Ibrahim, Naufal Habib (2017) Persepsi Konsumen Terhadap Makanan Fungsional. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Makanan yang dikonsumsi berpengaruh besar terhadap kesehatan manusia. Kesadaran masyarakan akan pola hidup sehat, merubah persepsi makanan tidak hanya sekedar untuk memberikan efek kenyang, tetapi makanan juga harus dapat memberikan manfaat secara kesehatan dan pencegahan penyakit (Azurra & Pascale, 2009). Jenis makanan yang dapat memberikan manfaat secara kesehatan salah satunya adalah makanan fungsional. Makanan fungsional yang umum ditemukan adalah, minuman probiotik seperti yogurt, foodbar/ makanan diperkaya serat, sereal, dan keju (British Nutrition Foundation, 2009). Pemerintah bersama kelompok peneliti dan industri makanan mempromosikan makanan fungsional. Menurut Vella et al. (2014) persepsi, kesadaran, dan pemahaman dari diri konsumen, merupakan faktor paling berpengaruh dalam konsumsi makanan fungsional. Telah banyak penelitian mengenai persepsi konsumen terhadap makanan fungsional terutama di negara maju, seperti di Kanada, Kroasia, dan Italia. Persepsi konsumen yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, tetapi klaim kesehatan menjadi faktor dominan yang mempengaruhi persepsi, sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, terutama dinegara berkembang untuk mengetahui persepsi terhadap makanan fungsional. Makanan fungsional memiliki peluang pengembangan yang tinggi seiring dengan peningkatan status kesehatan diberbagai negara (Martirosyan & Singh, 2015). Penelitian yang dilakukan di Malaysia menunjukan kesadaran konsumen terhadap kesehatan menimbulkan persepsi yang positif terhadap makanan sehat. Penelitian di Thailand, menunjukan hasil bahwa manfaat kesehatan menjadi daya tarik makanan fungsional bagi konsumen. Penelitian di Vietnam menunjukan bahwa pengetahuan yang diberikan kepada konsumen dapat meningkatkan keinginan untuk mengkonsumsi makanan fungsional. 8 Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap makanan fungsional. Pemahaman mengenai persepsi konsumen terhadap makanan fungsional dapat membantu pengembangan industri makanan fungsional dan meningkatkan kesehatan konsumen. Tujuan dari penelitian adalah untuk: (1). Mengetahui persepsi konsumen terhadap makanan fungsional, (2). Mengetahui faktor yang mempengaruhi persepsi konsumen terhadap konsumsi makanan fungsional. Alat analisis konjoin digunakan untuk menjawab tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukan secara signifikan atribut yang digunakan dipertimbangkan oleh responden dengan nilai R .989. Berdasarkan nilai pearson’s R sebesar .989 dan Kendall’s tau .895 dengan signifikansi .000 menunjukan kolerasi yang nyata antara atribut yang digunakan dengan jawaban responden. Nilai pearson’R juga dapat menunjukan hasil penilaian responden terhadap keseluruhan faktor yang digunakan, dimana jika nilai semakin tinggi menunjukan penilaian yang positif, dengan nilai 0.989 menunjukan penilaian responden terhadap makanan fungsional positif, sehingga persepsi yang tercipta juga positif. Faktor yang memiliki pengaruh tertinggi terhadap persepsi konsumen yoghurt adalah faktor merek, dengan nilai kepentingan sebesar 34.68, kemudian manfaat kesehatan 21.37, harga 20.15, label 15.13 dan rasa 9.0. Kesimpulan dari penelitian adalah meski responden memiliki persepsi positif terhadap makanan fungsional, tetapi tingkat konsumsi responden masih rendah karena faktor harga dari makanan fungsional. Merek terutama merek lokal menjadi faktor teringgi yang mempengaruhi persepsi konsumen. Dibandingkan responden laki laki responden wanita lebih peduli terhadap masalah kesehatan. Saran terhadap produsen yoghurt memiliki peluang pengembangan pada harga, karena konsumen lebih memilih harga yang lebih murah. Produsen dapat megembangkan produk lokal, karena konsumen lebih menyukai produk lokal. Pada saat promosi produsen dapat menjelasan manfaat kesehatan, terutama penejelasan manfaat secara spesifik.
English Abstract
Food that is consumed greatly affects for human health. People's awareness of a healthy lifestyle, changing the perception of food is not just to provide a satiety effect, but food should also be able to provide health benefits and disease prevention (Azurra & Pascale, 2009). Types of food that can provide health benefits one of them is functional food. Commonly found functional foods are, probiotic drinks such as yogurt, foodbar / fiber enriched foods, cereals, and cheeses (British Nutrition Foundation, 2009). The government, along with a group of researchers and food manufacturers, promoted functional foods, according to Vella et al. (2014) perceptions, awareness, and understanding of the consumer self, is the most influential factor in the consumption of functional foods. There has been much research on consumer perceptions of functional food especially in developed countries, such as in Canada, Croatia, and Italy. Consumer perceptions are influenced by various factors, but health claims become the dominant factor affecting perception, so it is necessary to do further research, especially in developing countries to know the perception of functional food. Functional foods have high development opportunities along with improved health status in various countries (Martirosyan & Singh, 2015). Research conducted in Malaysia shows consumer awareness of health raises a positive perception of healthy food. Research in Thailand, where consumers are interested in the health benefits offered. Research in Vietnam shows that the knowledge given to consumers can increase the desire to consume functional foods. This research is important to know consumer perceptions of functional food. Understanding of consumer perceptions of functional foods can help the development of functional food industries, and improve consumer health. The research conducted 10 aims to: (1). Knowing consumer perceptions of functional foods, (2). Knowing the factors that influence consumer perceptions on the consumption of functional foods. The study used a conjoint analysis tool to answer the research purpose. The results showed significantly the attributes used considered by the respondents with the value R989. Based on pearson's R value of .989 and Kendall's tau .895 with significance of .000 indicating a real correlation between attributes used with respondents' answers. The pearson'R score can also show the respondents' assessment of the overall factor used, where the higher value indicates a positive assessment, with the value of 0.989 showing the respondent's assessment of the positive functional food, so that the perception created is also positive. Factors that have the highest influence on consumer perception of yogurt are brand factor, with importance value of 34.68, then health benefit 21.37, price 20.15, label 15.13 and taste 9.0. The conclusion of the study is that although respondents have positive perceptions on functional food, but the level of consumption of respondents is still low because of the price factor of functional food. Brands are mainly local brands to be the highest factor affecting consumer perceptions. Compared to male respondents female respondents are more concerned about health problems. Suggestions to yogurt manufacturers have a development opportunity on the price, because consumers prefer cheaper prices. Manufacturers can develop local products, as consumers prefer local products. At the time of the promotion the producer can clarify the health benefits, especially the specific benefits of the exploration.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2017/383/051707574 |
Uncontrolled Keywords: | Makanan, Konsumen, Kesehatan Manusia, Pola Hidup Sehat |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 06 Nov 2017 08:52 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 02:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4947 |
![]() |
Text
NAUFAL HABIB IBRAHIM.pdf Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |