Pengaruh Green Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Organik

Mika M DS, Sri (2017) Pengaruh Green Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Organik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kerusakan lingkungan yang terjadi tidak lepas dari dampak aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhannya.. Salah satu kegiatan yang dapat merusak lingkungan adalah kegiatan pertanian yaitu penggunaan bahan–bahan kimiawi seperti pestisida kimia dan pupuk kimia yang berlebihan yang dapat merusak tanah. Kerusakan lingkungan yang terjadi, memicu timbulnya kesadaran masyarakat akan pelestarian lingkungan seperti Green Peace, Earth Hour dan Go Green yang mendorong masyarakat untuk mengubah gaya hidupnya menjadi lebih ramah lingkungan. Dalam dunia pertanian, gerakan peduli lingkungan ditunjukkan dengan adanya kegiatan atau budidaya pertanian organik yang dapat memicu tingginya produksi produk organik. Kesadaran masyarakat untuk hidup lebih sehat menyebabkan masyarakat mulai beralih pada produk tanpa zat kimia atau pengatur tumbuh yang biasa dikenal dengan produk organik. Perubahan pola konsumsi konsumen yang beralih ke produk organik merupakan salah satu bentuk green awareness. Metode yang digunakan untuk menentukan lokasi penelitian dalam penelitian ini adalah purposive yaitu Hypermart Malang Towm Square dengan responden yang ditentukan menggunakan metode accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga metode yaitu kusioner, wawancara dan dokumentasi. Langkah selanjutnya adalah melakukan analisis data. Tahap pertama adalah uji validitas dan reliabilitas kuesioner, kemudian uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan uji secara parsial. Adapun tujuan dari analisis data ini adalah untuk mengalisis factor apa saja yang mempengaruhi konsumsi produk organik dan factor mana yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian produk organik. Berdasarkan hasil analisis data, nilai Adjusted R quare yang didapatkan adalah sebesar 0,688 artinya pengaruh green awareness pada keputusan pembelian produk organik sebesar 68,8% dan sisanya 31,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Terdapat tiga faktor yang mempengaruhi konsumsi produk organik yaitu kesadaran produk ramah lingkungan, harga dan pendapatan, dan faktor yang paling dominan adalah pendapatan. Untuk menambah minat konsumen dalam pembelian produk organik, produsen harus dapat mempromosikan produk organik secara lebih menarik melalui green advertising, menekan biaya produksi sehingga harga penjualan lebih terjangkau dan melakukan segmentasi pasar secara tepat.

English Abstract

Environmental damage is really related with the effects of human activities. One of the damage activities is agricultural activity, namely the utilizing of chemicals synthetic such as chemical pesticides and chemical manures to much can damage the soil. Those environmental damage create the awareness of society on environment conservation, such as Green Peace, Earth Hour and Go Green which encourage the society to change their life style become to more aware to the environment. In agricultural side, the environmental awareness movement is shown by the existence of organic agricultural cultivation that can encourage advance production of organic products. The awareness of society to have healthier life causes them begin to devolve on product without chemicals or growing setter which known as organic product. The changing of consumers’ consumption pattern which devolves to organic product is one of green awareness form. The method which used to determine the research location in this research is purposive, which is Hypermart Malang Town Square within accidental sampling method in determining the respondents. Data collecting is used three methods, namely questionnaire, interview and documenting. The next step is data analyzing. The first step is validation and reliability of questionnaire. Then, classical assumption test, multiple linear regression, and t Test. In addition, the purpose of this data analysis is to analyze which factors that influence the consumption of organic product and which factor is the most dominant on buying decision of organic product. Based on the result of data analysis, the number of Adjusted R Square is 0.688, it means that the influence of green awareness on buying decision of local product is 8.8% and the residue is 31.2% influenced by another factor. There are three that influence organic product consumption, namely awareness of green product, price, and income. To encourage consumers’ willingness in buying organic product, the producer has to able in promoting the organic product to be more interesting through green advertising, press the production expense in order to the selling price will be more affordable and efficiently segmentation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/284/051706252
Uncontrolled Keywords: Produk Organik, Green Awareness, Pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 30 Oct 2017 07:10
Last Modified: 12 Nov 2020 07:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4569
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item