Pengaruh Keadilan Distributif dan Prosedural terhadap Kepuasan Kerja Tenaga Kependidikan Non Pegawai Negeri Sipil (Non PNS) di Universitas Brawijaya

Heavyanton, Okky Indra and Prof. Dr. Drs. Abdul Hakim,, M.S and Dr. Drs. Suryadi,, MS (2017) Pengaruh Keadilan Distributif dan Prosedural terhadap Kepuasan Kerja Tenaga Kependidikan Non Pegawai Negeri Sipil (Non PNS) di Universitas Brawijaya. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari penulis yang bekerja sebagai Tenaga Kependidikan Tetap Non PNS di Kantor Pusat Universitas Brawijaya. Melihat fenomena yang terjadi di lapangan tentang permasalahan dalam motivasi kerja, suasana kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan di kantor Pusat Universitas Brawijaya. Rata-rata pegawai hanya berfokus kepada pekerjaan yang monoton : datang, absen, bekerja, istirahat, kerja lagi, dan kemudian absen pulang. Beberapa ada pula yang sibuk mencari prestasi dan penghargaan untuk dirinya sendiri, terutama setelah ditetapkannya sistem remunerasi di Universitas Brawijaya. Namun yang penulis rasakan, kepuasan kerja karyawan terhadap apa yang dikerjakannya masih belum signifikan hasilnya. Masih banyak yang mengeluh, diantaranya perlakuan yang kurang adil dari pimpinan terkait dalam pemberian penghargaan, insentif, pengurusan administrasi kepegawaian maupun keuangan, dll. Harapannya kinerja karyawan yang baik akan menghasilkan prestasi kerja yang baik demi tercapainya visi dan misi Universitas Brawijaya, diukur berdasarkan standar atau kriteria yang telah ditetapkan organisasi yang dilakukan dengan obyektif. Pengelolaan motivasi kerja, dengan suasana kerja yang kondusif menghasilkan kepuasan kerja dan meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan. Secara keseluruhan, temuan ini menunjukkan bahwa persepsi keadilan merupakan masukan penting untuk penilaian karyawan terhadap kualitas hubungan pertukaran dengan atasan mereka dan organisasi. Selanjutnya, temuan ini menunjukkan bahwa persepsi alasan kewajaran tampaknya mempengaruhi sikap kerja dan perilaku yang terletak pada kualitas hubungan pertukaran sosial karyawan. Keadilan dapat memberikan dampak secara langsung terhadap kepuasan kerja maupun secara tidak langsung melalui persepsi dukungan organisasi. Rumusan masalah yang digunakan sebagai fokus dalam penelitian ini: Sejauh mana signifikansi pengaruh keadilan distributif terhadap persepsi dukungan organisasi yang dirasakan Tenaga Kependidikan Non PNS di Universitas Brawijaya?; Sejauh mana signifikansi pengaruh keadilan prosedural terhadap persepsi dukungan organisasi yang dirasakan Tenaga Kependidikan Non PNS di Universitas Brawijaya?; Sejauh mana signifikansi pengaruh keadilan distributif terhadap kepuasan kerja Tenaga Kependidikan Non PNS di Universitas Brawijaya?; Sejauh mana signifikansi pengaruh keadilan prosedural terhadap kepuasan kerja Tenaga Kependidikan Non PNS di Universitas Brawijaya?; Sejauh mana signifikansi pengaruh persepsi dukungan organisasi terhadap kepuasan kerja Tenaga Kependidikan Non PNS di Universitas Brawijaya?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji secara empiris: signifikansi pengaruh keadilan distributif terhadap persepsi dukungan organisasi yang dirasakan Tenaga Kependidikan Non PNS di Universitas Brawijaya; signifikansi pengaruh keadilan prosedural terhadap persepsi dukungan organisasi yang dirasakan Tenaga Kependidikan Non PNS di Universitas Brawijaya; Menguji signifikansi pengaruh keadilan distributif terhadap kepuasan kerja Tenaga Kependidikan Non PNS di Universitas Brawijaya; Menguji signifikansi pengaruh keadilan prosedural terhadap kepuasan kerja Tenaga Kependidikan Non PNS di Universitas Brawijaya; Menguji signifikansi pengaruh persepsi dukungan organisasi terhadap kepuasan kerja Tenaga Kependidikan Non PNS di Universitas Brawijaya. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan dekriptif dan verifikatif. Penggunaan kedua metode tersebut bertujuan untuk menganalisis hubungan kausalitas antar variabel penelitian sesuai dengan hipotesis secara kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pegawai tenaga kependidikan Non PNS di lingkup Kantor Pusat Universitas Brawijaya. Pengamatan dilakukan dengan cakupan waktu (time horizon), bersifat cross section atau one shoot, yang artinya data diperoleh dari satu waktu tertentu. Dengan teknik pengumpulan data dari studi pustaka, metode kuesioner, metode wawancara dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dengan proses perhitungan yang dibantu program aplikasi software Smart PLS ( Solimun, 2010). Hasil temuan di lapangan menunjukkan sesuai dengan uji hipotesis yang dilakukan telah mengungkap bahwa : (1) Keadilan distributif mempunyai pengaruh signifikan terhadap persepsi dukungan organisasi