Analisis Relationship Marketing pada Agribisnis Paprika (Capsicum annum var. Grossum) di Kelompok Tani Senda (Studi kasus di Desa Tlogosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan)

Wardhana, Ivan Hassanudin Kusuma (2016) Analisis Relationship Marketing pada Agribisnis Paprika (Capsicum annum var. Grossum) di Kelompok Tani Senda (Studi kasus di Desa Tlogosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertanian memiliki peranan yang penting bagi penyedia pangan di Indonesia. Oleh karena itu peningkatan dalam pembangunan pertanian berperan penting dalam penyediaan pangan yang cukup oleh masyarakat. Salah satu kegiatan agribisnis yang memiliki prospek yang cerah untuk dikembangkan adalah kegiatan di dalam sub sektor hortikultura. Sub sektor hortikultura terdiri dari buah-buahan, sayur-sayuran, tanaman hias, tanaman obat-batan, dan jamur. Peningkatan konsumsi hortikulturan meningkat disebabkan oleh gaya hidup masyarakat yang cenderung berubah untuk selalu menjaga pola makan sehingga kebutuhan hortikultura harus diimbangi dengan peningkatan produksi yang memadai. Perkembangan dan peningkatan kegiatan budidaya komoditas hortikulturan tersebut salah satunya yaitu cabai paprika. Cabai paprika merupakan tanaman yang ditanam dengan sistem hidroponik yang menggunakan media tanam dengan media arang sekam. Banyaknya manfaat yang dimiliki oleh cabai paprika menjadikan cabai paprika banyak digemari oleh masyarakat untuk dibudidayakan. Permasalahan yang dihadapi oleh Kelompok Tani Senda di Desa Tlogosari yaitu minimnya informasi dalam mengembangkan budidaya paprika. Selain itu benih yang digunakan dalam budidaya adalah benih impor yang berasal dari Belanda karena kualitas benih impor lebih bagus dibandingkan benih lokal akan tetapi harga benih impor lebih mahal dibandingkan harga benih lokal dan antara pelaku usaha cabai paprika tidak memiliki ikatan kerjasama yang tertulis. Oleh karena itu, menganalisis relationship marketing antara pelaku agribisnis perlu diketahui oleh Kelompok Tani Senda, pemasok, dan pesaing untuk tercapainya kepuasan bersama dalam jangka panjang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana relationship marketing pada agribisnis paprika di Kelompok Tani Senda pada pelanggan, pemasok, dan pesaing ditinjau dari dimensi kepercayaan, komitmen, kepuasan, dan kerjasama, 2) bagaimana tingkat keterikatan relationship marketing antara Kelompok Tani Senda dengan pelanggan, pemasok, dan pesaingnya. Sedangkan tujuan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Menganalisis relationship marketing Kelompok Tani Senda dengan pelanggan, pemasok, dan pesaingnya ditinjau dari dimensi kepercayaan, komitmen, kepuasan, dan kerjasama. (2) Menganalisis tingkat keterikatan relationship marketing anatara Kelompok Tani Senda dengan pelanggan, pemasok dan pesaingnya. Wilayah di Jawa Timur yang berpotensi untuk pengembangan cabai paprika yaitu di wilayah Kabupaten Pasuruan, Kecamatan Tutur, Desa Tlogosari. Dengan semakin menariknya peluang bisnis yang ada pada komoditas cabai paprika, menjadikan banyak pelaku usaha ataupun perusahaan yang ikut dalam persaingan cabai paprika salah satunya yaitu Kelompok Tani Senda. Pertimbangan memiliki Kelompok Tani Senda karena Kelompok Tani Senda merupakan kelompok tani yang