Hutahaean, Christina Magdalena (2017) Analisis Relationship Marketing Antara Produsen Keripik Buah Dengan Pemasok Dan Pelanggan di CV. AF Tlogomas, Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan bisnis belakang ini mulai meningkat dari bisnis yang kecil hingga bisnis yang mendunia. Semua peluang yang ada digunakan pengusaha untuk menciptakan suatu usaha dengan tujuan mencari keuntungan atas usaha tersebut. Perkembangan bisnis tersebut ditunjang melalui adanya Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang tangguh dan maju. Salah satu daerah yang memiliki banyak Usaha Kecil dan Menengah (UKM) adalah Kota Malang dengan nama CV. AF yang memproduksi keripik buah. Usaha keripik buah memiliki beberapa kendala yang dialami yaitu belum adanya keseragaman jumlah bahan baku yang dibeli dan jumlah produk yang dijual setiap bulannya. Hal tersebut justru akan memberikan keuntungan yang tidak stabil pula terhadap CV. AF. Selain itu, pasokan bahan baku buah yang bersifat musiman sedangkan permintaan konsumen terjadi sepanjang waktu. Dengan berbagai permasalahan yang ada, CV. AF perlu mencari berbagai strategi untuk mencapai keunggulan yang kompetitif, dengan harapan bahwa CV. AF dapat mempertahankan pasarnya dan memenangkan persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relationship marketing antara produsen keripik buah dengan pemasok dan pelanggannya dan tingkat keterikatan relationship marketingnya. Penelitian ini dilakukan di CV. AF yang bertempat di Jalan Andromeda No. 5 Tlogomas, Malang, Jawa Timur dengan waktu pelaksaan penelitian bulan Maret hingga April 2017. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuatitatif dan penentuan sampel ditentukan secara non probability sampling menggunakan purposive sampling. Penelitian ini akan menganalisis relationship marketing serta menganalisis tingkat keterikatan relationship marketing pada simpul produsen keripik buah terhadap pemasok, simpul pemasok terhadap produsen keripik buah, simpul produsen keripik buah terhadap pelanggan dan simpul pelanggan terhadap produsen keripik buah. Indikator yang digunakan untuk mengalisis relationship marketing adalah dimensi kepercayaan (trust), komitmen (commitment), faktor lingkungan (evironmental factor) dan kepuasan (satisfaction). Masing-masing dimensi tersebut memiliki beberapa variabel yang dijadikan sebagai indikator. Dengan menggunakan skala Likert, maka dimensi tersebut akan diukur dan dijabarkan menjadi variabel. Hasil dari penelitian ini antara lain pada simpul produsen keripik buah terhadap pemasok diperoleh kategori kuat pada dimensi kepercayaan (trust), komitmen (commitment), faktor lingkungan (evironmental factor) dan kepuasan (satisfaction) dengan nilai masing-masing 20;20;18;16. Pada simpul pemasok terhadap produsen keripik buah diperoleh kategori kuat pada dimensi kepercayaan (trust), komitmen (commitment), dan kepuasan (satisfaction) dengan nilai masing-masing 17,5;17,25;16,75 dan dimensi faktor lingkungan (evironmental factor) pada kategori cukup dengan nilai 10. Pada simpul produsen keripik buah terhadap pelanggan diperoleh kategori sangat kuat pada dimensi komitmen (commitment) ii dengan nilai 21. Kategori kuat pada dimensi kepercayaan (trust) dan kepuasan (satisfaction) dengan masing-masing nilai 19;16. Kategori cukup pada dimensi faktor lingkungan (evironmental factor) dengan nilai 10. Pada simpul pelanggan terhadap produsen keripik buah diperoleh kategori kuat pada dimensi kepercayaan (trust), komitmen (commitment), faktor lingkungan (evironmental factor) dan kepuasan (satisfaction) dengan masing-masing nilai 17;19;17;16. Tingkat keterikatan relationship marketing yang terjalin antara produsen keripik buah terhadap pemasok dan produsen keripik buah terhadap pelanggan berada pada kategori kolaboratif dengan masing-masing nilai 74 dan 66 sedangkan hubungan pemasok terhadap produsen keripik buah dan hubungan pelanggan terhadap produsen keripik buah pada kategori koordinatif dengan masing-masing nilai 61,5 dan 69.
English Abstract
The development of business nowadays begins to increase from a small business to a global one. All of the existing opportunities have been used by the entrepreneur to create a business aimed to make a profit of business. Business development is supported by the existence of Small and Medium Enterprises (SME) that are strong and advanced. One of the areas that has many Small and Medium Enterprises (SME) is Malang such as CV. AF which produces fruit chips. Fruit chip business has several obstacles, they are the absence of uniformity of raw materials purchased and the number of products sold each month. Those conditions in fact will provide an unstable profit to CV. AF. In addition, the supply of fruit raw materials is seasonal but at the same time, consumer’s demand occurs over time. With those various existing problems, CV. AF needs to find various strategies to achieve competitive advantage, expecting that CV. AF can maintain its market and win the competition. This research aimed to know the relationship marketing between fruit chip manufacturers with suppliers and customers and also the level of relationship marketing engagement. This research was conducted in CV. AF located at Andromeda Streets No. 5 Tlogomas, Malang, East Java from March to April 2017. The method of analysis used in this research was descriptive statistics using quantitative approach and the determination of the sample was by non probability sampling using purposive sampling. This research analyzed the relationship marketing and the level of relationship marketing attachment at the knot of fruit chip manufacturer to supplier, supplier to fruit chip manufacturer, fruit chip manufacturer to customer and customer to fruit chip manufacturer. The indicators used to analyze relationship marketing were the dimensions of trust, commitment, environmental factors, and satisfaction. Each of these dimensions possessed several variables serving as an indicator. By using Likert scale, the dimensions were measured and divided into a variable. The result of this research was, at the knot of fruit chip manufacture to the supplier, it was found that the high category was in dimensions of trust, commitment, environmental factors and satisfaction with the value for each 20;20;18;16. On the knot supplier to the fruit chip manufacture, it obtained the high category on the dimensions of trust, commitment, and satisfaction with the value of 17,5;17,25;16,75 and the environmental factor dimension was in medium category with the value of 10. On the knot of fruit chip manufacturer to customer, it obtained very high category on commitment dimension with the value of 21, high category on the dimensions of trust and satisfaction with each value of 19;16, medium category on the dimensions of environmental factors with the value of 10. On the knot of customer to fruit chip manufacturer, it obtained high category on the dimensions of trust, commitment, environmental factors and satisfaction iv with each value 17;19;17;16. The level of attachment for relationship marketing engagement existing between the fruit chip manufacturer and the supplier, and the fruit chip manufacturer and customer are on a collaborative category with each value of 74 and 66. While the relationship of supplier to fruit chip manufacturer and the relationship of customer to fruit chip manufacturer are on the coordinative category with each value of 61,5 and 69.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2017/227/051705106 |
Uncontrolled Keywords: | Relationship Marketing, Produsen, Pemasok, Pelanggan |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 26 Oct 2017 02:22 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 12:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4422 |
Preview |
Text
050903110.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |