Irkhamni, Deby Anggraini (2017) Pengaruh Penerapan Green Marketing Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Treatment Naavagreen Natural Skin Care Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Green Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan (2) pengaruh Green Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan; dan (3) pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research (penelitian penjelasan) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi Green Marketing, Kepuasan Pelanggan, dan Loyalitas Pelanggaan. Populasi penelitian ini adalah seluruh pelanggan treatment Naavagreen Natural Skin Care Cabang Malang yang pernah melakukan treatment di sebanyak dua kali atau lebih dan telah dewasa (18 tahun). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 118 responden yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis jalur (path analysis) menunjukkan bahwa Green Marketing (X) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Z) dan Loyalitas Pelanggan (Y), Kepuasan Pelanggan (Z) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y). berdasarkan hasil penelitian ini sebaiknya PT Sahabat Naavagreen Indonesia dapat memberikan informasi yang lebih detail mengenai produk yang ditawarkan sehingga dapat meningkatkan pengetahuan pelanggan mengenai produk yang aman untuk digunakan dan ramah lingkungan, PT Sahabat Naavagreen Indonesia dapat mempertahankan dan meningkatkan strategi Green Marketing yang telah diterapkan agar lebih kreatif dan inovatif, PT Sahabat Naavagreen Indonesia dapat mempertimbangkan untuk lebih meningkatkan proses ramah lingkungan yang lebih kreatif untuk mengenalkan bahwa produk yang ditawarkan oleh Naavagreen merupakan produk yang ramah lingkungan.
English Abstract
This research aims to determine: (1) the influence of Green Marketing to Customer Satisfaction (2) the influence of Green Marketing to Customer Loyalty; And (3) the influence of Customer Satisfaction to Customer Loyalty. This type of research is explanatory research (explanatory research) with quantitative approach. Variables in this research are Green Marketing, Customer Satisfaction, and Customer Loyalty. Population in this research are customer of treatment Naavagreen Natural Skin Care Malang Branch who had done treatment in as many as two times or more and have grown (18 years). This research use 118 people as samples which are chosen by purposive sampling and use data questionnaire as data collection methods. This research also use descriptive analysis and path analysis methods to analyze the data. The result of path analysis shows that Green Marketing (X) has a significant influence to the Customer Satisfaction (Z) and Customer Loyalty (Y), and also Customer Satisfaction (Z) that inlfuence Customer Loyalty (Y) significantly. Based on the results of this study, PT Sahabat Naavagreen Indonesia should provide more detail information about the products offered so as to improve customer knowledge about products that are safe for use and environmentally friendly, PT Sahabat Naavagreen Indonesia can maintain and improve the strategy of Green Marketing that has been applied to more Creative and innovative, PT Sahabat Naavagreen Indonesia may consider further enhancing the more creative, environmentally friendly processes to introduce that the products offered by Naavagreen are environmentally friendly products.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/896/051710357 |
Uncontrolled Keywords: | Grееn Mаrkеting, Kеpuаsаn Pеlаnggаn, Loyаlitаs Pеlаnggаn |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 02:36 |
Last Modified: | 12 Nov 2020 02:13 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5741 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |