Review Literatur : Karakteristik Edible Film Berbahan Dasar Gelatin Kulit Ikan Yang Berbeda Dengan Penambahan Pektin

Kristalia, Nanda Glory (2020) Review Literatur : Karakteristik Edible Film Berbahan Dasar Gelatin Kulit Ikan Yang Berbeda Dengan Penambahan Pektin. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Edible film merupakan lapisan tipis yang digunakan sebagai pelindung bahan makanan yang memiliki massa kelembaban dan oksigen serta melindungi makanan dari kerusakan fisik, kimia dan mikrobiologi. Edible film dapat dibentuk dari beberapa jenis protein salah satunya gelatin. Pemanfaatan gelatin sebagai edible film khususnya dengan bahan dasar ikan masih terus dikembangkan. Edible film dari gelatin kulit ikan air tawar dan pektin diharapkan dapat meningkatkan sifaf-sifat gelatin selain gelatin dengan bahan baku hewan darat. Gelatin memiliki sifat daya cerna yang tinggi sehingga dapat dimanfaatkan menjadi lapisan film. Pektin merupakan salah satu karbohidrat kelompok hidrokoloid yang dapat membentuk gel dan mempnyai sifat rekat terhadap cetakan dan tembus pandang, sehingga berpotensi sebagai edible film. Sumber pektin yang digunakan dari berbagai jenis tumbuhan seprrti kulit jeruk, minyak apel dan kulit pisang. Tujuan dari studi literatur ini adalah mengetahui karakteristik sifat-sifat edible film yang dihasilkan dari gelatin ikan dengan sumber pektin yang berbeda, meliputi ketebalan, kuat tarik, elongasi, kadar air, transparansi dan laju transmisi uap air.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520150251
Uncontrolled Keywords: Edible film merupakan lapisan tipis yang digunakan sebagai pelindung bahan makanan yang memiliki massa kelembaban dan oksigen serta melindungi makanan dari kerusakan fisik, kimia dan mikrobiologi. Edible film dapat dibentuk dari beberapa jenis protein salah satunya gelatin. Pemanfaatan gelatin sebagai edible film khususnya dengan bahan dasar ikan masih terus dikembangkan. Edible film dari gelatin kulit ikan air tawar dan pektin diharapkan dapat meningkatkan sifaf-sifat gelatin selain gelatin dengan bahan baku hewan darat. Gelatin memiliki sifat daya cerna yang tinggi sehingga dapat dimanfaatkan menjadi lapisan film. Pektin merupakan salah satu karbohidrat kelompok hidrokoloid yang dapat membentuk gel dan mempnyai sifat rekat terhadap cetakan dan tembus pandang, sehingga berpotensi sebagai edible film. Sumber pektin yang digunakan dari berbagai jenis tumbuhan seprrti kulit jeruk, minyak apel dan kulit pisang. Tujuan dari studi literatur ini adalah mengetahui karakteristik sifat-sifat edible film yang dihasilkan dari gelatin ikan dengan sumber pektin yang berbeda, meliputi ketebalan, kuat tarik, elongasi, kadar air, transparansi dan laju transmisi uap air.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 664 Food technology > 664.2 Starches and jellying agents > 664.26 Gelatin / Gelatin industry
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 Feb 2021 07:13
Last Modified: 13 Apr 2023 02:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183182
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
NANDA GLORY KRISTALIA_165080300111039 - NANDA GLORY KRISTALIA (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (618kB)

Actions (login required)

View Item View Item