Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Viterna Melalui Sistem Multi Level Marketing (MLM) Di Kota Malang

Mariana, Ollivia Febry Firsta (2017) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Viterna Melalui Sistem Multi Level Marketing (MLM) Di Kota Malang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Viterna adalah produk khusus untuk ternak (dapat juga untuk ikan) yang diciptakan dengan basis teknologi rekayasa asam amino. Produk Viterna dipasarkan menggunakan strategi menarik pelanggan baru dengan merangsang kebutuhan selektif dengan menggunakan sistem MLM atau Multi Level Marketing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen dalam membeli produk Viterna di kota Malang. Penelitian dilakukan di Kota Malang yang bekerjasama dengan distributor Viterna pada November-Desember 2015. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan metode studi kasus dengan menggunakan kuisioner. Teknik pengambilan sampel data menggunakan purposive sampling yaitu menentukan sampel dengan pertimbangan tertentu yang dipandang dapat memberikan data secara maksimal. Pertimbangan tertentu yang digunakan dalam pengambilan sampel tersebut ialah member aktif Viterna di kota Malang. Jumlah responden atau konsumen produk Viterna yaitu 40 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dari analisa faktor dan regresi berganda. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui kepuasan dari konsumen Viterna dalam membeli ataupun menggunakan Viterna. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan masukan dan perbaikan untuk distributor dalam menjual Viterna melalui MLM. Selain itu penelitian ini juga dapat dijadikan tinjauan untuk penelitian selanjutnya di masa mendatang dikarenakan masih sedikit penelitian tentang produk MLM bidang peternakan. Hasil uji Validitas dan Reliabilitas Instrument menunjukkan hasil bahwa semua instrument dinyatakan valid dan reliabel. Intrument yang telah diuji validitas dan reliabilitas selanjutnya diuji kelayakannya untuk analisis faktor menggunakan tiga uji yaitu, Uji KMO, uji Bartlett’s dan Uji MSA yang selanjutnya digunakan untuk analisis faktor. Hasil analisis faktor yang telah dilakukan menghasilkan 5 faktor baru yang terbentuk, yaitu “Kemudahan akses lokasi, pemasangan iklan dan keterjangkauan harga”, “Personal Selling, Kenyamanan tempat dan Promosi melalui internet”, “Penjualan MLM dan Tempat”, “Harga dan Promosi”, dan “Produk Viterna”. Uji Asumsi Klasik yang dilakukan yaitu uji Normalitas, uji Multikolinieritas, uji Heteroskedastisitas, dan Uji Autokorelasi. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi sebesar 0,460 untuk faktor “Harga dan Promosi” yang berkaitan dengan diskon, pemberian brosur dan promosi dari mulut ke mulut merupakan faktor yang paling berpengaruh sangat signifikan terhadap kepuasan responden. Faktor “Kemudahan akses lokasi, pemasangan iklan dan keterjangkauan harga” memberikan nilai koefisien regresi sebesar 0,328 yang artinya faktor tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen Viterna. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Konsumen Viterna merasa puas dengan produk Viterna karena sesuai dengan harapannya diikuti dengan pertimbangan untuk mengajak menjadi member Viterna dan merekomendasikan orang lain untuk membeli Viterna. Diskon didalam indeks “harga dan promosi” merupakan pertimbangan utama untuk kepuasan konsumen, sedangkan keterjangkauan harga dalam indeks “ kemudahan akses lokasi, pemasangan iklan dan keterjangkauan harga” merupakan pertimbangan terakhir yang digunakan.

English Abstract

The research was conducted at the distributor of Viterna located in MT Haryono XII 1167. The purpose of this research was to determine consumer satisfaction towards Viterna and factors that influence customer’s satisfaction on purchasing Viterna. Four hundred respondents were selected by purposive sampling method. Respondents who selected were consumer who bought Viterna for two month research. This research was conducted at Malang on November 2015 to December 2015. Primary data were collected using questionnaire. Secondary data were obtained from distributor’s archives and related sources. Data were analyzed using descriptive analysis, factor analysis and multiple regression. Results has found that consumer satisfaction was represented by consumer feel satisfied if Viterna product can meet consumer expectations followed by attracting others to become member MLM and recomending others to buy Viterna. Price discon in the index “ Price and Promotion” become the primary concideration, while price affordability in the index “access location, advertising, and price affordability” was unlikely influenced on Consumer satisfaction.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: SKR/FPT/2017/360/051709956
Uncontrolled Keywords: access location, promotion, price
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 02 Nov 2017 02:07
Last Modified: 15 Oct 2020 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4731
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item