Fariyansyah, Ardy (2018) Studi Fenomenologi : Makna Akuntabilitas Bagi Aparatur Pelayanan Publik Daerah. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara mendalam makna akuntabilitas pada sektor pelayanan publik Pemerintah Daerah Kabupaten Malang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi interpretif (interpretive phenomenology) Martin Heidegger. Fenomenologi Heidegger menekankan pada pemahaman yang dimiliki individu (pre understanding) dan pengalaman historis seseorang karena hal tersebut yang mendasari pemaknaan. Proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan hermeneutic circle yaitu sebuah proses penafsiran yang berjalan serentak mulai dari reading, revlective writing, sampai interpreting yang diibaratkan oleh Heidegger dengan gerakan melingkar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aparatur pelayanan publik memaknai akuntabilitas sebagai bagian dari tupoksi kerja. Akuntabilitas dimaknai sebagai kewajiban terhadap pekerjaan, munculnya konsep “saya adalah pelayan masyarakat”, dan sebuah keterbukaan serta kredibilitas yang dimiliki aparatur. Dari sudut pandang organisasi, aparatur memaknai akuntabilitas sebagai sebuah kewajiban pimpinan terhadap organisasi, ketaatan terhadap hukum, dan kewajiban terhadap organisasi yang tercermin dalam akuntabilitas manajerial organisasi. Aparatur juga memaknai akuntabilitas sebagai sebuah bentuk hubungan vertikal-horizontal yang terkait dengan kepercayaan dan tanggung jawab sosial mereka baik dalam masyarakat dan lingkungan organisasi yang menjadi dasar bagi setiap tindakan mereka. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik Pemerintah Daerah Kabupaten Malang maka diperlukan perubahan pola pikir aparatur pelayanan. Pemahaman makna akuntabilitas secara mendalam dari sisi praktis akan menjadi kunci awal perbaikan kualitas layanan publik di daerah.
English Abstract
This study aims to identify the deep understanding of accountability for public service sector official in the Regional Government of Malang Regency. This qualitative research uses Martin Heidegger’s interpretive phenomenological approach. His phenomenology emphasizes individual’s pre-understanding and historical experience of a person because it underline a meaning.The process of data analysis in this study uses hermeneutic circle approach, a process of interpretation starts from reading, reflective writing, to interpreting that runs simustaneously imagined by Heidegger as a circular motion.The result show that public service officials interpret accountability as a part of their job. Accountability is interpreted as an obligation to work, the emergence of the concept of “I am a public servant”, and openess and credibility of the officials. From organisational point of view, the officials define accountability as the obligation of the organisation’s leader, obidience to law, and obligation to the organisation that is reflected in the managerial accountability of the organisation. They also define accountability as a vertical-horizontal relationship linked to their faith and social responsibility which become their foundation on how they should act in the society and their organisation. In order to improve the quality of public service in Malang Regency Government, it is necessary to change the mindset of public service officials. Deep understanding regarding the meaning of accountability from practical point of view will be the early key in improving the quality of public services, particulary in local region.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/352.63/FAR/s/2018/041901319 |
Uncontrolled Keywords: | CIVIL SERVICE SYSTEM |
Subjects: | 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system |
Divisions: | S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 01 Feb 2021 04:27 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 08:50 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182428 |
Text
Ardy Fariyansyah (2).pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Actions (login required)
View Item |