Analisis Dan Perancangan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Berbasis Web Pada CV. Kurnia Kitri Ayu Farm Malang

Mubarokiah, Latifah (2017) Analisis Dan Perancangan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Berbasis Web Pada CV. Kurnia Kitri Ayu Farm Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Semakin pesatnya perkembangan peranan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini yang sangat berpengaruh terhadap kemajuan bisnis, baik secara individual, instansi pemerintah, ataupun swasta. Perkembangan informasi mempunyai peranan yang sangat penting didalam suatu usaha untuk menciptakan kemajuan di semua bidang yang diperuntukan bagi kepentingan manusia pada umumnya. Sistem informasi juga merupakan salah satu bagian penting bagi perusahaan dalam meningkatkan produktifitas, baik dalam memperoleh informasi, mengolah, dan mengunakan informasi tersebut terutama untuk kepentingan intern perusahaan utamanya adalah pelayanan terhadap konsumen. Pelayanan yang bermutu tinggi berarti mampu memberikan keselarasan terhadap kebutuhan pelanggan, secara esensial, baik pelanggan kelas atas, menengah bahkan bawah sekalipun, hanya saja tingkatannya yang berbeda-beda. Untuk memberikan keselarasan terhadap kebutuhan pelanggan tersebut dibutuhkan Customer Relationship Management atau lebih dikenal dengan sebutan CRM. Perusahaan melalui CRM berusaha untuk menambah nilai pada kehidupan sehari-hari dari pelanggan dan sebagai imbalannya pelanggan akan memberikan kesetiaannya kepada perusahaan. Melalui CRM akan mendorong para pelanggannya untuk tetap loyal terhadap perusahaan. Seiring perkembangan teknologi yang semakin berkembang, penerapan CRM dikolaborasikan dengan teknologi informasi yang disebut dengan Electronic-Customer Relationship Management (e-CRM). CV. Kurnia Kitri Ayu Farm adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam budidaya sayuran organik daerah Malang. Masalah yang terjadi pada perusahaan ini adalah belum adanya media online sebagai penghubung antara konsumen dan perusahaan. Konsumen masih mengandalkan pertemuan langsung dan menggunakan media telefon serta media Short Message Service (SMS) dengan pihak perusahaan apabila terjadi adanya keluhan dan pemesanan. Perusahaan belum memiliki sarana media berbasis internet untuk mendapatkan calon konsumen dan upaya dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian terkait analisis dan perancangan Electronic-Customer Relationship Management (e- CRM) berbasis website pada CV Kurnia Kitri Ayu Farm Malang. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mengidentifikasi sistem Customer Relationship Management saat ini pada CV.Kurnia Kitri Ayu Farm. (2) Merancang sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) berbasis web pada CV.Kurnia Kitri Ayu Farm. (3) Mengetahui prosedur pelayanan melalui Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) yang diterapkan oleh CV. Kurnia Kitri Ayu Farm. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah menggunakan wawancara serta didukung oleh data sekunder seperti dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kebutuhan informasi bisnis yaitu metode Enterprise Architecture Planning (EAP). Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Sistem Customer Relationship Management (CRM) yang sedang berlangsung adalah proses bisnis yang berjalan secara keseluruhan masih manual, teknologi yang digunakan hanya menggunakan via telefon, pelanggan tidak mengetahui secara pasti waktu penyelesaian pesanan, upaya untuk mempertahankan dan mendapatkan pelanggan masih belum maksimal dimana calon pelanggan harus datang ke lokasi perusahaan apabila ingin memesan produk, pihak perusahaan hanya melakukan promosi dengan cara menemui langsung calon pelanggan, sehingga potensi untuk mendapatkan pelanggan dengan lokasi berbeda sangat sulit dilakukan. 2) Sistem Customer Relationship Management (CRM) berbasis website telah dirancang oleh peneliti untuk CV. Kurnia Kitri Ayu Farm Malang dengan metode Enterprise Architecture Planning. 3) Kegunaan fitur melalui Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) yang diterapkan oleh CV. Kurnia Kitri Ayu Farm antara lain, fitur menu HOME (halaman utama), menu halaman daftar (register), menu halaman contact us, menu halaman anggota (member/login), menu halaman produk, menu halaman kerangjang belanja (chart) dan menu halaman find us.

English Abstract

The more rapid development of the role of science and technology is a very influential towards the progress of business, both on an individual basis, government agencies, or private. Development of information has a very important role in an attempt to create progress in all fields that are intended for human interests in General. Information system is also one of the important parts for companies in improving productivity, both in obtaining information, process, and use the information mainly for the benefit of the intern of the company is consumer services. High-quality service means being able to give harmony to the needs of customers, are essential, both upscale customers, medium even under though, it's just a different level. To give it an alignment to the needs of the customers required Customer Relationship Management or better known as CRM. Company through CRM seeks to add value to the daily life of customers and in return will give the customer loyalty to the company. Through the CRM will encourage its customers to remain loyal to the company. As the development of technology that the CRM application of growing collaboration with information technology called Electronic-Customer Relationship Management (e- CRM). Kurnia's Kitri Ayu Farm is one of the companies engaged in the cultivation of the existence of the media as a liaison between the consumer and the company. Consumers still rely on direct meetings and use the medium of telephone and medium Short Message Service (SMS) with the company in case of complaints and reservations. consumers and efforts in maintaining customer loyalty. Based on these problems then related research needs to be done the analysis and design of Electronic- Customer Relationship Management (e-CRM) based website on Kurnia's Kitri Ayu Farm in Malang. The purpose of this research is: 1) Identify the current Customer Relationship Management system at CV.Kurnia Kitri Ayu Farm. (2) Designing a web-based Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) system at CV.Kurnia Kitri Ayu Farm. (3) Knowing the service procedure through Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) applied by CV. Kurnia Kitri Ayu Farm. The data collection method used is to use the interview as well as supported by secondary data such as documentation. The data obtained were analyzed using analysis of business information requirements i.e. method of Enterprise Architecture Planning (EAP).The results of this research are 1) the Customer Relationship Management (CRM) system is she whole business process is still manual, the technology used only via phone and SMS, the customer does not know the exact time of completion of the order, the effort to maintain and get the customer is still not maximal where the candidate customers must come to the company location if they want to order the product, the company only do promotion by way of directly meet prospective customers, so the potential to get customers with different locations is very difficult to do. 2) Customer Relationship Management System (CRM) based website has been designed by researchers for CV .Kurnia Kitri Ayu Farm Malang with Enterprise Architecture Planning method. 3) Utility features through Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) applied by CV. Kurnia Kitri Ayu Farm, among others, features HOME menu (main page), menu page list (register), page contact us menu, member page menu (member/login), product page menu, page shopping cart (page) menu and page find us menu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/901/051711118
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 19 Dec 2017 07:46
Last Modified: 16 Nov 2020 07:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7239
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item