mengembangkan paprika pertama kali di Desa Tlogosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan. Selain itu julah produksi paprika yang tinggi dibandingkan kelompok tani lainnya. Pengambilan responden dilakukan dengan metode snowball sampling yaitu penentuan sampel berikutnya berdasarkan informasi dari responden sebelumnya sampai jumlah sampel dianggap mencukupi (Singarimbun, 2006). Jumlah petani sampel di Kelompok Tani Senda adalah 15 orang petani yang membudidayakan cabai paprika. penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan skala likert. Relationship marketing pada Kelompok Tani Senda dengan pelanggan, pemasok, dan pesaingnya diukur melalui dimensi kepercayaan, komitmen, kerjasama, dan kepuasan. Pada tingkat keterikatan relationship marketing terdiri dari level kooperatif, koordinatif, dan kolaboratif. Hasil analisis Relationship marketing Kelompok Tani Senda terhadap pemasok diperoleh tingkat kepercayaan, komitmen, kerjasama, dan kepuasan yang berada pada kategori sedang dengan nilai pada masing-masing dimensi adalah 14,73; 9,93; 7; 12,26. Relationship marketing pemasok terhadap Kelompok tani Senda dengan nilai pada masing-masing dimensi adalah 15,33; 10,66; 7,33; 8,00 yang berada pada kategori tinggi. Relationship marketing Kelompok Tani Senda terhadap pelanggan dengan nilai pada masing-masing dimensi adalah 16,86; 12,93; 7,13; 6,53 yang berada pada kategori tinggi. Relationship marketing pelanggan terhadap Kelompok Tani Senda dengan nilai pada masing-masing dimensi adalah 17,00; 12,4; 7,2; 11,8 yang berada pada kategori tinggi. Relationship marketing Kelompok Tani Senda terhadap pesaing dengan nilai pada masing-masing dimensi 8,4; 7,4; 4,7; 4,4 yang berada pada kategori rendah. Relationship marketing pesaing terhadap kelompok Tani Senda dengan nilai pada masing-masing dimensi 8,4; 6,7; 4,3; 3,7 yang berada pada kategori rendah. Tingkat keterikatan relationship marketing Kelompok Tani Senda terhadap pemasok, Kelompok Tani Senda dengan pelanggan, dan pelanggan terhadap Kelompok Tani Senda berada pada kategori kolaboratif. Pada kategori ini hubungan yang terjalin antar pelaku bisnis mempunyai hubungan yang erat dan adanya sikap saling memuaskan mitra bisnisnya dalam jangka panjang. Pada tingkat keterikatan relationship marketing pemasok terhadap Kelompok Tani Senda berada pada kategori koordinatif. Pada kategori ini hubungan yang terjalin antar pelaku lebih dari sekedar kegiatan transaksional, pelaku cukup terbuka dalam informasi, dan terdapat ikatan yang lebih erat anatara pelaku bisnis. Sedangkan tingkat keterikatan relationship marketing Kelompok Tani Senda terhadap pesaing dan pesaing terhadap Kelompok Tani Senda berada pada kategori kooperatif. Pada kategori ini tidak ada hubungan yang terjalin dan tidak adanya sikap saling memuaskan antar pelaku bisnis, serta tidak terbukanya informasi. Saran yang dapat penulis sampaikan yaitu pada Kelompok Tani Senda agar dapat membuat kerjasama yang tertulis antar pelaku agrisbisnis paprika dan diharapkan dapat berkomunikasi dengan pesaing agar mengetahui informasi yang dibutuhkan dalam budidaya paprika. saran untuk penelitian selanjutnya agar dapa menganalisa mengenai relationship marketing dengan beberapa dimensi lainnya produk pertanian selain paprika.

