Studi Pengaruh Film The Billionaire Terhadap Pembelian Produk Tao Kae Noi (Pada Mahasiswa Agrobisnis Perikanan angkatan 2014- 2016)

Bahari, Surya Putra (2017) Studi Pengaruh Film The Billionaire Terhadap Pembelian Produk Tao Kae Noi (Pada Mahasiswa Agrobisnis Perikanan angkatan 2014- 2016). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan usaha yang semakin ketat dalam bidang ekonomi dan perdagangan saat ini mengharuskan perusahaan ataupun produsen untuk semakin pandai dalam mengatur strategi pemasaran yang efektif agar produk yang mereka tawarkan dapat diterima oleh pasaran. Dalam melakukan periklanan promosi, beberapa produsen memiliki banyak media yang dapat digunakan. Contohnya seperti, radio, televisi, film, dan surat kabar. Demikian juga film berjudul The Billionaire yang dirilis 20 Oktober 2011 ini. The Billionaire, film biografi yang di garap oleh sutradara papan atas Thailand Somboonsuk Niyomsiri yang juga diambil dari pengalaman kisah nyata Top Aitthipat Kulapongvanich dalam membangun usaha berupa perusahaan yang memproduksi makanan ringan yang berbahan dasar rumput laut “Tao Kae Noi” sejak ia masih remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis efektifitas metode iklan melalui film dalam menarik konsumen, apakah pesan yang ingin disampaikan produsen sampai kepada konsumen, pengaruh iklan pada keputusan konsumen dalam pembelian produk, dan iklan yang efektif yang diinginkan konsumen. Tempat penelitian dilakukan di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan eksperimen sosial dengan mengajak responden menyaksikan film “The Billionaire” bersama, agar data yang didapatkan lebih akurat. Setelah itu responden akan diberikan pre-test dan pos-test yang akan harus diisi untuk mengetahui hasil dari eksperimen yang sudah dilakukan. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa metode iklan tersebut efektif , pesan yang disampaikan sampai kepada konsumen, iklan mempengaruhi keputusan konsumen, dan mengerti iklan efektif yang diinginkan konsumen.

English Abstract

The increasingly tight business competition in the economic and trade is currently requires that the company or the manufacturer for more skillful in managing effective marketing strategy so that the products they offer can be accepted by the market. In doing advertising promotion, some producers have many media that can be used. For example like, radio, television, film and newspapers. So also the film entitled The Billionaire released October 20 2011. The Billionaire, film biography in paints by Director of Thailand Somboonsuk Niyomsiri board is also taken from the experience of real story Top Aitthipat Kulapongvanich in building your business in the form of companies that produce light foods made of sea grass "Tao Kae Noi" since he teenagers. The purpose of this research is to know and analyze the effectiveness of advertising methods through the film in attracting consumers, whether the message that you want to delivered producer to consumers, the influence of advertising on consumer decision in purchasing the products, and advertising that the desired effective consumers. The research was done at the Faculty of Fisheries and Marine Sciences Brawijaya University. In this research, researchers using social experiments with invites respondents watching movies "The Billionaire" together, so that the data obtained more accurate. After that the respondents will be given the pre-test and posttest which will be charged to know the results of the experiments that have been done. From this research can be known that the advertising method is effective, the message delivered to the consumers, advertising affect consumer and understand the desired effective advertising consumers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2017/445/051706534
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, product placement, film, eksperimen sosial
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Dec 2017 02:27
Last Modified: 07 Oct 2020 05:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6342
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item