Palupi, Dian (2017) Tingkat Kepuasan Masyarakat Desa Terhadap Aplikasi Instagram (Survey Pada Masyarakat Desa Gandu Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Instagram adalah salah satu platform media sosial berbasis fotografi. Pengguna instagram memiliki tingkat kepuasan yang berbeda – beda dikarenakan motif penggunaan yang berbeda – beda pula. Ada empat motif penggunaan media, diantaranya adalah motif informasi, motif identitas pribadi, motif integrasi dan interaksi sosial, serta motif hiburan. Berdasarkan motif-motif inilah peneliti dapat melihat kepuasan penggunaan media dari yang digunakan oleh masyarakat, khususnya masyarakat desa Gandu, kecamatan Bagor, kabupaten Nganjuk. Tujuan melaksanakan penelitian di desa Gandu adalah bahwa pada desa tersebut memiliki masyarakat yang penduduknya masih percaya dengan tahayul dan praktek perdukunan. Dengan melihat tingkat kepuasan masyarakat desa yang masih percaya dengan hal – hal tersebut, diharapkan dapat menjadi gambaran mengenai seberapa besar efektifitas dan keberadaan setiap jenis media sosial sebagai hasil dari perkembangan teknologi komunikasi dalam kehidupan masyarakat desa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan masyarakat desa dalam menggunakan media sosial – instagram. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan pengambilan jumlah sampel diperoleh melalui perhitungan data dengan menggunakan rumus slovin. Jumlah sampel yang diperoleh, dijadikan responden dan kemudian dianalisis tingkat kepuasannya sesuai dengan pengisian kuesioner yang dibagikan. Kuesioner yang dibagikan kepada responden, sebelumnya telah diuji tingkat kesahihannya dan kehandalannya melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat desa Gandu merasa puas dalam menggunakan aplikasi instagram. Dengan mayoritas pengguna adalah berjenis kelamin perempuan dengan total 57 responden, berusia 26 – 30 tahun dengan total 40 responden, serta frekuensi menggunakan 5 – 6 kali per hari sebanyak 45 responden. Dari hasil analisis jawaban responden melalui kuesioner, responden merasa puas terhadap aplikasi instagram baik dari motif informasi, motif identitas pribadi, motif integrasi dan interaksi sosial, serta motif hiburan.
English Abstract
Instagram is one of the social media platforms based on photography. Instagram users have different levels of satisfaction - different due to different usage motives - different too. There are four motives of media usage, among which are the motives of information, the motives of personal identity, the motives of integration and social interaction, and the motive of entertainment. Based on these motives researchers can see the satisfaction of media use from those used by the community, especially the village community Gandu, Bagor district, Nganjuk district. The purpose of conducting research in Gandu village is that the village has a community whose inhabitants still believe in superstition and shamanic practices. By looking at the level of satisfaction of villagers who still believe in these things, it is expected to be a picture of how big the effectiveness and existence of each type of social media as a result of the development of communication technology in the life of the village community. This study aims to analyze the level of village community satisfaction in using social media - instagram. In this research using quantitative approach with descriptive research type. The technique of selecting informants in this research using purposive sampling technique with taking the number of samples obtained through data calculation by using slovin formula. The number of samples obtained, made respondents and then analyzed the level of satisfaction in accordance with the filling questionnaire distributed. Questionnaires distributed to respondents, previously tested the level of validity and reliability through validity test and reliability test. The results of this study indicate that villagers Gandu feel satisfied in using Instagram application. With the majority of users is female sex with a total of 57 respondents, aged 26-30 years with a total of 40 respondents, and the frequency of using 5-6 times per day as many as 45 respondents. From the analysis of respondents' answers through questionnaires, respondents feel satisfied with the instagram application either from the motive information, the motives of personal identity, the motives of integration and social interaction, and the motive of entertainment.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2017/592/051706680 |
Uncontrolled Keywords: | Tingkat Kepuasan Masyarakat dan Aplikasi Instagram |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 06 Sep 2017 07:17 |
Last Modified: | 04 Aug 2020 04:41 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2158 |
![]() |
Text
Bagian Depan (1).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (584kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (830kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |