Ramadhan, Alfian Dimas (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Pajak Bumi Dan Bangunan Di Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Peran pemerintah untuk peningkatan sektor perekonomian dan kemakmuran masyarakat adalah dengan program otonomi daerah, yang salah satu bentuknya adalah pajak daerah. Dilihat dari berbagai macam jenis pajak daerah, terdapat pajak daerah yang memiliki potensi untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah adalah Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan-Perkotaan (PBB-P2). Untuk meningkatkan pendapatan PBB-P2 salah satu solusinya adalah dengan meningkatkan kepuasan wajib pajak PBB-P2. Wajib Pajak akan merasa puas jika kulalitas pelayanan ditingkatkan dan sosialisasi perpajakan lebih sering dilakukan petugas pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Wajib Pajak, pengaruh Sosialisasi Perpajakan terhadap Kepuasan Wajib Pajak, dan pengaruh secara bersama-sama Kualitas Pelayanan dan Sosialisasi Perpajakan terhadap Kepuasan Wajib Pajak. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Pemilihan sampel menggunakan Purposive Sampling. Berdasarkan teknik sampling tersebut didapatkan sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Wajib Pajak. Sosialisasi Perpajakan berpengaruh terhadap Kepuasan Wajib Pajak, dan secara bersama-sama Kualitas Pelayanan dan Sosialisasi Perpajakan berpengaruh terhadap Kepuasan Wajib Pajak. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa saran yang diajukan yaitu pada Kantor Pelayanan khususnya Pelayanan PBB-P2 di Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang dalam menerapkan kebijaksanaan untuk menitik beratkan pengamatan terhadap sosialisasi perpajakan dari para petugasnya. Dengan sosialisasi perpajakan yang semakin tinggi akan meningkatkan kepuasan dari Wajib Pajak, tanpa meninggalkan peningkatan kualitas pelayanan. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan untuk penelitian selanjutnya meneliti variabel-variabel bebas lainnya agar dapat mendeskripsikan fenomena kepuasan Wajib Pajak dengan lebih mendalam.
English Abstract
An effort that can be done by the government to escalate the economic sector and citizen prosperity is with the regional autonomy program, which in the form of local tax.Seen from various kinds of local tax, the one which has the potential to escalate the Local Originated Revenue is the Property Tax Rural and Urban Areas (Land & Building Tax). To escalate the income of Land & Building Tax, one of the solution is escalating the satisfaction of Land & Building Tax taxpayers. Taxpayers will be satisfied if the service quality is improved and taxation socialization is done more often by the tax officer. This research aims to find out the influence the service quality towards the taxpayers’satisfaction, the influence of taxation socialization towards the taxpayers’ satisfaction, and the influence of both the service quality and taxation socialization towards thetaxpayers’satisfaction. This research used quantitative method with explanatory approach. To elect the sample, the researcher used Purposive Sampling. According to that sampling technique, 100 respondents were obtained. To analyze the data, multiple linear regression analysis method was used in this research. The result of this research shows that service quality takes effect towards the taxpayers’ satisfaction, and both of service quality and taxation socialization also take effect towards the taxpayers’ satisfaction. Based on the result of the research, there are two suggestions to the Tax Office, especially Land & Building Tax Service in Malang Tax Office in applying the policy to emphasize the observation towards the taxation socialization from the officers. Higher taxation socialization will improve the taxpayers’ satisfaction, without leaving the improvement of service quality. For the next researcher, it is expected to analyze other free variables to describe the taxpayers’ satisfaction phenomenon more deeper.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/1147/051712265 |
Uncontrolled Keywords: | Pajak Daerah, PBB-P2, Kepuasan Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Sosialisasi Perpajakan |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 27 Dec 2017 06:37 |
Last Modified: | 06 Dec 2020 22:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7546 |
Actions (login required)
View Item |