendapatkan pangsa pasar semakin besar, maka dalam hal ini dapat meningkatkan perekonomian bagi pelaku usaha. Dengan waktu yang cukup singkat banyak bermunculan rumah makan yang menyajikan berbagai jenis produk olahan, salah satunya adalah Rumah Makan “Cak Per”. Maka peneliti berminat untuk melakukan penelitian mengenai analisis kepuasan konsumen, harapannya apabila konsumen puas, pemilik usaha dapat melakukan strategi persaingan dengan usaha yang sejenis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai profil Rumah Makan “Cak Per” Jalan Soekarno-Hatta, mengetahui karakteristik konsumen yang melakukan pembelian produk olahan ikan di Rumah Makan “Cak Per” Jalan Soekarno-Hatta, mengetahui pengaruh variabel-variabel yang terdiri dari kualitas produk, harga, tempat dan promosi terhadap kepuasan konsumen di Rumah Makan “Cak Per” Jalan Soekarno-Hatta, mengetahui variabel-variabel yang terdiri dari kualitas produk, harga, tempat dan promosi, variabel manakah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen yang melakukan pembelian produk olahan ikan di Rumah Makan “Cak Per” Jalan Soekarno-Hatta. Penelitian ini dilaksanakan dalam waktu 5 hari yaitu pada tanggal 16 sampai dengan 20 Juni 2017 pada Rumah Makan “Cak Per” Jalan Soekarno-Hatta No. 07, Jatimulyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang Propinsi Jawa Timur. Objek dalam penelitian ini adalah konsumen yang sedang melakukan pembelian produk olah di Rumah Makan “Cak Per”. Teknik analisis data yang digunakan adalah jenis penelitian analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Jenis dan sumber data menggunakan data primer dan sekunder dan sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi yang digunakan dalam kegiatan penelitian ini adalah konsumen atau pelanggan yang melakukan pembeli ikan di Rumah Makan “Cak Per” dengan menggunakan sampel 48 responden dengan menggunakan linier time function dan sedangkan untuk skala pengukuran menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan variabel bebas yang meliputi (kualitas produk, harga, tempat dan promosi), sedangkan variabel terikat yaitu (kepuasan konsumen). Rumah Makan “Cak Per” adalah salah satu tempat kuliner yang menyajikan berbagai jenis hidangan makanan. Usaha ini berdiri pada tanggal 28 April 2016, dan lokasi pertama kali didirikannya usaha ini berlokasi pada Jalan Kertoraharjo No. 88. Hanya dalam jangka waktu 1 (satu) tahun usaha ini telah memiliki 6 cabang dengan menerapkan sistem 24 jam. Fasilitas yang dimiliki oleh usaha ini meliputi tempat parkir, toilet, musholah, dan ruang makan yang terdiri dari tempat makan lesehan dan ruang makan yang menggunakan meja dan kursi. Karakteristik konsumen yang melakukan pembelian didominasi oleh konsumen yang bertempat tinggal di Malang dengan usia 17-25 tahun yaitu berjenis kelamin perempuan yang belum menikah. Pendidikan terakhir konsumen rata-rata SMA. Pekerjaan yang dimiliki konsumen terbanyak adalah yang dominasi oleh pelajar atau mahasiswa. Pendapatan konsumen sekitar Rp. 500.000,- sampai Rp. 2.100.000,-. Produk yang sering dikonsumsi dalam jangka waktu per minggu adalah ikan lele sedangkan produk yang dikonsumsi dalam jangka waktu perbulan terdiri dari ikan tongkol, bandeng dan tuna. Rata-rata konsumen melakukan pembelian sekitar 2 kali. Sumber informasi yang konsumen peroleh dari teman. Pertimbangan konsumen melakukan pembelian adalah harga. Berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa model yang telah lolos uji adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji statistika. Hasil model regresi linier berganda didapatkan persamaan Y = -1.395 a + 0,351 X1 + 0,317 X2 + 0,230 X3 + 0,419 X4 + e. Maka hasil dari semua variabel yang meliputi : kualitas produk, harga, tempat, dan promosi memiliki korelasi hubungan positif terhadap kepuasan konsumen. Uji koefisiean determinasi pada uji ini didapatkan nilai adjusted R2 sebesar 70,1 menunjukkan bahwa kemampuan variabel bebas (kualitas produk, harga, tempat dan promosi) dalam menjelaskan varians variabel terikat yaitu kepuasan konsumen sebesar 70,1%, sedangkan sisanya 29,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model. Hail uji F menyatakan bahwa hasil Fhitung sebesar 28,531 dengan tingkat signifikasi sebesar 0.000 dan Ftabel sebesar 2,59. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai Fhitung (28.531) lebih besar dari pada Ftabel (2.59) sehingga H0 ditolak. Hasil ini menunjukkan adanya pengaruh secara simultan atau bersama-sama variabel bebas yang meliputi (kualitas produk, harga, tempat dan promosi) terhadap variabel terikat yaitu (kepuasan konsumen). Hasil uji t, menunjukkan bahwa dari dari keempat variabel independen yang digunakan yaitu (kualitas produk, harga, tempat dan promosi) seluruhnya berpengaruh secara signifikan atau nyata terhadap kepuasan konsumen dengan asumsi veriabel lainnya konstan. Variabel yang dominan terhadap kepuasan konsumen adalah variabel kualitas produk, karena pada variabel tersebut memiliki nilai thitung yang lebih besar dibandingkan variabel harga, tempat dan promosi. Saran peneliti bagi pemilik usaha Rumah Makan “Cak Per” Jalan Soekarno-Hatta, diharapkan dapat meningkatkan kehigienisan produk, menyesuaikan harga dengan kualitas produk yang dimiliki, memperhatikan lagi dalam ketersediaan dan kebersihan toilet, serta meningkatkan promosi dengan menggunakan media elektronik agar konsumen datang kembali untuk melakukan pembelian ulang produk olahan yang dimiliki oleh Rumah Makan “Cak Per” Jalan Soekarno-Hatta. Sedangkan saran peneliti bagi lembaga akademis, diharapkan dapat dijadikan referensi sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya dan dapat menganalisis kepuasan konsumen terhadap produk olahan ikan di rumah makan atau restoran dengan menggunakan metode yang berbeda dari penelitian sebelumnya serta mencari variabel lain untuk penelitian lebih lanjut yang berhubungan dengan kepuasan konsumen.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2017/1042/051800108
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Jan 2018 07:17
Last Modified: 07 Dec 2020 06:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7901
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item