Analisis Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Kopi Coffee Toffee (Studi Kasus di Outlet Coffee Toffee Cabang Malang)

Aprilyanto, Aldo (2017) Analisis Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Kopi Coffee Toffee (Studi Kasus di Outlet Coffee Toffee Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Trend minum kopi yang telah menjadi gaya hidup masyarakat membuat perkembagan bisnis coffee shop di Indonesia saat ini menunjukkan peningkatan yang sangat pesat, perusahaan-perusahaan dari dalam dan luar negeri yang membuka gerainya di beberapa kota besar di Indonesia harus berlomba untuk menciptakan kualitas produk (kopi) dan inovasi produk mereka agar dapat bersaing dengan perusahaan atau produsen lain. Situasi ini merupakan peluang bagi pengusaha untuk menghasilkan produk sejenis namun dengan merek maupun keunggulan yang berbeda. brand image atau citra merek adalah salah satu unsur penting yang membuat konsumen memutuskan untuk melakukan pembelian. Semakin baik citra merek maka konsumen akan semakin tertarik melakukan pembelian, karena konsumen beranggapan suatu produk dengan citra merek yang sudah terpercaya lebih memberikan rasa nyaman ketika konsumen akan membeli produk yang akan digunakan atau dikonsumsi. Salah satu coffee shop lokal yang memiliki brand image cukup terkenal adalah Coffe Toffee, sebagai salah satu produsen minuman kopi Coffee Toffee harus memiliki strategi pemasaran yang baik agar dapat bersaing dengan produk sejenis yang beredar di pasaran. Maka dari itu dilakukan penelitian mengenai analisis brand image terhadap keputusan pembelian minuman kopi di Coffee Toffee, penelitian ini dilaksanakan di outlet Coffee Toffee cabang Malang. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis dan mengetahui besarnya pengaruh brand image yang terdiri atas variabel citra produk, citra pemakai dan citra pembuat terhadap keputusan pembelian minuman kopi Coffee Toffee. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis faktor dan analisis regresi logistik. Analisis faktor digunakan untuk mengkelompokkan sejumlah indikator menjadi faktor utama yang lebih sederhana, dari hasil analisis faktor didapat 3 faktor utama yang yaitu variabel citra pembuat, citra pemakai dan citra produk. Selanjutnya, skor faktor yang dihasilkan dari analisis faktor digunakan sebagai input dalam analisis regresi logistik untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil analisis variabel-variabel brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 32,4%. Faktor 1 (produk image) memiliki nilai signifikan 0,953 > dari0,05 berarti product image tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, faktor 2 (user image) memiliki hasil signifikan sebesar 0.022 kurang dari 0,05 maka terdapat pengaruh antara user image terhadap keputusan pembelian sebesar 0,926. Sedangkan faktor 3 (corporate image) memiliki hasil signifikan sebesar 0,02 dan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 1,016.

English Abstract

The trend of drinking coffee which has been became a society lifestyle makes coffee shop business development in Indonesia nowadays increasing rapidly. Both domestic and overseas companies which has open their outlets in several big cities in Indonesia should compete each other to create quality coffee products and innovate their product in order to competethe other companies or producers. This situation is an opportunity for the entrepreneurs to create the similar producta with different brand, and even different excellence. Brand Image is an important element which motivate the customer to do the buying action. The better brand image will means that the customers will be more interested to buy the product, because the customers have perception that a credible brand image of a product is more comforting while going to buy the products. One of some local coffee shops which has a quiet well-known brand image is Coffee Toffee, as one of coffee beverages producer it has to has good marketing strategy in order to compete the similar products which is spread in the market. Therefore, the research about Brand Image Analysis to Buying Decision (Case Study in the Branch Outlet of Coffee Toffee, Malang). Purpose of the research is to analyze and measure brand image effect wich contains of product image, customer image, and maker image to buying decision of coffee beverages in Coffee Toffee. Analysis methods used are factors analysis and logostic regretion analysis. factors analysis was used to group entire indicators into simpler main factor, from the analysis result there are 3 main factors which consist of corporate image variable, customer image, and product image. Then, score of the factors which is earned from factor analysis is used as input in logistic regretion analysis to measure the effect of brand image to buying decision. Based on variables analysis, showed that brand image affect the buying decision as much as 32,4%. Factor 1 (product image) has significant value as much as 0,953 > 0,05 wich means that the product image does not affect the buying decision, factor 2 (user image) has significant value as much as 0,022 < 0,05 so it affect the buying decision as much as 0,926. Meanwhile the factor 3 (corporate image) has significant value as much as 0,02 and affect the buying decision as much as 1,016.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/537/051710724
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 29 Nov 2017 02:21
Last Modified: 05 Oct 2020 07:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6163
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item