yang dirasakan oleh pegawai tetap non PNS di Universitas Brawijaya; (2) Keadilan prosedural mempunyai pengaruh signifikan terhadap persepsi dukungan organisasi yang dirasakan pegawai tetap non PNS di Universitas Brawijaya; (3) Keadilan distributif tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja yang dirasakan pegawai tetap non PNS di Universitas Brawijaya; (4) Keadilan prosedural tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja yang dirasakan pegawai tetap non PNS di Universitas Brawijaya; (5) Persepsi dukungan organisasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja yang dirasakan pegawai tetap non PNS di Universitas Brawijaya. Selain uji hipotesis yang dilakukan, beberapa hal telah berhasil diungkap dalam penelitian ini sebagai hasil dari analisis data, sehingga menjadi temuan penelitian berupa informasi tambahan yang dapat berguna untuk memahami fenomena dan hasil dalam studi. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data melalui survey para pegawai tetap Non PNS di Kantor Pusat Universitas Brawijaya. Tujuan penelitian secara umum adalah melihat dampak dari keadilan distributif, keadilan prosedural, persepsi dukungan organisasi dalam mendorong tingkat kepuasan kerja yang dirasakan pegawai. Dalam desain maupun metode penelitian yang telah ditentukan sebelumnya, penelitian ini tidak terlepas dari beberapa keterbatasan mungkin dapat berakibat pada beberapa kekurangan yang muncul dalam penelitian. Dari hasil penelitian tersebut disarankan kepada institusi untuk dapat: (1) Meningkatkan praktek kepegawaian dalam hal mendistribusikan hak dan kewajiban, serta menetapkan prosedur dengan adil dan obyektif; (2) Meningkatkan perhatian kepada pegawai, tidak selalu dalam bentuk materiil, tetapi juga dalam bentuk moral, spiritual, dan emosional. Bagi peneliti dan penelitian selanjutnya diharapkan untuk dapat: (1) mempertimbangkan lingkup yang lebih luas dari obyek penelitian agar lebih memperkaya hasil dan temuan penelitian yang akan dikembangkan berikutnya; (2) mempertimbangkan penggunaan sifat longitudinal dari penelitian selanjutnya untuk dapat mengungkap konsistensi hasil dari waktu ke waktu apakah terdapat perbedaan atau tidak

English Abstract

The background of this research is originated from the writer who works as a permanent non-civil educational staff at UB's head office. Seeing the phenomenon that occurred in the office about the problems in work motivation, working atmosphere and job satisfaction on employee performance at UB's Central Office. The average employee only focuses on a monotonous job: coming, absent, working, resting, working again, and then absent home. Some are busy looking for achievements and rewards for themselves, especially after the establishment of remuneration system in Universitas Brawijaya. But the authors feel, job satisfaction of employees to what they do still not significant results. There are still many who complain, including the unfair treatment of related leaders in the awarding, incentives, personnel administration and financial administration, etc. The expectation of good employee performance will produce good work performance for the achievement of vision and mission of Universitas Brawijaya, measured by standard or criterion which have been determined by organization which done with objective. Management of work motivation, with a conducive working atmosphere produces job satisfaction and improves overall organizational performance. Overall, these findings suggest that perceptions of fairness are important inputs for employee appraisal of the quality of exchange relationships with their superiors and organizations. Furthermore, these findings suggest that perceptions of reasonableness seem to affect work attitudes and behaviors that lie in the quality of employee social exchange relationships. Justice can have a direct impact on job satisfaction and indirectly through the perception of organizational support. The formulation of the problem used as the focus of this research: To what extent is the significance of the influence of distributive justice on perceived organizational support perceived by non civil servant educational in Universitas Brawijaya?; To what extent is the significance of procedural fairness influence on perceived organizational support perceived by non civil servant educational in Universitas Brawijaya?; To what extent is the significance of the influence of distributive justice on the job satisfaction of non civil servant educational staff in Universitas Brawijaya ?; To what extent is the significance of the effect of procedural justice on the job satisfaction of non civil servant educational staff in Universitas Brawijaya?; To what extent is the significance of the