Pengaruh Kelompok Persahabatan dan Kelompok Dunia Maya terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang Melakukan Pembelian dipengaruhi melalui Media Sosial Instagram).

Machmud, Moch. Zulkifli (2016) Pengaruh Kelompok Persahabatan dan Kelompok Dunia Maya terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang Melakukan Pembelian dipengaruhi melalui Media Sosial Instagram). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan: (1) pengaruh variabel Kelompok Persahabatan terhadap variabel Keputusan Pembelian; (2) pengaruh variabel Kelompok Dunia Maya terhadap variabel Keputusan Pembelian; (3) pengaruh variabel Kelompok Persahabatan dan variabel Kelompok Dunia Maya secara bersama-sama terhadap variabel Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang Melakukan Pembelian melalui Media Sosial Instagram, dengan teknik purposive sampling, menggunakan rumus Machin dan Champbell diambil sampel sebesar 106 orang responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data secara deskriptif dan regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) variabel Kelompok Persahabatan (X1) secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) sebesar 0,581; (2) variabel Kelompok Dunia Maya (X2) secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) sebesar 0,483; (3) variabel Kelompok Persahabatan dan Kelompok Dunia Maya (X1) dan (X2) secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) sebesar 0,235.

English Abstract

This study aims to identify and explain: (1) the effect of Friendship Group variable to Buying Decision variable; (2) the effect of Virtual Group variable to Buying Decision variable; (3) the effect of Friendship Group variable and Virtual Group variable as an simultaneous to Buying Decision variable This research is explanatory research using quantitative approach. The population in this study are Student of Administration Science Faculty of Brawijaya University who Make Purchases via Social Media Instagram with purposive sampling, using the formula of Machin and Champbell taken sample of 106 respondents. Methods of data collection using questionnaires. Data analysis techniques using descriptive analysis and liniear regression analysis. The result for this research are: (1) Friendship Group variable (X1) have a significant influence on the Buying Decision variable (Y) equal to 0,581; (2) Virtual Group variable (X2) have a significant influence on Buying Decision variable (Y) equal to 0,483; (3) Friendship Group variable (X1) and Virtual Group variable (X2) have a significant influence as an simultaneous on the Buying Decision variables equal to 0,235 (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1278/051704915
Uncontrolled Keywords: kelompok persahabatan, kelompok dunia maya, keputusan pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Jul 2017 06:59
Last Modified: 29 Dec 2020 05:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/24
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (949kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (443kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item