Pengaruh Orientasi Pelanggan Dan Manajemen Pengetahuan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Agen Travel Online Traveloka (Studi Pada Pengguna Traveloka Diseluruh Indonesia)

Ramadhan, Yogi Prima (2017) Pengaruh Orientasi Pelanggan Dan Manajemen Pengetahuan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Agen Travel Online Traveloka (Studi Pada Pengguna Traveloka Diseluruh Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep CRM (Customer Relationship Management) yang terdiri dari variabel orientasi pelanggan, dan manajemen pengetahuan terhadap loyalitas pelanggan Pengguna Agen Travel Online Traveloka. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabelnya melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 130 responden pengguna agen travel online Traveloka di Indonesia yang pernah melakukan pembelian. dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t dan analisis determinasi. Analisis data menggunakan Asumsi klasik dan Regresi linear berganda dan dibantu oleh software SPSS Statistic 21 untuk memudahkan penelitian. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kedua variabel Orientasi Pelanggan, dan Manajemen Pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pengguna Traveloka. Variabel paling dominan pada penelitian ini adalah variabel Orientasi Pelanggan. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,513 yang berarti bahwa elemen Customer Relationship Management yang terdiri dari variabel Orientasi Pelanggan, dan Manajemen Pengetahuan, menjelaskan pengaruh sebesar 52,1% terhadap Loyalitas Pelanggan pengguna Traveloka. sedangkan sisanya sebesar 47,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

English Abstract

This study aims to find the influence of customer orientation, and knowledge management, to customer loyalty user agent travel online Traveloka. The explanatory research explains the causal relationship beetwen variables through hypothesis testing. Through non-probability sampling carried out on user agent travel online traveloka in indonesia who ever made a purchased, this research has selected 130 respondents as the sample. The hypothesis testing is done using t test and Analysis of determination. The data are analyzed using Classical assumptions and multiple linear regressions, supported by SPSS Statistic 21. The findings of this study indicate that the two variables of Customer Orientation, and Knowledge Management significantly influence to customer loyalty. The most dominant variable in this research is variable of Customer Orientation. Adjusted R Square value of 0.513, which means that the elements of Customer Relationship Management consists of variables Customer Orientation, Organizations CRM, and Knowledge Management, explain the effect of 52.1% to Customer Loyalty user Traveloka. While the remaining amount 47.9% is explained by other variables outside the two variables used in this research. KEYWORDS: Customer Relationship Management(CRM), Customer Orientation, Knowladge Management, customer loyalty

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/353/051706718
Uncontrolled Keywords: CRM, Orientasi Pelanggan, Manajemen Pengetahuan, Loyalitas Pelanggan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 07 Sep 2017 02:06
Last Modified: 12 Nov 2020 08:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2187
[thumbnail of Ramadhan, Yogi Prima.pdf]
Preview
Text
Ramadhan, Yogi Prima.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item