Pengaruh Dimensi Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Kopituang Malang

Fauzi, Muhammad (2017) Pengaruh Dimensi Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Kopituang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dengan banyaknya pasar yang ada, membuat berbagai coffee shop (kedai kopi) berlomba menawarkan berbagai sajian kopi yang berbeda untuk menarik minat konsumen untuk mampir menikmati secangkir kopi yang disajikan. Salah satu konsep yang ditawarkan untuk menarik minat konsumen ialah metode seduh manual brew atau metode seduh sederhana. Metode ini merupakan metode yang masih jarang dipakai oleh berbagai coffee shop (kedai kopi) di Malang namun sudah di aplikasikan di Kopituang sebagai metode saji untuk kopi yang ditawarkan. Kopituang merupakan salah satu kedai kopi yang menawarkan konsep manual brew atau seduh sederhana dengan varian kopi nusantara di Malang. Konsep ini memberikan kesan yang unik kepada konsumen karena proses penyeduhan kopi dapat dilihat langsung sehingga terjadi interaksi ketika seduh kopi dilakukan. Kopituang juga menggambarkan kepada konsumen bahwa untuk menikmati secangkir kopi yang enak tidak selalu harus bayar mahal. Kopituang menerapkan teori Relationship Marketing dalam menjalankan bisnisnya, yaitu dengan membangun dan menjaga hubungan antara pelanggan dan pihak-pihak lain agar dapat memperoleh manfaat, sehingga tujuan dari masingmasing pihak dapat tercapai dan pengunjung akan melakukan pembelian ulang di Kopituang atau disebut loyalitas pelanggan. Menggunakan teori relationship marketing kita dapat lebih dekat dengan konsumen dengan membangun dan memahami perilaku dari konsumen. Teori ini melihat kepercayaan, komitmen, komunikasi dan penanganan masalah sebagai variabel untuk mengukur sejauh mana loyalitas dari pelanggan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas relationship marketing yaitu kepercayaan (X1), komitmen (X2), komunikasi (X3), dan penanganan masalah (X4) terhadap loyalitas pelanggan (Y) Kopituang sebagai variabel terikat secara simultan. penelitian ini juga terbukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas relationship marketing yaitu kepercayaan (X1), dan komunikasi (X3) terhadap loyalitas pelanggan (Y) Kopituang sebagai variabel terikat secara parsial sedangkan variabel komitmen (X2), dan penanganan masalah (X4) sebagai variabel bebas tidak memberikan pengaruh terhadap loyalitas pelanggan (Y) Kopituang sebagai variabel terikat secara parsial. Hasil yang didapat dari penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik untuk melihat pengaruh dari setiap variabel terhadap loyalitas baik secara parsial maupun simultan.

English Abstract

With the many markets available, making various coffee shops compete to offer a variety of different coffee dishes to attract consumers to stop by to enjoy a cup of coffee served. One concept that is offered to attract consumers is the method of brew manual brew or simple brew method. This method is a method that is still rarely used by many coffee shops in Malang but has been applied in Kopituang as a serving method for coffee offered. Kopituang is one coffee shop that offers the concept of manual brew or simple seduh with coffee variants in Kopituang Malang. This concept gives a unique impression to the consumer because the process of brewing coffee can be seen directly so that the interaction occurs when coffee is done. Kopituang also describes to the consumer that to enjoy a nice cup of coffee does not always have to pay expensive. Kopituang apply Relationship Marketing theory in running the business, that is by building and maintaining relationships between customers and other parties in order to obtain benefits, so the goals of each party can be achieved and visitors will make a repurchase in Kopituang or called customer loyalty. With relationship marketing theory we can get closer to consumers by building and understanding the behavior of consumers. This theory sees trust, commitment, communication and problem-solving as a variable to measure the extent of customer loyalty. The result of This research is shows that there is a significant influence between relationship free relationship variable that is trust (X1), commitment (X2), communication (X3), and problem handling (X4) to customer loyalty (Y) Kopituang as dependent variable simultaneously. This research also proved that there are significant influence between relationship free relationship variable that is trust (X1), and communication (X3) to customer loyalty (Y) Kopituang as partially bound variable while commitment variable (X2), and problem handling (X4 ) As independent variable does not give influence to customer loyalty (Y) Kopituang as variable tied partially. The results obtained from this study using the classical assumption test to see the effect of each variable on loyalty either partially or simultaneously.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/689/051710904
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 04 Dec 2017 02:12
Last Modified: 05 Oct 2020 11:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6340
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item