Pengaruh Relationship Marketing (Pemasaran Hubungan) Terhadap Loyalitas (Survei Pada Nasabah Tabungan Britama PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Gresik)

Wardhani, Widya Kusuma (2017) Pengaruh Relationship Marketing (Pemasaran Hubungan) Terhadap Loyalitas (Survei Pada Nasabah Tabungan Britama PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Gresik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Relationship Marketing (Pemasaran Hubungan) terhadap Loyalitas melalui Variabel Keuntungan Bersama (X1), Komitmen (X2), Komunikasi (X3) dan Kebenaran (X4) secara simultan dan parsial terhadap Loyalitas Nasabah (Y) pada Nasabah Tabungan BritAma PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Gresik. Penelitian ini menggunakan metode Explanatory Research, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner yang disebarkan kepada 101 orang Nasabah Tabungan BritAma PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Gresik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda yang dibantu dengan program SPSS. Hasil penelitian menujukan bahwa secara simultan variabel bebas dalam konsep Relationship Marketing (Pemasaran Hubungan) yang meliputi Variabel Keuntungan Bersama, Komitmen, Komunikasi, dan Kebenaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat yaitu Loyalitas Nasabah. Hasil analisis secara parsial menunjukkan bahwa Variabel Keuntungan Bersama, Komitmen, Komunikasi, dan Kebenaran masing-masing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas Nasabah.

English Abstract

This research attempts to explain the influence of relationship marketing and Customers’ Loyalty through variable Mutual Benefit (X1), Commitment (X2), Communication (X3), and Authencity (X4) simultaneously and partial of Customers’ Loyalty (Y) on the Customer of BritAma Saving Account in PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Branch Office Gresik This research used Explanatory Research method by implementing purposive sampling technique. The data collection was conducted with questionnaires which distributed to 101 costumers of BritAma saving accounts in PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Branch Office Gresik. Data analysis in this research used descriptive analysis, classical assumption test, and multiple linear regression analysis, supported by SPSS program. The results of this research indicate that simultaneosly Variable in the concept of Relationship Marketing which includes Variable Mutual Benefit, Commitment, Communication, and Authencity have significant influence on the dependent variable of Customers’ Loyalty. The analysis showed that a partial Variable of Mutual Benefit, Commitment, Communication, and Authencity having influence a significant impact on Customers’ Loyalty

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/829/051709101
Uncontrolled Keywords: Relationship Marketing, Loyalitas Nasabah
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 18 Oct 2017 08:32
Last Modified: 05 Oct 2020 11:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3975
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item