Cahyani, Kartika Dwi (2017) Pengaruh Penerapan Experiential Marketing Terhadap Loyalitas (Survei Pada Pelanggan Kober Mie Setan, Soekarno Hatta, Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan menguji dan menjelaskan pengaruh secara simultan (bersama-sama) dan parsial Experiential Marketing terhadap Loyalitas pada Pelanggan Kober Mie Setan, Soekarno Hatta, Kota Malang. Variabel independen pada penelitian ini ialah Panca Indera (X1), Perasaan (X2), Pikiran (X3), Tindakan (X4), dan Hubungan (X5). Variabel dependen pada penelitian ini ialah Loyalitas Pelanggan (Y). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel 115 orang Pelanggan Kober Mie Setan, Soekarno Hatta, Kota Malang. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Panca Indera (X1), Perasaan (X2), Pikiran (X3), Tindakan (X4), dan Hubungan (X5) berpengaruh signifikan secara simultan (bersama-sama) terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) yang dapat dilihat dari nilai sig. F (0,000) < sig. α (0,05) dan nilai Adjusted R Square sebesar 0,540 atau 54%. Hal ini menunjukkan bahwa Experiential Marketing yang terdiri dari variabel Panca Indera (X1), Perasaan (X2), Pikiran (X3), Tindakan (X4), dan Hubungan (X5) sebesar 54% dapat mempengaruhi Loyalitas Pelanggan (Y). Secara parsial, Panca Indera (X1) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) dengan nilai sig. t (0,038) < sig. α (0,05), Perasaan (X2) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) dengan nilai sig. t (0,024) < sig. α (0,05), Pikiran (X3) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) dengan nilai sig. t (0,026) < sig. α (0,05), Tindakan (X4) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) dengan nilai sig. t (0,042) < sig. α (0,05), dan Hubungan (X5) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) dengan nilai sig. t (0,035) < sig. α (0.05).
English Abstract
This research aims to test and explain the influence of Experiential Marketing on Loyalty simultaneously and partially on Customers of Kober Mie Setan, Soekarno Hatta, Malang. Independent variables in this research are Sense (X1), Feel (X2), Think (X3), Act (X4), and Relate (X5). Dependent variable in this research is Customer Loyalty (Y). This type of research used explanatory research with a quantitative approach. The sampling technique used purposive sampling with a sample of 115 customers of Kober Mie Setan, Soekarno Hatta, Malang. Data collection methods used questionnaire and interview. Data analysis techniques used in this research are descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis by using multiple linear regression analysis. The results of this research indicate that Sense (X1), Feel (X2), Think (X3), Act (X4), and Relate (X5) are simultaneously have a significant effect on Customer Loyalty (Y) which can be seen from the significance value F (0,000) < α (0,05) and Adjusted R Square value is 0,540 or 54%. This means that 54% of Experiential Marketing consisting of Sense (X1), Feel (X2), Think (X3), Act (X4), and Relate (X5) can affect Customer Loyalty (Y). Partially, Sense (X1) significantly influential on Customer Loyalty (Y) with a significance value t (0,038) < α (0,05), Feel (X2) significantly influential on Customer Loyalty (Y) with a significance value t (0,024) < α (0,05), Think (X3) significantly influential on Customer Loyalty (Y) with a significance value t (0,026) < sig. α (0,05), Act (X4) significantly influential on Customer Loyalty (Y) with a significance value t (0,042) < α (0,05), and Relate (X5) significantly influential on Customer Loyalty (Y) with a significance value t (0,035) < α (0.05).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/514/051706815 |
Uncontrolled Keywords: | Experiential Marketing, Panca Indera, Perasaan, Pikiran, Tindakan , Hubungan, Loyalitas, dan Loyalitas Pelanggan. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 30 Nov 2017 03:09 |
Last Modified: | 14 Oct 2020 08:00 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6269 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |