Willingness To Pay (WTP) Konsumen Terhadap Produk Sayuran Organik CV. Kurnia Kitri Ayu Farm, Kota Malang

Margareta, Lidya Trisna (2017) Willingness To Pay (WTP) Konsumen Terhadap Produk Sayuran Organik CV. Kurnia Kitri Ayu Farm, Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Produk organik merupakan produk yang dihasilkan dari sistem budidaya organik, yang sangat meminimalisir penggunaan input kimia sintetis sehingga lebih aman dikonsumsi. Hal tersebut membuat harga produk organik lebih mahal daripada produk konvensional. CV. Kurnia Kitri Ayu Farm (KKAF) merupakan salah satu produsen organik di Kota Malang, yang telah memberi kemudahan bagi konsumen untuk memperoleh produk organik dengan harga jual yang lebih rendah daripada di swalayan. Namun, apabila pihak KKAF ingin meningkatkan harga jual produknya akibat dari peningkatan kualitas produk, maka tidak semua konsumen dengan karakteristik tertentu tetap bersedia untuk membayar kenaikan tersebut. Oleh karena itu, penelitan ini bertujuan untuk: (1) menentukan estimasi harga WTP konsumen terhadap sayuran organik KKAF; dan (2) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi WTP konsumen tersebut. Penentuan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling dengan jumlah responden 45 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah Contingent Valuation Method (CVM), dan analisis regresi logistik. CVM digunakan untuk menghitung nilai estimasi WTP konsumen terhadap sayuran organik KKAF dengan metode dichotomous choice dan bidding game. Sedangkan, analisis regresi logistik digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar (WTP) konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik sosiodemografis responden sebagian besar berumur 44-56 tahun dengan pendidikan terakhir Si dan jumlah anggota keluarga 4-6 orang. Sebagian besar responden juga merupakan ibu rumah tangga dan memiliki jumlah pendapatan sebesar Rp. 3.000.001-Rp. 5.000.000/bulan. Selain itu, mayoritas responden memiliki tingkat kepedulian dan keyakinan yang tinggi. Sedangkan, berdasarkan perilaku pembelian produk organik, diperoleh hasil bahwa responden yang memiliki kuantitas pembelian >1 kg/bulan, telah mengonsumsi produk organik selama >1 tahun. Berdasarkan hasil analisis WTP konsumen terhadap sayuran organik KKAF, diperoleh persentase responden yang menyatakan bersedia membayar sebesar 75,56%, sedangkan sisanya 24,44% menyatakan tidak bersedia. Nilai estimasi rataan WTP yang diperoleh yaitu Rp. 5.500/kemasan 200 gram untuk produk yang memiliki harga jual sebesar Rp. 5.000/kemasan 200 gram. Untuk analisis faktor-faktor yang mempengaruhi WTP, diperoleh hasil bahwa konsumen dengan tingkat kepedulian dan keyakinan tinggi (tingkat kepercayaan 95%) memiliki peluang sebesar 27,450 dan 16,374 kali lebih besar untuk bersedia membayar lebih mahal dibandingkan konsumen dengan tingkat kepedulian dan keyakinan yang rendah. Sedangkan pada tingkat kepercayaan 90%, konsumen yang bekerja memiliki peluang 14,823 kali lebih besar untuk bersedia membayar lebih mahal dibandingkan konsumen yang tidak bekerja. Saran yang diberikan, yaitu diharapkan KKAF dapat terus memberikan informasi kepada masyarakat luas mengenai manfaat organik sehingga kesadaran masyarakat mengenai pentingnya konsumsi produk organik dapat meningkat, melalui seminar, bazar, brosur atau media online.

English Abstract

Organic products are produced from organic cultivation system which minimize the use of synthetic chemical inputs. Because of organic products are safer to consume, they have more expensive price than conventional products. CV. Kurnia Kitri Ayu Farm (KKAF) is one of the organic producers in Malang, which offers lower price than supermarket for the consumers. But, if KKAF wants to increase the price, not all the consumers with certain characteristics remain willing to pay (WTP) this increasing price. Therefore, the main objectives of this study are to assess consumers WTP for organic vegetables and to analyze the factors affecting consumers WTP. The study was performed in CV. Kurnia Kitri Ayu Farm, Malang. By using Lemeshow equation, this study used 45 respondents from an incindental sampling. The methodology applied to assess consumers WTP for organic vegetables was Contingent Valuation Method (CVM) using dichotomous choice and bidding game format. While logistic regression analysis has been used to analyze the factors affecting consumers' WTP. The results show that most of the respondents are age between 44-56 years which had completed the bachelor degree and have 4-6 persons in a household. Most of the respondents are housewives and have income between Rp. 3.000.001- Rp. 5.000.000 in a month. Moreover, most of the respondents have a high level of awareness and belief. And according to the buying behavior, the results show that respondents who have buying quantity more than 1 kg/month, have consumed the organic products for more than 1 year. The WTP analysis results find that 34 respondents (75,56%) are willing to pay the increasing prices, while 11 respondents (24,44%) are not willing to pay. This analysis also fmds that the estimated value of WTP is Rp. 5.500/pack (1 pack=200 grams) for the products which have price Rp. 5.000/pack, such as carrot, tomato, leek, spinach, pakchoy, caisim, bean, and long beans. While the logistic regression analysis (significant at 5% level) finds that consumers who have a high level of awareness and belief, have opportunities 27,450 dan 16, 374 times greater than consumers with a low level of awareness and belief. But in the 10% of significant level, consumers who are employed have opportunities 14,823 times greater than consumers who are unemployed. Thus, the recommendation which can be given for KKAF is KKAF should keep giving more information about organic for the consumers, so their awareness and belief can also increase, through seminar, bazaar, brochure, or online media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/301/051706360
Uncontrolled Keywords: Willingness To Pay (WTP), Produk Sayuran Organik, Minat Beli Konsumen
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 631 Specific techniques; apparatus, equipment materials > 631.5 Cultivation and harvesting > 631.58 Special methods of cultivation > 631.584 Organic farming
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 24 Oct 2017 08:55
Last Modified: 07 Jan 2022 13:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4320
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (17MB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bagian Depan.pdf]
Preview
Text
Bagian Depan.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item