English Abstract

Agriculture has an important role for food providers in indonesia .Hence an increase in agricultural development play an important role in the provision of food enough by the community .One of the activities agribusiness having prospects bright to developed was activities in the sub sector horticulture. Sub sector horticulture composed of the fruits of, vegetables, an ornamental, plants drugs, and fungi . The rise in public consumption horticulture increase caused by the lives of the community tend to change to always maintain a diet so that the needs of horticulture should be balanced with increased production of adequate. The development and an increase in cultivation activities the commodities horticulture one of them is chili peppers. Chili peppers is a plant grown with a system of hydroponics that uses the media cropping with medium charcoal chaff. The number of the benefits that owned by chili peppers made chili peppers many had much cache by the community to be cultivated. The problems faced by by the farmers to a in the Tlogosari village the lack of information in developing cultivation peppers. In addition seeds used in cultivation is the seed imports derived from the netherlands because quality seeds import is nice compared to seed local but seed import prices higher than the price seed local and between business players chili peppers not has ties cooperation written. Hence, analyze relationship between the marketing agribusiness it is important to note by the farmers to a, suppliers, and competitors for the achievement of the satisfaction with in the long run. Formulation problems in this research was as follows: 1) How relationship marketing in agribusiness peppers in the farmers to a to customers, suppliers, and competitors in terms of the dimensions of trust, commitment, satisfaction, and cooperation, 2) What is the level attachment marketing relationship between the farmers to a with customers, suppliers, and rival. While the purpose of this research formulated as follows: (1) Analyze relationship marketing the farmers to a with customers, suppliers , and rival in terms of the dimensions of trust, commitment, satisfaction, and cooperation. (2) Analyzed levels of attachment relationship marketing state of the farmers to a with customers, suppliers and rival. Areas in east java that have the potential to development chili peppers that is in the kabupaten pasuruan, kecamatan said, Tlogosari village. With the interestingly business opportunity which is in commodities chili peppers, made many of the doers business or companies involved in competition chili peppers one of them is the farmers. Consideration having the farmers to a because the farmers to a is the farmers to develop peppers first in the village Tlogosari. In addition the volume of production peppers is high compared to the farmers to other. The respondents were with the methods snowball sampling namely the determination of the next sample based on information from respondents formerly until the sample of the considered sufficient (Singarimbun, 2006). The number of farmers sample in Senda farm group is 15 people of farmers to cultivate chili peppers. This research using analysis descriptive qualitative using likert scale. Relationship marketing in the farmers to a with customers, suppliers, and rival is measured by dimensions trust, commitment, cooperation, and satisfaction. At the attachment relationship marketing consisting level of cooperative, coordination, and collaborative. The results of the analysis relationship marketing the farmers to a to suppliers obtained the levels of trust, commitment, cooperation, and satisfaction that is at medium category with a value on each dimensions is 14,73; 9,93; 7; 12,26. Relationship marketing suppliers over the agricultural a with a value on each dimensions is 15,33; 10,66; 7,33; 8,00 who are in the high. Relationship marketing the farmers to a to customers with a value on each dimensions is 16,86; 12,93; 7,13; 6,53 who are in the high. Relationship marketing of customer the farmers to a with a value on each dimensions is 17,00; 12.4; 7.2; 11,8 who are in the high. Relationship marketing the farmers to a to competitors with a value on each dimensions 8.4; 7.4; 4.7; 4.4 who are in the low. Relationship marketing competitors over the agricultural a with a value on each dimensions 8.4; 6.7; 4.3; 3.7 who are in the low . The attachment relationship marketing the farmers to a to suppliers, the farmers to a with customers, and of customer the farmers to a be in the collaborative.In this category relations interwoven between businesses have close links and the attitude each other satisfactory business partner in the long run. At the attachment relationship marketing suppliers over the agricultural a be in the coordination. In this category interwoven relations between the market preferred than transaksional activities, the rather naked inside information, and there are a bond more closely state of the businesses. The rate of attachment relationship marketing the farmers to a to competitors and competitors over the agricultural a be in the cooperative. In this category there was no connection interwoven stance and absence of each other satisfactory between businesses, and not create information. Advice that can be writer gave is on the farmers to a that may make arrangements written between the agrisbisnis peppers and is expected to be able to communicate with competitors may know of the required information in cultivation peppers . Suggestions for further research that can be analyzed about relationship marketing by several dimensions other agricultural products besides peppers .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/1021/051704324
Uncontrolled Keywords: paprika, hubungan, kerjasama, keterikatan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 14 Jul 2017 08:32
Last Modified: 05 Oct 2020 11:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/248
[thumbnail of 051704324 BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
051704324 BAGIAN DEPAN.pdf

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 051704324 BAB I.pdf] Text
051704324 BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[thumbnail of 051704324 BAB II.pdf] Text
051704324 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[thumbnail of 051704324 BAB III.pdf] Text
051704324 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[thumbnail of 051704324 BAB IV.pdf] Text
051704324 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[thumbnail of 051704324 BAB V.pdf] Text
051704324 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[thumbnail of 051704324 BAB VI.pdf] Text
051704324 BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[thumbnail of 051704324 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
051704324 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)

Actions (login required)

View Item View Item