Peran Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Kartu BPJS Kesehatan Di Poli Jiwa Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Baptis Batu

Vecolitha, Olivia (2017) Peran Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Kartu BPJS Kesehatan Di Poli Jiwa Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Baptis Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna kartu BPJS Kesehatan di Poli Jiwa Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Baptis Batu. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kepuasan pasien pengguna kartu BPJS Kesehatan di Poli Jiwa Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Baptis Batu. Subjek penelitian sebanyak 95 pasien Poli Jiwa dengan rincian 37 pasien laki-laki dan 58 pasien perempuan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik convenience sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data regresi linier sederhana. Hasil analisis data menunjukkan nilai koefisien regresi variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna kartu BPJS Kesehatan adalah sebesar 0,512 dengan prosentase peran variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 26,2%. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa variabel kualitas pelayanan ikut berperan dalam memberikan pengaruh terhadap kepuasan pengguna kartu BPJS Kesehatan.

English Abstract

This study aims to determine and analyze the role of service quality to user satisfaction of BPJS Kesehatan Card users at Psychiatric Outpatient Installation, Baptist Hospital, Batu. Independent variable in this research is service quality and dependent variable in this research is the satisfaction of patients who are BPJS Health Card user in Psychiatric Outpatient Installation, Baptist Hospital, Batu. Subjects were 95 patients of Psychiatric Outpatient Installation with details of 37 male patients and 58 female patients. The sampling technique used is the convenience sampling technique. Data analysis in this research is simple linear regression. The result of data analysis shows the value of regression coefficient for variable of service quality to the satisfaction of BPJS Kesehatan card users is equal to 0,512 with the percentage of role of independent variable to dependent variable equal to 26,2%. Thus, it can be interpreted that the variable quality of service plays a role in giving influence to the satisfaction of BPJS Kesehatan card users.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/705/051707990
Uncontrolled Keywords: kepuasan pasien BPJS Kesehatan, kualitas pelayanan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Nov 2017 00:36
Last Modified: 26 Nov 2020 03:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4871
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item