Sugeng, Monica Wulandari (2017) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk “Olahan Durian” Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisaction Index (CSI) di PT. Deduren Winner Food Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Durian merupakan salah satu komoditas buah yang banyak digemari oleh masyarakat dan memiliki prospek ekonomi yang cukup bagus untuk dijalankan atau dijadikan sebagai lahan usaha. Buah yang terkenal dengan julukan King of Fruit atau rajanya buah-buahan ini tidak hanya digemari oleh masyarakat Indonesia tetapi juga masyarakat luas. Maka dari itu, buah durian ini memiliki prospek ekonomi yang baik selain buah-buahan khas Indonesia lainnya karena memiliki banyak manfaat juga pemasaran yang selalu meningkat setiap tahunnya yang menunjukkan bahwa buah yang khas akan aroma dan bentuknya ini semakin disukai oleh masyarakat. Berdasarkan data dari Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (2014) Jawa Timur merupakan sentra produksi yang memiliki kontribusi produksi Durian terbesar pada tahun 2012 -2013 yang awalnya diduduki oleh Provinisi Jawa Barat pada tahun 2011. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (2014) menyampaikan bahwa Malang merupakan wilayah ke-4 yang termasuk dalam lokasi sebaran produksi durian terbesar di Jawa Timur pada tahun 2013 sehingga menjadi peluang yang besar bagi para pengusaha untuk melakukan suatu usaha pemasaran durian yang mewakili Provinsi Jawa Timur , dan PT. DeDuren Winner Food merupakan salah satu perusahaan di Kota Malang yang menawarkan sajian produk olahan dengan bahan baku durian yang belum memiliki pesaing yang begitu signifikan. Meskipun demikian, perusahaan ini belum pernah melakukan peninjauan terkait kualitas produk yang ditawarkan kepada konsumen sehingga belum mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan konsumen terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan ini dan upaya apa yang dapat dilakukan terhadap produknya untuk mempertahankan ataupun meningkatan kepuasan konsumennya. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian terkait kualitas produk melalui analisis tingkat kepentingan atribut dan tingkat kepuasan konsumen di PT. DeDuren Winner Food Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui atribut produk apa saja yang dianggap penting oleh pelanggan/konsumen PT. DeDuren Winner Food Kota Malang. 2) Menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk di PT. DeDuren Winner Food Kota Malang. Responden dalam penelitian ini adalah 68 orang pengunjung atau konsumen PT. DeDuren Winner Food. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah menggunakan penyebaran kuisioner serta didukung oleh data sekunder seperti dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji instrument dan analisis tingkat kepentingan serta kepuasan konsumen menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Atribut yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki dan ditingkatkan kinerjanya ialah atribut yang ialah informasi menu, rasa, harga, kesesuaian harga dengan kualitas produk, serta ii ukuran/volume dari produk olahan durian yang disajikan. Sedangkan atribut yang harus dipertahankan kinerjanya ialah atribut aroma, cara penyajian, kenyamanan, serta kemudahan dalam mendapatkan pelayanan. 2) Tingkat kepuasan konsumen pada produk olahan durian dari De Duren diperoleh sebesar 78 yang menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen berada pada kategori “puas” yang dibuktikan dengan adanya pengunjung yang telah melakukan pembelian lebih dari satu kali dalam waktu 1 hingga 2 bulan.
English Abstract
Durian is one of the most favored fruit commodities and has a pretty good economic prospect to run or serve as a business field. Therefore, Durian has better economic prospects compared to other typical Indonesian fruits because it has many benefits as well as increasing marketing in every year which indicates that this fruit which has typical aroma and shape is increasingly favored by the community. Based on data from the Center for Agricultural Information Systems and Data Center (2014), East Java is the production center which has the largest Durian production contribution in 2012-2013 originally occupied by West Java in 2011. Center for Data and Information Systems of Agriculture (2014) stated that Malang is the 4th region which is included in the location of the largest durian production distribution in East Java in 2013 so it becomes a great opportunity for entrepreneurs to conduct a durian marketing business representing East Java, And PT. DeDuren Winner Food is one of the companies in Malang that offers processed products with durian raw materials that does not have a significant competitor. Nevertheless, this company has never conducted a review related to the quality of products offered to consumers so it does not to know in which level the customer’s satisfaction with the products offered by this company is and what efforts can be made to its products to maintain or increase customers satisfaction. Based on these problems it is necessary to conduct research related to product quality through analysis of the attribute importance level and level of customer’s satisfaction in PT. DeDuren Winner Food Malang. The purposes of this study are: 1)Knowing what product attributes considered important by customers/consumers of PT. DeDuren Winner Food Malang. Analyzing the level of customer’s satisfaction on product quality at PT. DeDuren Winner Food Malang. Respondents in this study were 68 visitors or consumers of PT. DeDuren Winner Food. The data collection method was using questionnaires and supported by secondary data such as documentation. The data obtained were analyzed using instrument test and interest rate analysis and consumer’s satisfaction using Importance Performance Analysis (IPA) method and Customer’s Satisfaction Index (CSI). The results of this research are: 1) Attributes that become the main priority to be improved and increased for its performance is the attribute which is the menu information, the taste, the price, the suitability of the price with the product quality, and the size / volume of the processed durian product presented. While the attributes that must be maintained for its performance is the aroma attribute, the way of presentation, comfort, and ease in getting the service. 2) The level of customer’s satisfaction on durian processed products from De Duren obtained 78 indicating that the level of customer satisfaction is in the "satisfied" category as evidenced by the visitors who have made purchases more than once in 1 to 2 months.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2017/391/051707582 |
Uncontrolled Keywords: | Customer Satisfaction, Importance Performance Analysis (IPA), Kepuasan Konsumen |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 03 Nov 2017 01:59 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 08:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4817 |
![]() |
Text
MONICA WULANDARI SUGENG.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |