Impression Management Jokowi Sang Presiden dalam Youtube (Analisis Isi Kualitatif Akun YouTube Presiden Joko Widodo)

Anggraini, Nadia Vika (2017) Impression Management Jokowi Sang Presiden dalam Youtube (Analisis Isi Kualitatif Akun YouTube Presiden Joko Widodo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemajuan teknologi informasi juga menggiring perkembangan kajian ilmu komunikasi politik. Media politik yang digunakan pertama kali adalah televisi, namun saat ini berkembang dengan menggunakan media sosial. Komunikasi politik di era teknologi web 2.0 menjadikan aktor politik aktif untuk mengelola media sosial pribadinya. Presiden Joko Widodo atau yang lebih dikenal sebagai Jokowi mengikuti perkembangan media sosial salah satunya adalah YouTube. Jokowi memiliki YouTube pada tanggal 28 Mei 2016. Akun YouTube Presiden Joko Widodo ini berisikan berbagai konten seperti hobi yang dilakukannya, kunjungan pada pembangunan infrastruktur, kunjungan pada masyarakat, dan pertemuan dengan kepala negara. Dalam penelitian ini, peneliti berfokus pada strategi impression management yang dilakukan oleh Jokowi pada akun YouTube-nya. Untuk mengetahui strategi impression management dilakukan melalui pembacaan kode komunikasi verbal dan kode komunikasi non verbal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui vlog yang diunggah Jokowi, komunikasi non verbalnya lebih dominan secara kuantitas dibanding komunikasi verbalnya. Tetapi, beliau berusaha menyeimbangkan kedua kode tersebut melalui pemanfaatan fitur description box pada YouTube.

English Abstract

Advances in information technology also led to the development of science studies of political communication. The first political media used was television. But, currently growing by using social media. The political communicationini 2.0 web technology era makes politic’s actor being active for arranging social media. As himself, Joko Widodo or well known as Jokowi has following the development of social media, one of them is YouTube. Jokowi himself already YouTube since 28th of May 2016. The Jokowi’s YouTube channel contains of a lot of contents such as his hobby, visit to infrastructure development, society visits, and meetings with heads of state. On this research, researcher focus in impression management strategic that had done with Jokowi on his YouTube channel. Impression management strategy done with verbal communication code reading and non verbal communication code reading. The result shown if with vlog which had been uploaded by Jokowi, the non verbal communication more dominant as the quantity rather than the verbal communication. But, he tried to balancing the codes with utilization of the description box on YouTube.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/973/051711318
Uncontrolled Keywords: Impression Management, Jokowi, Y ouTube Presiden Joko Widodo
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.231 Digital media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Nov 2017 04:10
Last Modified: 01 Feb 2023 03:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5634
[thumbnail of Nadia Vika Anggraini.pdf] Text
Nadia Vika Anggraini.pdf

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item