influence of perceptions of organizational support on job satisfaction of non civil servant educational staff in Universitas Brawijaya?. The purpose of this study is to examine empirically: the significance of the influence of distributive justice on perceived organizational support perceived Non-civil servant educational in Universitas Brawijaya; the significance of the effect of procedural justice on perceptions of perceived organizational support of non civil servant educational in Universitas Brawijaya; Testing the significance of the influence of distributive justice on the job satisfaction of non civil servant educational in Universitas Brawijaya; Testing the significance of the effect of procedural justice on the job satisfaction of non civil servant educational in Universitas Brawijaya; Testing the significance of the influence of perceptions of organizational support on job satisfaction of non civil servant educational in Universitas Brawijaya. The research method used is quantitative method with descriptive and verificatif approach. The use of both methods aims to analyze the causality relationship between research variables in accordance with the hypothesis quantitatively. The unit of analysis in this research is non civil servant education staff in the scope of UB's Head Office. Observations are done with time horizon, cross section or one shoot, which means data is obtained from a certain time. With data collection techniques from literature study, questionnaire method, interview method and observation. Data analysis method used is Partial Least Square (PLS) with calculation process assisted by software application program Smart PLS (Solimun, 2010). The findings in the office show that in accordance with the hypothesis test, it has been revealed that: (1) Distributive justice has a significant influence on perceived organizational support perceived by non permanent civil servants in Universitas Brawijaya; (2) procedural justice has a significant influence on perceived organizational support perceived by non permanent civil servants in Universitas Brawijaya; (3) Distributive justice does not have a significant influence on job satisfaction perceived by non permanent civil servants in Universitas Brawijaya; (4) Procedural justice does not have a significant influence on job satisfaction perceived by non permanent civil servants in UB; (5) Perceptions of organizational support have a significant influence on job satisfaction perceived by non permanent civil servants in Universitas Brawijaya. In addition to hypothesis testing conducted, several things have been successfully revealed in this study as a result of data analysis, so that the research findings in the form of additional information that can be useful to understand the phenomenon and results in studies. This research was conducted by collecting data through the survey of non civil servants at the Head Office of UB. The objective of the research in general is to see the impact of distributive justice, procedural fairness, the perception of organizational support in promoting the level of job satisfaction perceived by employees. In the design and research methods that have been determined before, this study is inseparable from some limitations may result in some shortcomings that appear in the study. From the results of the study it is suggested to the institution to be able to: (1) Improve employment practices in terms of distributing rights and obligations, and establish procedures fairly and objectively; (2) Increasing attention to employees, not always in material form, but also in a moral, spiritual, and emotional form. For the researcher and further research it is expected to: (1) consider the broader scope of the research object to further enrich the results and research findings to be developed next; (2) consider the use of longitudinal properties of subsequent research in order to reveal the consistency of the results over time whether there are differences or not.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/613.286/HEA/p/2017/041803780
Uncontrolled Keywords: Keadilan, Distributif, Prosedural, Kepuasan Kerja, Persepsi Dukungan Organisasi,Justice, Distributive, Procedural, Job Satisfication, Perception of Organizational Support
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics > 613.28 Specific nutritive elements > 613.286 Vitamins
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen Pendidikan Tinggi, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:54
Last Modified: 29 Aug 2022 01:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/193663
[thumbnail of OKKY INDRA HEAVYANTONO.pdf] Text
OKKY INDRA HEAVYANTONO.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item