Khoiriyah, Sagita Ika Mursyidah (2017) Pengaruh Service Quality Terhadap Revisit Intention Dengan Satisfaction Sebagai Mediasi (Studi Pada Pengunjung Tempat Wisata Banyu Biru di Kabupaten Magetan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi oleh peranan yang cukup penting dari adanya bisnis pada sektor pariwisata yang ada di Indonesia. Serta didorong dengan berbagai kebutuhan dan keinginan konsumen dalam menentukan tempat wisata yang tepat untuk melakukan revisit intention. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis serta menjelaskan keterkaitan hubungan antara pengaruh service quality terhadap revisit intention dengan satisfaction sebagai mediasi padapengunjung di tempat wisata Banyu Biru Magetan. Jenis penelitian yang digunakan merupakan explanatory research. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran observasi, kuesioner dan wawancara. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. yang diterapkan pada 120 responden. Analisa data dalam pengujian instrumen dibantu dengan menggunakan software smartPLS versi 3.0 melalui tahapan analisis outer model, inner model dan pengujian hipotesis (uji-t). Dimana pengujian hipotesis secara langsung menggunakan t-test sedangkan untuk pengujian tidak langsung dibantu dengan perhitungan uji sobel. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa service quality berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap revisit intention, terdapat pula pengaruh signifikan dan positif pada service quality terhadap satisfaction, hasil pengujian juga mengidentifikasi adanya pengaruh satisfaction terhadap revisit intention, serta satisfaction mampu memediasi pengaruh service quality terhadap revisit intention pengunjung yang melakukan kunjungan pada tempat wisata Banyu Biru di Kabupaten Magetan.
English Abstract
The backgrounds of this research are the important role of tourism business in Indonesia and the different consumer’s needs and preferences in determining places they want to revisit. The purpose of this study is to analyze and explain the relation between service quality and revisit intention with satisfaction as the mediating variable on visitors of Banyu Biru in Magetan. The data of this explanatory research were collected through observation, questionnaires and interview. Using non-probability sampling with purposive sampling technique, 120 respondents were selected. The data were analyzed using SmartPLS ver. 3.0 through the stagesof outer model analysis, inner model analysis, and hypothesis testing (t-test). The direct hypothesis testing uses t-test,and the indirect testing uses Sobel test. The results show that service quality affects revisit intention directly and significantly, that service quality influences satisfaction significantly and positively, that satisfaction influences revisit intention, and that satisfaction is able to mediate the effect of service quality on revisit intention of visitors of Banyu Biru in Magetan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2017/271/051704889 |
Uncontrolled Keywords: | service quality,revisit intentiondan satisfaction |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 07 Jul 2017 06:59 |
Last Modified: | 15 Feb 2022 08:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/51 |
![]() |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (941kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |