Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Minuman Sari Apel Pada KSU Brosem Dengan Metode Potential Gain In Customer Value (PGCV)

Noviarini, Nurul (2017) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Minuman Sari Apel Pada KSU Brosem Dengan Metode Potential Gain In Customer Value (PGCV). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

KSU Brosem merupakan sebuah usaha kecil menengah yang memproduksi minuman sari apel. Usaha ini awalnya merupakan hasil ide dari sebuah perkumpulan PKK yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga yang berada di daerah sekitar. Penelitian ini berlatar belakang kepada upaya meningkatkan kualitas produk minuman sari apel terhadap kepuasan konsumen. Salah satu upaya untuk meningkatkan kepuasan konsumen adalah dengan mengetahui tingkat kualitas produk yang diberikan dilihat dari sudut pandang konsumen dan dengan melakukan perbaikan-perbaikan terhadap kondisi atribut produk yang dianggap belum memenuhi harapan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen berkaitan dengan kualitas produk KSU Brosem. Mengetahui hal ini diharapkan KSU Brosem dapat bersaing dengan para kompetitornya dengan mengambil langkah–langkah untuk meningkatkan kualitas produk. Metode yang digunakan untuk menganalisis tingkat kualitas atribut produk pada penelitian ini adalah metode indeks potential gain customer value (PGCV), yang mengukur tingkat kualitas pelayanan berdasarkan enam dimensi, yaitu untuk dimensi kinerja (performance) yakni atribut rasa; untuk dimensi ciri-ciri (feature) yakni variasi isi produk; daya tahan (durability) yakni masa kadaluarsa produk; serviceability yakni pelayanan dan ketersediaan produk; estetika yakni bentuk kemasan produk, informasi nilai gizi; kualitas yang dipersiapkan yakni harga produk. Penyebaran kuisioner dilakukan dengan memberikan kepada 72 responden yang sudah pernah membeli atau mengkonsumsi minuman sari apel Brosem. Pengambilan data dilakukan dengan menguji validitas dan reliabilitas instrumen dan menentukan responden dengan Linier Time Function. Data yang dihasilkan dengan menggunakan metode indeks Potential Gain In Customer Value (PGCV). Sedangkan dari hasil perhitungan index potential gain customer value dihasilkan variabel prioritas tertinggi untuk diperbaiki kinerjanya, yaitu: pelayanan (3,36), bentuk kemasan (3,61), kemudahan memperoleh produk (4,05), dan varian isi (4,4). Hasil perhitungan variabel yang harus dipertahankan kinerjanya yaitu: masa kadaluwarsa (1,22), informasi nilai gizi (2,16), harga (2,76) dan rasa (2,91).

English Abstract

KSU Brosem is a small to medium business producing apple cider drinks. This effort was originally the result of the idea of a PKK association consisting of housewives who were in the area. This research is background to efforts to improve the quality of apple cider products to consumer satisfaction. One effort to increase consumer satisfaction is to know the level of product quality given viewed from the point of view of consumers and by making improvements to the condition of product attributes that are considered not meet customer expectations. The purpose of this study is to determine the quality of products related to customer satisfaction KSU Brosem. By knowing this is expected KSU Brosem can compete with its competitors by taking steps to improve product quality. The method used to analyze the quality of product attributes in this research is the potential value customer gain index (PGCV) method, which measures the level of service quality based on six dimensions, namely for the performance dimension (ie the taste attribute); For the dimensions of the feature (feature) ie variation of product content; Durability (durability) ie expiration period of product; Serviceability ie service and product availability; Aesthetics ie the form of product packaging, nutritional value information; Quality is prepared ie the price of the product. The distribution of questionnaires was done by giving 72 respondents who had bought or consumed Brosem apple drink. Data collection is done by testing the validity and reliability of the instrument and determining the respondent with Linear Time Function. The data is generated using the Potential Gain In Customer Value (PGCV) index method. While the results of the calculation of index potential gain customer value generated the highest priority variables for improved performance, namely: service (3.36), packaging form (3.61), ease of obtaining product (4.05), and variant content (4.4 ). The results of the calculation of variables that must be maintained its performance are: expiration period (1.22), nutritional value information (2.16), price (2.76) and taste (2.91).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/775/051710992
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Dec 2017 02:24
Last Modified: 14 Oct 2020 05:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7457
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item