Analisis Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Menggunakan Metode Partial Least Square (Studi Kasus Luwak White Koffie Di Kota Malang)

Qathrunnada, Naura Difa (2017) Analisis Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Menggunakan Metode Partial Least Square (Studi Kasus Luwak White Koffie Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan pasar yang semakin ketat, akan membuat perusahaan akan saling berlomba merumuskan strategi pemasaran untuk mempertahankan pangsa pasarnya serta meraih pangsa pasar yang lebih luas. Strategi promosi yang dilakukan oleh produsen dapat dilakukan dengan memasarkannya menggunakan media periklanan. Untuk mendapatkan hasil iklan yang menarik, produsen lebih memilih untuk bekerjasama dengan selebriti terkenal sebagai bintang iklan (celebrity endorser) produk tersebut. Dalam memilih celebrity endoser, pihak perusahaan harus memiliki kriteria khusus agar kesan produk dapat tersampaikan secara baik kepada konsumen. Pengetahuan tentang kriteria celebrity endoser yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap produk diperlukan untuk menyusun langkahlangkah strategis pemasaran. Salah satu produk yang menggunakan selebriti sebagai endosernya adalah kopi instan Luwak White Koffie. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorsement berpengaruh signifikan terhadap citra merek. Celebrity endorsement tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Kualitas produk dapat memoderasi hubungan antara celebrity endorsement terhadap citra merek. Citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Citra merek dapat memediasi hubungan antara celebrity endorsement terhadap keputusan pembelian konsumen

English Abstract

An increasingly tight market competition, will make the company will compete each other to formulate marketing strategies to maintain its market share and grab market share. Promotional strategies carried out by the manufacturer can be done by using media advertising market. To get an interesting result, producers prefer to team up with celebrity famous as Star (celebrity endorser) product. In choosing a celebrity endoser, the company should have specific criteria so that the impression of a product can be carried in a good to the consumer. Knowledge of the criteria that can support the endoser celebrity interest in purchasing of product required to draw up the strategic steps in boosting consumer buying interest. One of the products that use celebrities as endorser for promote their product is Luwak White Koffie. Luwak White Koffie chosen because it is the first coffee Luwak instan in Indonesia and favored by consumers. The results of this research show that celebrity endorsement significant effect against the brand image. Celebrity endorsement do not affect significantly to consumer’s purchasing decisions. Product quality is variable and mediators proved to strengthen the relationship between the brand image with consumer’s purchasing decisions. Brand image significant effect against the consumer’s purchasing decision. The result of this research also shows that brand image is partially mediating the relationship between celebrity endorsement and consumer’s purchasing decision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2017/580/051710037
Uncontrolled Keywords: Celebrity Endorsement, Citra Merek, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian Konsumen
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Oct 2017 06:36
Last Modified: 30 Nov 2020 14:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4385
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item