Akhdan, Muhammad Baridi (2020) Analisis Kelayakan Usaha Siomay Di YAMOIS Industry Indoprima Malang Provinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Siomay adalah salah satu jenis dimsum yang banyak dijual di restoran maupun pedagang kaki lima di Indonesia. Dimsum merupakan makanan yang berasal dari Tiongkok yang terbuat dari daging babi ataupun jenis ikan lainnya yang dibungkus dengan kulit pangsit. Jenis variasi siomay dibuat berdasarkan bahan baku daging yang digunakan, antara lain siomay ikan tenggiri, ayam, udang, kepiting, atau campuran daging ayam dan udang. Siomay memiliki kelebihan yaitu memiliki harga yang murah, banyak diminati oleh masyarakat Indonesia dan mudah ditemukan, memiliki variasi olahan dengan menggunakan pare, kol, telur dan tahu sebagai pelengkap selain itu siomay memilki kandungan energi 162 kkl, karbohidrat sebesar 24,4 gram dan protein sebesar 7,5 gram. Tujuan dari penelitian ini antara lain: 1) Menganalisis dari aspek non finansil (aspek teknis, aspek manajemen, aspek pemasaran, aspek sosial ekonomi, aspek lingkungan, aspek hukum), 2) Menganalisis dari aspek finansil (jangka pendek dan jangka panjang) usaha Yamois Industry Indoprima, 3) Menganalisis sensitivitas Yamois usaha Industry Indoprima. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deksriptif, jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Profil usaha Yamois Industry Indoprima meliputi: kondisi umum lokasi penelitian, sejarah berdirinya usaha Yamois Industry Indoprima, tenaga kerja usaha Yamois Industry Indoprima, letak geografis dan keadaan masyarakat sekitar usaha Yamois Industry Indoprima. Aspek teknis usaha Yamois Industry Indoprima meliputi sarana (lokasi dan persiapan bahan baku), prasarana (Listrik, Lahan dan jalan dan Transportasi), persiapan bahan baku, penggilingan, pembentukan siomay, pengkukusan, dan pengemasan. Aspek manajemem usaha Yamois Industry Indoprima meliputi: perencanaan (planning) (aspek teknis, aspek pemasaran, aspek hukum), pengorganisasi (Organizing) yang telah membentuk organisasi terstruktur (pimpinan, general manager, bagian produksi, bagian pemasaran), pegerakan (Actuating) dilakukan oleh semua anggota usaha Yamois Industry Indoprima, dan pengawasan (controlling) (aspek teknis, aspek pemasaran, aspek finansil). Aspek pemasaran usaha Yamois Industri meliputi bauran pemasaran (produksi, lokasi, harga, dan promosi), saluran pemasaran, dan margin pemasaran. Bauran pemasaran dalam aspek pemasaran meliputi produk yang dihasilkan berupa siomay frozen dengan sistem pembelian langsung, lokasi yang cukup strategis berada di Kota Malang sehingga memudahkan konsumen untuk mencari produk, harga dapat bersaing dengan pasar. Saluran Pemasaran dalam aspek pemasaran yaitu dijual melalui reseller dapat secara langsung dijual ke konsumen. Nilai margin produk siomay yaitu Rp 3.500,-/pcs. DocuSign Envelope ID: 75B46261-EA56-4B00-BEC1-12B1E4EE7371 Aspek sosial dan ekonomi usaha Yamois Industri yaitu mempunyai peranan penting dalam sosial kemasyarakatan dan usaha Yamois Industri dianggap sejahtera, baik terhadap masyarakat sekitar dan usaha itu sendiri. Aspek lingkungan pada usaha Yamois Industri tidak terdapat pengaruh negatif yang signifikan karena hasil produksi siomay ini limbahnya tidak ada yang dibuang. Aspek hukum pada usaha Yamois Industri telah memiliki beberapa izin usaha diantaranya sertifikasi dari dinas kesehatan dan sertifikasi halal. Aspek finansil usaha Yamois Industri Indoprima meliputi analisis jangka pendek dan jangka panjang. Pada analisis jangka pendek modal tetap yang digunakan sebesar Rp. 108.496.000,-, total biaya sebesar Rp.161.648.367,-, penerimaan sebesar Rp. 241.092.000, R/C Ratio sebesar 1.49, BEP Sales sebesar Rp.143.376.203,3, BEP unit (Siomay Udang) sebesar 1499, BEP unit (Siomay Ayam) sebesar 2569, BEP unit (Siomay Tenggiri) sebesar 1285, BEP unit (Siomay Tuna) sebesar 1370, BEP unit (Siomay Cumi) sebesar 1028, keuntungan sebesar Rp 79.443.633, Zakat 2,5% sebesar Rp. 1.986.091, Keuntungan Setelah Zakat sebesar Rp. 77.457.543, REC sebesar 40.79%, Sedangkan pada analisis jangka panjang hasil yang diperoleh yaitu penambahan investasi sebesar Rp. 22.191.360,-, NPV sebesar Rp. 350.366.806,-, Net B/C sebesar 4.23, IRR sebesar 76%, dan PP sebesar 1.38 tahun. Pada analisis sensitivitas dikatakan tidak layak dengan empat asumsi meliputi asumsi biaya naik 15% dan benefit turun 19.3% yaitu NPV sebesar Rp. - 628.613, Net B/C sebesar 0.99, IRR sebesar 11.9% dan PP sesesar 6.5 tahun. Asumsi biaya naik 21.7% dan benefit turun 15% yaitu NPV sebesar Rp. - 670.636,8,-, Net B/C sebesar 0.99, IRR sebesar 11.9% dan PP sesesar 6.51 tahun. Asumsi biaya naik 45.3% dan benefit tetap Rp. 241.092.000,-, yaitu NPV sebesar Rp. -412.026,-, Net B/C sebesar 0.99, IRR sebesar 11.9% dan PP sesesar 6.49 tahun. Asumsi Biaya Tetap Rp.153.042.500 dan benefit turun 29% yaitu NPV sebesar Rp. -467.436,17,-, Net B/C sebesar 0.99, IRR sebesar 11.9% dan PP sesesar 6.49 tahun.
English Abstract
-
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520080202 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 641 Food and drink > 641.3 Food > 641.300 285 Food--Data processing |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 11 Feb 2021 04:17 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 03:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182846 |
Text
MUHAMMAD BARIDI AKHDAN.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |