Analisis Persepsi Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Teh Poci

Putra, Harun Pradikma (2017) Analisis Persepsi Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Teh Poci. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berkembangnya inovasi yang dilakukan para pesaing, membuat Teh cap Poci berusaha semaksimal mungkin agar dapat bertahan di pasar. Hal ini tidak lepas dari positioning produk tersebut pada konsumen melalui variasi rasa yang ditawarkan. Jika kepuasan konsumen telah dicapai, maka kecenderungan konsumen untuk melakukan pembelian ulang pun semakin besar dan hal ini akan berpengaruh pada kuantitas penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi konsumen terhadap produk teh Poci dan menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap teh Poci. Sehingga dari dua hal tersebut, permasalahan yang ada dapat terselesaikan dan diharapkan mampu meningkatkan keuntungan perusahaan. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Penentuan lokasi dilakukan secara purposive. Penentuan sample menggunakan accidental sampling yang merupakan teknik pengambilan sampel secara non-probability. Jumlah sampel yang diambil adalah 70 responden dengan menggunakan pendekatan Malhorta. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis persepsi, Importance-Peformance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian ini menunjukkan persepsi konsumen sudah baik disemua atribut kecuali pada atribut gaya hidup (K2). Hasil analisis kesenjangan antara kinerja produk dan harapan terdapat kesenjangan sebesar -0,92 yang artinya secara keseluruhan, kinerja produk teh Cap Poci hampir memenuhi harapan konsumen. Tingkat kesesuaian menunjukkan rata-rata sebesar 78,33 yang nilai tersebut termasuk dalam kategori baik. Skala kualitas produk yang dibagi menjadi kuadaran dalam diagram kartesius, menunjukkan perusahaan harus memperhatikan atribut pada kuadaran A yaitu atribut brand image (K1) dan kandungan bahan perasa berbahaya (C2). Sedangkan pada kuadran B atribut rasa (K5), harga (H1), kepraktisan (H2), kesegaran (H3), dan kandungan bahan pengawet (C1) kinerjanya dianggap sudah memuaskan. Untuk kuadran C, meski dianggap tidak penting oleh responden namun kinerjanya perlu diperhatikan adalah atribut gaya hidup (K2), manfaat (K3), varian rasa (F1), daya simpan (T1) dan warna kemasan (D2). Dan untuk kuadran D meski responden menilai kurang penting namun kinerja atribut aroma (K4) sangat memuaskan. Berdasarkan hasil yang didapat dari perhitungan metode CSI, didapat nilai sebesar 0,82 atau bisa dibaca 82%. Hasil tersebut mengartikan bahwa produk Teh Poci masuk dalam kriteria sangat puas. Secara keseluruhan, konsumen puas terhadap kinerja atribut-atribut kualitas produk Teh Poci. Hingga saat ini produk Teh Poci yang dijual di daerah penelitian telah berhasil memuaskan konsumennya sebesar 82%.

English Abstract

The increased innovation made by competitors, Cap Poci tea try as much as possible in order to survive in market. This is not separated from the position of these products to consumers through the variety of flavors offered. If customer satisfaction has been achieved, then the tendency of consumers to make repurchase even greater and this will impact on sales. The purpose of this study are to analyze consumer perceptions of tea products and analyze the level of consumer satisfaction of Cap Poci tea. So from the two things, the existing problems can be solved and is expected to increase corporate profits. This study uses primary and secondary data. Location determination was done purposively. Determination of the sample using accidental sampling which is a technique of sampling in a non-probability. The number of samples taken was 70 respondents using the Malhorta approach. The analysis method used is descriptive analysis, perception analysis, Importance-Peformance Analysis (IPA), and Customer Satisfaction Index (CSI). The results of this study indicate consumer perceptions are good in all attributes except on lifestyle attributes (K2). Result of gap analysis between product performance and expectation there is gap equal to -0,92 which mean overall, Cap Poci tea performance almost fulfill consumer expectation. The conformity rate shows an average of 78.33 which is included in either category. The quality scale of the product divided into consciousness in Cartesian diagram shows that the firm should pay attention to the attribute on the A's awareness of the brand image attribute (K1) and the content of hazardous substances (C2). While in quadrant B taste attribute (K5), price (H1), practicality (H2), freshness (H3), and preservative content (C1) performance is considered satisfy. For quadrant C, although not considered important by the respondent, the performance needs to be considered are lifestyle attributes (K2), benefits (K3), flavor variant (F1), shelf life (T1) and packaging color (D2). And for the D quadrant although the respondents rate less important but the performance of aroma attributes (K4) is very satisfy. Based on the results obtained from the calculation of CSI method, obtained value of 0.82 or can be read 82%. The results mean that Cap Poci tea products are included in the criteria are very satisfied. Overall, consumers are satisfied with the performance of product attributes of Tea Poci products. Until now Cap Poci tea sold in research areas have managed to satisfy consumers by 82%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/680/051710895
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 663 Beverage technology > 663.9 Nonalcoholic brewed beverages > 663.94 Tea
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 13 Dec 2017 02:42
Last Modified: 07 Dec 2021 07:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6934
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of Bagian Depan.pdf]
Preview
Text
Bagian Depan.pdf

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (548kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item