Analisis Willingness To Pay Pengunjung Terhadap Paket Wisata Di Wisata Alam Coban Talun Kota Batu

Nurhasanah, Hurin (2017) Analisis Willingness To Pay Pengunjung Terhadap Paket Wisata Di Wisata Alam Coban Talun Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu kawasan wisata alam di Kota Batu dengan potensi sumberdaya alam yang melimpah adalah Wisata Alam Coban Talun. Coban Talun termasuk ke dalam beberapa sektor unggulan di Kota Batu namun masih kurang diminati dan pengunjungnya lebih sedikit dibanding lokasi wisata lain yang ada di Kota Batu. Melalui Perum Perhutani KPH Malang, diadakan berbagai pengembangan agar lokasi wisata ini lebih menarik dan diminati oleh masyarakat. Pengembangan yang dilakukan merujuk pada teori strategi pengembangan pariwisata Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata yang tidak mengabaikan pengelolaan lingkungan. Hal tersebut diimplementasikan dengan pembuatan paket wisata dengan konten wahana-wahana yang bersifat lingkungan dan wisata edukasi. Untuk itu digunakan pendekatan valuasi kontingensi atau Contingent Valuation Method (CVM) untuk mengetahui nilai jasa lingkungan yang dimiliki lokasi wisata melalui analisis kesediaan membayar atau Willingness to Pay (WTP) pengunjung terhadap paket wisata di Wisata Alam Coban Talun. Dari nilai WTP pengunjung diharapkan akan diperoleh nilai jasa lingkungan atas keberadaan paket wisata berbasis alam tersebut. Selain itu, juga digunakan analisis Linear Probability Model (LPM) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi nilai WTP pengunjung. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai WTP pengunjung adalah Rp 30.000. Selain itu, dapat diketahui bahwa faktor pendidikan, pendapatan, dan frekuensi kunjungan berpengaruh secara nyata terhadap nilai WTP pengunjung. Sedangkan faktor usia dan jenis kelamin tidak berpengaruh secara nyata terhadap nilai WTP pengunjung. Pada nantinya, nilai jasa lingkungan yang dihasilkan dapat dijadikan acuan untuk perencanaan dan kebijakan pengelola Wisata Alam Coban Talun dalam pengembangan paket wisata.

English Abstract

One of the natural tourism areas in Batu City with abundant natural resource potential is Wisata Alam Coban Talun. This tourism area is one of nature-based forest attractions that are still filled with natural vegetation. Coban Talun is one of the leading sectors in Batu City but still less desirable and fewer visitors than the existing tourist sites in Batu. Through Perum Perhutani KPH Malang, various developments are held to make this tourist location more attractive and sought by the community. Development carried out refers to the theory of tourism development strategy of the Ministry of Culture and Tourism which does not neglect environmental management. It is implemented with the manufacture of tour packages with the contents of the rides that are environment and education tourism. For that purpose, a Contingent Valuation Method (CVM) approach is used to determine the value of environmental services owned by tourist sites through willingness of tourist to pay (WTP) analysis to the tourism package at Wisata Alam Coban Talun. From the WTP value of tourists are expected to obtain the value of environmental services for the existence of natural-based tourism packages. In addition, also used Linear Probability Model (LPM) analysis to determine the factors that affect the value of WTP of tourists. From the result of research indicate that tourist’s WTP value is Rp 30.000. In addition, it can be seen that the factors of education, income, and frequency of visits significantly affect the value of tourist’s WTP. While the factors of age and gender did not significantly affect the value of tourist’s WTP. In the future, the value of environmental services generated can be used as a reference for planning and management policy for Wisata Alam Coban Talun in the development of tour packages.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/639/051710855
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 11 Dec 2017 01:53
Last Modified: 24 Oct 2020 12:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6739
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item