Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Citra Perusahaan dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 8 Surabaya Gubeng yang Menggunakan Kereta Eksekutif “Bangunkarta” Dengan Tujuan Surabaya Gubeng menuju Jakarta Gambir)

Abiyoso, - (2016) Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Citra Perusahaan dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 8 Surabaya Gubeng yang Menggunakan Kereta Eksekutif “Bangunkarta” Dengan Tujuan Surabaya Gubeng menuju Jakarta Gambir). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh kualitas layanan terhadap citra perusahaan; (2) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan; (3) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel kualitas pelayanan, variabel citra perusahaan, dan variabel loyalitas pelanggan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 138 orang responden yang menggunakan kereta api eksekutif Bangunkarta dengan tujuan perjalanan Surabaya Gubeng menuju Jakarta Gambir dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra perusahaan, kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, serta citra perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan PT KAI diharapkan meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan seperti perbaikan prosedur pembatalan tiket keberangkatan sehingga mampu mempertahankan citra perusahaan dalam pembentukan loyalitas pelanggan.

English Abstract

The purpose of this research: (1) to understand and explain the influence of the variable service quality on corporate image; (2) to understand and explain the influence of the variable service quality on customer loyalty; (3) to understand and explain the influence of the variable corporate image on customer loyalty. This type of research is explanatory research with a quantitative approach. Variable that use in this research are variable service quality, variable corporate image, and variable customer loyalty. The sample in this research as much as 138 respondents who use the executive train Bangunkarta from Surabaya Gubeng to Jakarta Gambir by using purposive sampling technique. Data collection methods used in this research is to disseminate the questionnaire. The analysis of the data used is descriptive analysis and path analysis. The research results showed that the variables of service quality has a positive and significant effect on corporate image, service quality has a positive and significant effect on customer loyalty, and corporate image has a positive and significant effect on customer loyalty. Based on this research, PT KAI should improve their service quality provided to customer such as improving a better ticket cancellation procedure to maintain the corporate image in order to create customer loyalty.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1290/051711724
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Citra Perusahaan, Loyalitas Pelanggan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Dec 2017 01:19
Last Modified: 24 Oct 2021 09:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6901
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item