Pelaksanaan Inovasi Pelayanan Publik HoT (Hospital on Tablet) (Studi Pada Rumah Sakit Paru Kecamatan Patrang Kabupaten Jember).

Shandy, Mega Kaloka (2017) Pelaksanaan Inovasi Pelayanan Publik HoT (Hospital on Tablet) (Studi Pada Rumah Sakit Paru Kecamatan Patrang Kabupaten Jember). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumah Sakit Paru Jember adalah salah satu Rumah Sakit di Indonesia yang menerapkan sistem manajemen berbasis teknologi. Adanya sistem HoT (Hospital on Tablet) akuntabilitas, pendapatan, dan kualitas pelayanan meningkat pesat. Rumah Sakit Paru Jember awalnya menggunakan SIMRS yang kemudian diganti dengan adanya HoT (Hospital on Tablet). SIMRS dirasa tidak efektif dan efisien karena banyak menggunakan kertas. Adanya HoT merupakan suatu inovasi dari pelaksanaan pelayanan publik yang di terapkan di Rumah Sakit Paru Jember. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini berada di Kabupaten Jember. Fokus dari penelitian ini yaitu, 1) pelaksanaan inovasi pelayanan publik hot (hospital on tablet) di Rumah Sakit Paru Jember Kecamatan Patrang Kabupaten Jember, 2) faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan inovasi pelayanan publik HoT (Hospital on Tablet). Analisis data yang digunakan adalah model interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana dengan tahapan koleksi data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, pelaksanaan inovasi pelayanan publik HoT sudah berjalan dengan baik. Hal tersebut ditunjukkan oleh pembinaan, pelatihan, dan penjaminan pendanaan yang difasilitasi oleh pihak Rumah Sakit Paru Jember dan berhasil menjadi Rumah Sakit yang mampu menerapkan aplikasi menggunakan tablet. Penerapan HoT (Hospital on Tablet) sangat memberikan kepuasan bagi pasien dalam bidang pelayanan publik. Pelayanan yang diberikan dengan adanya HoT juga sangat membantu pegawai dalam pengisian data pasien. Hasil implementasi dari pelaksanaan inovasi tersebut juga tidak lepas dari faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan inovasi pelayanan publik HoT di Kabupaten Jember.

English Abstract

Hospital Pulmonary Jember is one of the hospitals in Indonesia who implement technology-based management system. The existence of a system of HoT (Hospital on tablets) accountability, service quality, and income is increasing rapidly. Hospital Pulmonary Jember initially used SIMRS which was later replaced by the presence of HoT (Hospital on tablets). SIMRS proved ineffective and inefficient because many use paper. The presence of HoT is an innovation of the public service in the implementation of the apply in the Hospital of pulmonary Jember. This research uses descriptive qualitative approach method. The location of this research in the Regency of Jember. The focus of this study, namely, 1) implementation of public service innovation hot (hospital on tablets) in the Hospital of pulmonary Patrang subdistrict of Jember Regency of Jember, 2) factor endowments and a barrier to the implementation of public service innovation HoT (Hospital on tablets). The analysis of the data used is an interactive model of Huberman and Miles, with data collection stages Saldana, condensation of the data, the presentation of the data, the withdrawal of the conclusion. The results showed, the implementation of public service innovation HoT is already well underway. This is shown by the coaching, training, and guaranteeing funding facilitated by the Hospital of pulmonary Jember and Hospitals that are able to implement applications using tablets. The application of HoT (Hospital on tablets) gave satisfaction to the patient in the field of public service. Services provided by the existing HoT employee is also very helpful in filling the patient's data. The results of the implementation of the implementation of these innovations are also not separated from factor endowments and a barrier to the implementation of public service innovation HoT in Jember.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/659/051708274
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Inovasi, Pelayanan Publik, Hospital on Tablet
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Nov 2017 03:13
Last Modified: 19 Apr 2022 01:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6179
[thumbnail of MEGA KALOKA SHANDY.pdf] Text
MEGA KALOKA SHANDY.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item