Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Warung Lesehan Dan Kolam Pancing Pak Gufron Jalan Raya Dlanggu Mojokerto Jawa Timur

Hidayati, Yuli Rahma (2017) Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Warung Lesehan Dan Kolam Pancing Pak Gufron Jalan Raya Dlanggu Mojokerto Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap manusia memiliki kebutuhan hidup masing-masing. Makanan dan minuman merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh setiap manusia. Warung Lesehan dan Kolam Pancing Pak Gufron merupakan salah satu bisnis yang bergerak dibidang kuliner berbasis perikanan. Persaingan dari usaha kuliner akhir-akhir ini sangat ketat. Banyaknya restoran yang bermunculan dan rumah makan baru yang masing-masing berlomba memperlihatkan keunggulan masakan atau produknya serta pelayanannya. Mengingat banyaknya persaingan antar bisnis kuliner di Mojokerto, maka sangat diperlukan analisis untuk mengetahui seberapa besar loyalitas atau kesetiaan konsumen terhadap rumah makan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1. Menganalisis pengaruh secara simultan antara variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen. 2. Menganalisis pengaruh secara parsial antara varaiabel kualitas produk terhadap loyalitas konsumen 3. Menganalisis pengaruh secara parsial antara variabel kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen. 4. Menganalisis variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan yang berpengaruh dominan terhadap loyalilitas konsumen pada Warung Lesehan dan Kolam Pancing Pak Gufron. Metode penilitan yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara kebetulan (accidentally sampling) dan jumlah sampel yang diambil menggunakan rumus perhitungan Linier Time Function dan didapat jumlah responden sebesar 64 orang. Skala pengukuran yang digunakan adalah Skala Ordinal. Pada penelitian ini variabel yang ditelititerbagi menjadi variable bebas dan variable terikat. Variable bebas meliputi kualitas produk (X1) yang diukur dengan instrumen penelitian meliputi: performa/kinerja (performance), fitur (features), kehandalan (reability), konformasi (conformance), daya tahan (durability), kemampuan melayani (serviceacebility), estetika (aesthetics) dan Kualitas yang dipersepsikan (perceived quality). Dan kualitas pelayanan (X2) dengan instrumen penelitian antara lain: bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty). Untuk variabel terikat (Y) pada penelitian ini adalah loyalitas konsumen. Dalam penelitian ini analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskesdastisitas, multikolinieritas dan uji autokorelasi), regresi berganda, uji statistik (uji f simultan, uji t parsial, koefisien determinasi (R2)) dan uji dominan. Berdasarkan uji asumsi klasik tidak didapati masalah artinya model estimasi telah memenuhi uji normalitas, uji multikoinieritas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas. Berdasarkan uji regresi berganda didapatkan model Y = 0,417 + 0,327X1 + 0,549X2 + e berdasarkan model regresi tersebut dapat diartikan bahwa kualitas produk (X1) dan kualitas pelayanan (X2) mempunyai hubungan yang searah dengan loyalitas konsumen (Y). Untuk hasil uji statistik didapatkan nilai koefisien determinasi berdasarkan angka Adjusted R sebesar 0,479 atau (47,8%). Hal ini menunjukkan bahwa prosentase sumbangan pengaruh variabel independen kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap variabel dependen loyalitas konsumen sebesar 47,8%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Pada uji t didapatkan hasil bahwa variabel kualitas produk (X1) dan kualitas pelayanan (X2) berpengaruh nyata secara parsial atau sendiri-sendiri terhadap loyalitas konsumen (Y). Untuk uji f didapatkan hasil bahwa adanya pengaruh secara simultan atau bersama-sama dan signifikan variabel bebas (kualitas produk dan pelayanan) terhadap loyalitas konsumen. Untuk uji dominan didapatkan hasil bahwa faktor yang paling dominan terhadap loyalitas konsumen (Y) adalah kualitas pelayanan (X2) karena memiliki nilai SE paling tinggi sebesar 27,50%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan kualitas pelayanan merupakan variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap loyalitas konsumen pada rumah makan ini. Bagi pihak rumah makan, berdasarkan hasil penelitian faktor yang mempengaruhi secara dominan yaitu kualitas pelayanan, sehingga pihak dari rumah makan perlu mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan baik dari bukti fisik atau fasilitas untuk mempertahankan loyalitas konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2017/328/051705577
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 25 Jul 2017 06:55
Last Modified: 16 Nov 2020 13:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/582
[thumbnail of Yuli Rahma Hidayati.pdf]
Preview
Text
Yuli Rahma Hidayati.pdf

Download (855kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item