Pengaruh Promosi Dari Mulut Ke Mulut (Word Of Mouth)Terhadap Proses Keputusan Kunjungan Ke Agrowisata Petik Buah Jambu Kristal UD.Bumiaji Sejahtera Kota Batu, Jawa Timur

Silalahi, Nurlita Febriani (2017) Pengaruh Promosi Dari Mulut Ke Mulut (Word Of Mouth)Terhadap Proses Keputusan Kunjungan Ke Agrowisata Petik Buah Jambu Kristal UD.Bumiaji Sejahtera Kota Batu, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis unsur-unsur promosi dari mulut ke mulut (word of mouth) agrowisata petik buah jambu kristal UD. Bumiaji Sejahtera, proses keputusan kunjungan wisatawan ke agrowisata petik buah jambu kristal UD.Bumiaji Sejahtera, dan pengaruh promosi dari mulut ke mulut (word of mouth) terhadap proses keputusan kunjungan wisatawan ke agrowisata petik buah jambu kristal UD.Bumiaji Sejahtera, Kota Batu, Jawa Timur. Penelitian ini dilaksanakan di agrowisata petik buah jambu kristal UD. Bumiaji Sejahtera yang berlokasi di Dusun Banaran, Bumiaji, Kota Batu yang ditentukan menggunakan metode purposive. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey melalui penyebaran kuesioner kepada 125 responden yang merupakan wisatawan yang telah berkunjung ke agrowisata petik buah jambu kristal UD.Bumiaji Sejahtera. Pengambilan sampel dilakukan dengan pendekatan non probability sampling yakni metode convenience sampling. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Unsur-unsur promosi dari mulut ke mulut (word of mouth) pada agrowisata petik buah jambu kristal UD.Bumiaji Sejahtera yaitu: a) Pembawa Pesan (Talkers) didominasi oleh kolega/rekan kerja/ atau teman wisatawan; b)Topik (Topics) didominasi oleh pesan tentang keunggulan produk wisata yang ditawarkan oleh agrowisata tersebut; c) Media (Tools) yang digunakan wisatawan dalam mencari, menerima, dan bertukar informasi yaitu komunikasi secara langsung dan melalui media online yang didominasi oleh media online Whatsapp; d) Kegiatan Ambil Bagian (Taking Part) sudah dilakukan dengan baik dengan memberi respon dari setiap pertanyaan dan tanggapan wisatawan; e) Pengawasan dan Pengukuran (Tracking) belum terlaksana dengan maksimal ; 2) Proses keputusan kunjungan wisatawan dalam berkunjung ke agrowisata petik buah jambu kristal UD.Bumiaji Sejahtera meliputi: a) Pengenalan Kebutuhan yang didominasi oleh kebutuhan berlibur; b) Proses Pencarian Informasi didominasi oleh kolega/rekan kerja/ atau teman sebagai sumber informasi; c) Keputusan Kunjungan didominasi oleh keputusan berkunjung untuk berlibur; d) Perilaku Pasca Kunjungan yakni wisatawan sebagian besar merasa puas, bersedia merekomendasikan dan berkunjung kembali ; 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi proses keputusan kunjungan wisatawan pada agrowisata petik buah jambu kristal UD.Bumiaji Sejahtera adalah Pembawa Pesan (Talkers),Topik (Topics), Media (Tools), Kegiatan Ambil Bagian (Taking Part). Media (Tools) merupakan unsur promosi dari mulut ke mulut (Word ff Mouth) yang paling berpengaruh terhadap proses keputusan kunjungan ke agrowisata petik buah jambu kristal UD.Bumiaji Sejahtera. Pengawasan dan Pengukuran (Tracking) tidak berpengaruh terhadap proses keputusan kunjungan wisatawan. Unsur-unsur promosi dari mulut ke mulut (Word of Mouth) yakni pembawa Pesan (Talkers), Topik (Topics), Media (Tools), Kegiatan Ambil Bagian (Taking Part), Pengawasan dan Pengukuran (Tracking) secara stimultan juga berpengaruh terhadap proses keputusan kunjungan.

English Abstract

This research aimed to analyze the elements of word of mouth promotion at Crystal Guava UD.Bumiaji Sejahtera agrotourism, the tourists’ decision process for visiting to Crystal Guava UD.Bumiaji Sejahtera agrotourism, and the effect of word of mouth promotion on tourists’ decision process for visiting to Crystal Guava UD.Bumiaji Sejahtera agrotourism, Batu, East Java. This research was conducted from May to June 2017 at Crystal Guava UD.Bumiaji Sejahtera agrotourism in Banaran Village, Bumiaji, Batu. This research used the survey method through the distribution of questionnaires to 125 respondents that were tourists who has visited to UD. Bumiaji Sejahtera agrotourism. Sample was determined by non probability sampling approach (convenience sampling method). The data was analyzed by quantitative descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The result revealed that: 1) Word of mouth elements at UD.Bumiaji Sejahtera agrotourism are include a)Talkers which dominated by peers (colleague/friends); b) Topics which dominated by information about the superiority of tourism products offered by the agrotourism; c) Tools are direct communication and online media which dominated by Whatsapp; d) Taking Part already well implemented by UD.Bumiaji Sejahtera agrotourism; e) Tracking has not been well implemented; 2) The tourists decision process are include a) Needs Recognition which dominated by the desire for a vacation; b) Alternative Search for Information which dominated by peers (friends/colleague) as the message senders and the tourists are quite active to search information about UD.Bumiaji Sejahtera Agrotourism; c) Alternative Evaluation (most of the tourists through the alternative evaluation process); d) Purchase Decision which dominated by the decision to visit for vacation, e) Post Purchase Evaluation (most of the tourists are satisfied after visiting and they are willing to recommend the agrotourism as well as visiting again in the future); 3) The factors which effecting on tourists’ decision process for visiting to UD.Bumiaji Sejahtera are Talkers, Topics, Tools, Taking Part. Tools is the most influential word of mouth element to the tourists’ decision process. Tracking does not effect the tourists’ decision for visiting to UD. Bumiaji Sejahtera agrotourism. Word of mouth elements (talkers, topics, tools, taking part, tracking) simultanously effecting on the tourists’decision process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/920/051711493
Uncontrolled Keywords: Promosi, Promosi dari Mulut ke Mulut, Poses Keputusan, Agrowisata
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 21 Dec 2017 07:42
Last Modified: 02 Oct 2023 06:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7407
[thumbnail of NURLITA FEBRIANI SILALAHI.pdf] Text
NURLITA FEBRIANI SILALAHI.pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item